oleh

Buat Antisipasi Idul Adha, Ini 5 Resep Sate Kambing Enak Dan Murah Semarak

tempatpinjamuang-Menjelang hari raya Idul Adha, niscaya banyak orang yang mencari resep sate kambing untuk dihidangkan di meja makan. Walaupun bentuknya secara lazim sama, tetapi rasa yang dipersiapkan berbeda-beda lho sesuai materi dasar dan cara mengolah masakan yang digunakan. 

tempatpinjamuang-Kalau kau lagi gelisah mau buat tetapi gak tau caranya, kebetulan banget nih sebab kita bakal mengupas tuntas habis wacana resep sate kambing yang super lezat. Penasaran? Mending kau lihat aja pribadi di bawah ini ya!

Manfaat makan Sate Kambing

resep sate kambing
Manfaat makan sate kambing. (Shutterstock)

tempatpinjamuang-Karena satu dan lain hal, banyak orang menyingkir dari kuliner ini sebab argumentasi kesehatan. Gak salah sih memang, tetapi ternyata di balik fakta tersebut ada hal positif yang sanggup dicicipi oleh seseorang bila mengonsumsinya dalam dosis yang tepat, Apa aja ya kira-kira?

tempatpinjamuang-Di samping risiko gangguan kesehatan yang sanggup dialami usai mengkonsumsi sate kambing berlebihan, terdapat pula beberapa khasiat memakan daging kambing yakni:

1. Meningkatkan tekanan darah untuk pasien Hipotensi

tempatpinjamuang-Siapa bilang daging kambing hanya menyebabkan duduk kendala buat tubuh? Nyatanya daging merah ini memiliki khasiat yang manis untuk pasien darah rendah atau yang sering disebut hipotensi. Tentunya dalam jumlah yang terbatas ya jangan hingga berlebihan.

2. Mencegah peradangan pembuluh darah

tempatpinjamuang-Peradangan pembuluh darah atau yang lazim dimengerti dengan inflamasi pembuluh darah yakni duduk kendala yang sanggup terjadi oleh penderita diabetes utamanya laki-laki. Gangguan peradangan pembuluh darah sanggup menghasilkan acara seksual kau menjadi bermasalah.

tempatpinjamuang-Sedangkan fungsi daging kambing disini yakni untuk menangkal terjadinya penyakit menyerupai ejakulasi dini serta disfungsi ereksi.

3. Sumber protein yang nikmat

tempatpinjamuang-Untuk sanggup sehat ternyata sanggup dari kuliner yang enak juga lho tergolong yang satu ini. Daging kambing beken memiliki kandungan protein yang tinggi guna mengembalikan sel-sel badan yang rusak.

tempatpinjamuang-Protein juga cocok banget buat kau yang suka olahraga untuk memperbesar massa otot dibandingkan lemak. Tapi sekali lagi, mesti dikenang bahwa menyantapnya dalam batas yang masuk akal ya. Kalau gelisah seberapa banyak sanggup konsultasikan ke dokter. 

Baca juga: Ini 5 Pilihan Restoran Sop dan Sate Kambing Seharga Rp 60 Ribuan di Jakarta

1. Resep Sate Kambing Bumbu Kecap

resep sate kambing
Sate kambing bumbu kecap. (Shutterstock)

tempatpinjamuang-Racikan belakang layar yang sanggup kau coba buat sendiri dirumah pertama yakni resep sate kambing bumbu kecap. Biarpun ini udah banyak didapatkan dimana-mana tetapi rasanya sanggup beda kalau orang rumah yang menjadikannya langsung, mengutip dari Notepam.

Bahan dasar:

  • 750 gram daging kambing

Bahan bumbu:

  • 10 siung bawang merah dan potong halus
  • 15 buah cabai rawit dan iris halus
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan jeruk limau

Cara membuat:

  1. Bersihkan daging kambing dan keringkan. Lalu tancapkan ke tusuk sate.
  2. Campur semua materi dan bumbu utama ke daging kambing.
  3. Bakar sate hingga berwarna cokelat gelap.
  4. Siapkan bumbu utama di suatu piring
  5. Sajikan sate kambing bareng bumbu utama

Baca juga: Gak Sampai Rp 100 Ribu, 5 Sajian Kuliner Jakarta Ini Punya Rasa yang Menggoda

2. Resep Sate Kambing Bumbu Kacang

resep sate kambing
Sate kambing bumbu kacang. (Shutterstock)

tempatpinjamuang-Selanjutnya ada bumbu kacang yang juga cocok dengan sate kambing. Yuk lihat cara membuatnya.

Bahan dasar:

  • 750 gram daging kambing dan diiris kotak
  • 200 gram kacang tanah kemudian disangrai
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 5 buah cabai rawit
  • Garam, minyak goreng, dan kecap manis secukupnya

Cara membuat:

  1. Tancapkan daging yang udah dibersihkan ke tusuk
  2. Haluskan kacang tanah yang sudah di sangrai dengan bawang merah, bawang  putih, kemiri, dan cabai rawit.
  3. Bakar sate kambing yang sudah dibumbui bumbu kacang. Setelah matang siap   disajikan!

Gimana, mau coba ikutin resep sate kambing yang satu ini?

3. Resep Sate Kambing Solo

resep sate kambing
Sate kambing Solo. (Notepam.com)

tempatpinjamuang-Datang dari kota asal Presiden Jokowi, ada racikan Istimewa sate kambing yang rasanya yummy banget. 

Bahan dasar:

  • 750 gram daging kambing dan potong dadu
  • 15 sendok makan kecap manis
  • 4 sendok teh air asam Jawa
  • Mentega secukupnya
  • 6 buah daun jeruk

Bumbu halus:

  • 12 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 sendok teh biji ketumbar
  • 1 sendok makan jintan
  • 1 buah jahe
  • Gula pasir dan merica debu secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan wajan kemudian taruh mentega 1 sendok makan
  2. Tumis bumbu halus hingga matang. Campur dengan kecap manis dan air asam jawa
  3. Campurkan daging kambing dengan bumbu tersebut
  4. Tusuk daging kambing yang udah dibumbui
  5. Bakar sate hingga matang dan lumuri dengan bumbu lagi.

4. Resep Sate Kambing Madura

resep sate kambing
Sate kambing Madura. (Shutterstock)

tempatpinjamuang-Dari Pulau Madura, ada resep sate kambing yang paling beken seantero Indonesia. Yuk simak cara membuatnya. 

Bahan dasar:

  • 750 gram daging kambing
  • Jeruk limau secukupnya
  • 150 ml kecap manis
  • Tusuk sate 10 hingga 20 buah
  • Daun pepaya secukupnya

Bahan bumbu:

  • 300 gram kacang tanah yang udah digoreng
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Cabai merah dan cabai rawit secukupnya
  • Garam dapur secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong daging kambing kemudian balut dengan daun pepaya agar empuk
  2. Masak bumbu kacang yang udah dihaluskan hingga mengeluarkan minyak. Lalu beri sedikit air dan taruh di wadah piring
  3. Setelah daging terasa empuk, potong dadu kemudian tancapkan ke tusuk sate
  4. Bumbui daging dengan bumbu kacang, bakar hingga matang
  5. Sajikan di piring yang sudah diberi bumbu serta perasan jeruk limau

5. Resep Sate Kambing Goreng

resep sate kambing
Sate kambing goreng. (ksmtour.com)

tempatpinjamuang-Terakhir ada sate kambing goreng, ingin tau gimana cara membuatnya? Yuk simak selengkapnya di bawah ini. 

Bahan dasar:

  • 250 gram daging dan jeroan kambing
  • 10 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit
  • 3 sendok makan minyak samin
  • 3 buah tomat hijau
  • 5 sendok makan kecap manis
  • Lada dan garam secukupnya
  • 100 ml air
  • Nanas secukupnya

Bahan bumbu:

  • 5 siung bawang putih
  • 2 sendok teh ketumbar
  • 5 buah kemiri
  • 5 buah daun jeruk
  • 100 gram gula merah
  • Asam jawa, kecap manis, dan air secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong daging kambing kemudian rendam ke dalam parutan nanas selama 5 menit.
  2. Tiriskan daging kemudian lumuri dengan bumbu sate.
  3. Panaskan minyak samin di wajan dan tumis bawang merah dan putih. Lalu masukan cabai rawit dan tomat.
  4. Tambahkan daging kambing kemudian aduk rata hingga warnanya berubah. Tambahkan kecap manis secukupnya.
  5. Tuangkan air, garam dan lada seperlunya hingga meresap dan matang. Sajikan di suatu piring.

Tips menegaskan daging kambing untuk disate

resep sate kambing
Pilih daging yang masih segar. (Shutterstock)

tempatpinjamuang-Sebelum mempraktekkan resep sate kambing di atas, kau perlu juga memperhatikan daging kambing yang hendak digunakan. Untuk mendapat tekstur dan mutu daging kambing terbaik, kau mesti cerdik dalam memilih. Yang paling pertama yakni lihat warna dagingnya. Kalau warnanya merah muda maka artinya itu masih segar dan gres dipotong.

tempatpinjamuang-Lalu tetapkan yang kau beli yakni daging kambing muda mudah-mudahan gak alot pas dimakan. Kamu sanggup menanyakan pribadi ke penjualnya. 

tempatpinjamuang-Cari lemak yang berwarna putih mudah-mudahan memperbesar kenikmatan sate kambing yang bakal kau sajikan nanti. 

Berapa ongkos menghasilkan sate kambing?

resep sate kambing
Bujet buat bikin sate kambing. (Shutterstock)

tempatpinjamuang-Untuk berbelanja daging kambing di pasar harga per kilonya sekitar Rp 100 ribuan tergantung mutu daging dan usia kambing tersebut. Tapi, kalau pas Idul Adha, pastinya kau sanggup mendapat daging kambing gratis dari pemotongan binatang kurban yang ada di lingkungan rumahmu. Ya kalau kebagian sih.

tempatpinjamuang-Lalu, untuk berbelanja bahan-bahan lain menyerupai tusuk sate, kecap manis, kacang tanah, bawang merah dan putih secukupnya, paling gak kau memerlukan dana sekitar Rp 50 hingga 70 ribuan bila sanggup membelinya di pasar terdekat. Makara total ongkosnya sekitar Rp 150 ribuan hingga Rp 200 ribuan. 

tempatpinjamuang-Dengan komposisi menyerupai itu kau sanggup menghasilkan santapan ini untuk sekitar 5 hingga 8 porsi. Pas banget untuk kau yang pengin bikin pesta atau makan bareng keluarga besar.

tempatpinjamuang-Nah itulah resep sate kambing yang murah dan hemat. Sekarang kau gak perlu gelisah lagi deh gimana cara menghasilkan santapan khas Idul Adha ini saat hari raya datang. (Editor: Ruben Setiawan)

Tags : , , , , ,

News Feed