Skip to main content

Tempat Pinjam Uang Tanpa Jaminan

Tempat Pinjam Uang Tanpa Jaminan
5/5 (1)

Tempat Pinjam Uang Tanpa Jaminan Terbaik

Tempat Pinjam Uang Tanpa JaminanSaat kondisi keuangan mendesak dan kebutuhan-kebutuhan hidup harus segera terpenuhi, namun tabungan tak mencukupi maka pinjmana menjadi salah satu solusi yang paling banyak dilakukan. Namun untuk mengajukan pinjaman juga tidak mudah. Ada beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi sebagai calon nasabah agar pengajuan pinjaman bisa disetujui, salah satunya yaitu dengan mengajukan jaminan berupa aset maupun barang berharga lainnya. Namun tak semua orang tentunya memiliki aset-aset yang dapat dijaminkan. Lalu apakah masih bisa mengajukan pinjaman? Tentu saja bisa. Calon peminjam yang tidak memiliki aset untuk dijaminkan masih dapat mengajukan pinjaman di lembaga ban maupun non bank. Saat ini ada banyak produk pinjaman dana tanpa jaminan yang bisa dipilih calon peminjam untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan, baik produktif maupun konsumtif. Berikut ini beberapa tempat pinjam uang tanpa jaminan yang bisa anda jadikan pilihan.

Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan Di Bank

Tak hanya menawarkan pinjaman dana tunai dengan jaminan saja, namun bank juga menawarkan produk-produk pinjaman tanpa jaminan yang bisa menjadi pilihan anda. Kredit Tanpa Agunan atau KTA merupakan produk pinjaman yang memfasilitasi kredit yang tidak membebankan calon nasabah karena tidak perlu menjadikan aset yang dimiliki sebagai persyaratan pengajuan pinjaman. Dalam hal ini pihak bank mengambil keputusan persetujuan pinjaman berdasarkan pada riwayat kredit nasabah, seperti kartu kredit, kredit mobil, kredit motor, atau KPR. Dan saat ini hampir sebagian besar bank-bank di Indonesia sudah menawarkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) kepada nasabahnya.

Kelebihan Kredit Tanpa Agunan Di Bank

  1. Persyaratan Yang Mudah

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Kredit Tanpa Agunan adalah persyaratan yang mudah. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pinjaman tanpa agunan ini diberikan tanpa adanya persyaratan pengajuan agunan dari nasabah. Karena inilah akan sangat membantu bagi nasabah yang belum memiliki aset seperti mobil, rumah dan lainnya. Untuk masalah dokumen-dokumen yang dibutuhkan, biasanya nasabah diminta untuk membawa fotokopi KTP, KK, slip pembayaran kartu kredit terakhir, dan mengisi formulir yang disediakan. Untuk pengisian formulir pun biasanya anda tak perlu datang langsung ke bank karena beberapa bank  sudah memfasilitasi pengisian formulir melalui website mereka. 

  1. Proses Pencairan Cepat

Bagi anda yang membutuhkan dana darurat dengan cepat, maka pilihan yang tepat untuk mengajukan KTA di bank. Hal ini karena proses pencairan dana yang cepat, bahkan dana bisa cair dalam jangka waktu 2-3 hari. Proses yang cepat ini dikarenakan pihak bank tidak membutuhkan agunan dari debitur. Selain itu, jika semua persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan sudah lengkap terpenuhi maka proses pencairan bisa segera dilaksanakan. 

  1. Banyak Bank Yang Sudah Menawarkan KTA

Dan satu hal yang pasti, bagi nasabah yang ingin mengajukan pinjaman KTA tidak perlu bingung untuk mencari produk pinjaman ini. Mengapa? Karena saat ini sebagian besar bank yang ada di Indonesia sudah menawarkan pinjaman Kredit Tanpa Agunan. Bahkan beberapa bank memasarkan produk pinjaman ini dengan sangat gencar mengingat banyaknya persaingan dalam pasar ini.

Kekurangan Kredit  Tanpa Agunan Di Bank

  1. Bunga Pinjaman Relatif Tinggi

Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh Kredit Tanpa Agunan adalah bunga pinjaman yang begitu tinggi, apalagi jika dibandingkan dengan pinjaman kredit dengan jaminan. Salah satu penyebabnya dikarenakan produk ini tidak membutuhkan jaminan sebagai persyaratannya. Sehingga inilah yang menyebabkan bunga yang dibebankan kepada nasabah sangat tinggi. Dan ini bisa sedikit memberatkan bagi nasabah saat proses pembayaran angsuran. Untuk bunga pinjaman, setiap bank memiliki kebijakan masing-masing.

  1. Harus Memiliki Kartu Kredit

Inilah yang membuat kebanyakan orang akhirnya gagal dalam mengajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan. Salah satu persyaratan yang sering diajukan dalam KTA adalah kepemilikan akrtu kredit dengan minimal penggunaan 1 tahun. Jika nasabah tidak memiliki kartu kredit, maka nasabah harus menjadi pengguna Payroll dari bank tersebut. Kebanyakan calon peminjam tidak mengetahui persyartaan seperti ini. meskipun persyaratan yang diajukan cukup mudah, namun mesti diingat jika hal ini cukup krusial dalam proses persetujuan. 

  1. Limit Pinjaman Yang Kecil

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh KTA di bank adalah pihak bank biasanya menawarkan pinjaman tanpa agunan dengan limit hingga maksimal Rp 200.000.000. Nominal ini terbilang cukup rendah dibandingkan dengan Kredit Multiguna. Pemberian limit Kredit Tanpa Agunan biasanya dilihat dan disesuaikan dengan limit kartu kredit miliki calon debitur. Karena limit pinjaman yang ditawarkan tidak banyak, maka waktu tenor pengembalian pinjaman juga dibuat pendek. Sehingga jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya bisa sedikit lebih besar.

Bank Yang Menawarkan Pinjaman Kredit Tanpa Agunan

Bank BNI

Bank BNI menawarkan pinjaman Kredit Tanpa Agunan yang dinamakan BNI Fleksi  yang bisa diajukan oleh nasabah dengan mudah dan dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Produk KTA  Bank BNI ini menasarkan pinjaman dana tunai dengan bunga sebesar 1.22% / bulan. Untuk plafond pinjaman yang bisa didaparkan hingga Rp 500.000.000. Dan untuk waktu tenor pinjaman hingga maksimal 15 tahun. Untuk syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pengajuan pinjaman BNI Fleksi ini antara lain adalah:

  • Warga Negara Indonesia
  • Pegawai Aktif
  • Menggunakan pembayaran payroll Bank BNI
  • Usia 21-65 tahu, dibuktikan dengan Surat Keterangan atau Keputusan yang berasal dari Instansi yang bersangkutan
  • Mengisi formulir aplikasi pengajuan pinjaman dengan lengkap
  • Menyertakan dokumen-dokumen persyaratan lengkap

Bank Mandiri

Bank Mandiri menawarkan pinjaman KTA dengan berbagai penawaran menarik yang dapat dimanfaatkn nasabah yang sedang membutuhkan dana tunai dengan cepat dan mudah. Mandiri KTA ini menawarkan pinjaman dengan limit kredit hingga mencapai Rp 200.000.000 dan untuk waktu tenor maksimal 3 tahun. Keunggulan dari program Mandiri KTA ini adalah tanpa adanya agunan (jaminan) serta cicilan pembayaran yang ringan. Dan khusus bagi karyawan/pegawai yang menggunakan Bank Mandiri untuk menyalurkan gai akan diberikan batas waktu tenor hingga maksimal 5 tahun. Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pengajuan pinjaman Mandiri KTA ini antara lain adalah:

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia 21-55 tahun, usia 55 tahun di saat kredit pinjaman lunas
  • Memiliki penghasilan tetap perbulan minimal Rp 2.500.000 (nasabah payroll bank Mandiri)
  • Memiliki penghasilan tetap per bulan minimal Rp 3.000.000 (nasabah non payroll Bank Mandiir)
  • Maksimal limit kredit yang dapat diajukan 5 kali dari gaji per bulan

Bank BCA

Produk pinjaman yang dikeluarkan oleh bank BCA yaitu BCA KTA menawarkan pinjaman tanpa jaminan khusus bagi nasabah Bank BCA yang memiliki kartu kredit dengan pemakaian minimal 1 tahun dan tidak mengalami permasalahan kredit. Yang dimaksudkan disini adalah riwayat kredit yang dimiliki lancar dan tidak mengalami hambatan dalam pembayaran. Dan BCA KTA ini juga ditawarkan bagi nasabh yang menerima gaji dari perusahaan/lembaga/instansi melalui rekening bank BCA. Plafond pinjaman yang ditawarkan pada BCA KTA ini adalah maksimal Rp 100.000.000 dengan waktu pembayaran hingga 3 tahun. Untuk hunga yang ditawarkan sebesar 1-1.07% /bulan atau 12-12.84%/tahun. Ini tergantung dari pilihan waktu pembayaran. 

Bank Permata

Dalam program Permata KTA Speed, bank Permata menawarkan pinjaman tanpa agunan dengan mudah dan dapat disetujui pada waktu yang singkat. plafond pinjaman yang diberikan maksimal Rp 300.000.000 tanpa menggunakan jaminan apapun. dan jangka wkatu tenor diberikan hingga maksimal 5 tahun. Untuk syarat-syarat yang harus dipenuhi antara lain:

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia 21-60 tahun
  • Mempunyai penghasilan tetap, minimal Rp 3.000.000. Dan khusus untuk karyawan Astra memiliki penghasilan tetap minimal Rp 2.500.000
  • Melengkapi dokumen persyaratan untuk pengajuan pinjaman dengan lengkap, mulai dari fotokopi KTP, fotokopi kartu kredit (bagi nasabah non Payroll) dan fotokopi NPWP ( bagi nasabah yang mengajukan pinjaman diatas Rp 50.000.000 

Maybank Indonesia

Maybank Indonesia menawarkan pinjaman tanpa jaminan yang dapat digunakan bagi nasabah yang sedang membutuhkan pinjaman uang tunai dengan cepat. Bernama PITA (Pinjaman Tanpa Agunan Maybank Indonesia), memiliki fitur emnarik dan persyaratan pengajuan pinjaman yang mudah. Nasabah bisa mengajukan pinjaman hingga maksimal Rp 250.000.000 dan cicilan bunga mulai dari 0.99%. jangka waktu pengembalian pinjaman yang diberikan maksimal 5 tahun. Dan lebih untungnya lagi adalah proses pengajuan pinjaman tanpa jaminan sangat cepat, hanya dalam waktu 3 hari saja. Untuk persyaratan yang harus dipenuhi antara lain adalah:

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia minimal 21 -55 tahun
  • Memiliki penghasilan Rp 2.500.000/bulan (domisili Jabodetabek), Rp 2.000.000 (diluar Jabodetabek), dan Rp 4.000.000 (berprofesi sebagai swasta dan professional)
  • Sudah bekerja dalam jangka waktu 1 tahun 

Bank Panin

Dalam Kredit Express Bank Panin, nasabah bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan yang mudah didapatkan dan proses yang sangat cepat. Masa angsuran juga cukup fleksibel hingga maksimal 3 tahun dengan plafond pinjaman yang ditawarkan maksimal sebesar Rp 300.000.000. Dan tenang saja, untuk bunga dan biaya lainnya yang dibebanka  juga kompetitif. Berikut ini persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi dalam Kredit Express- Bank Panin:

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia minimal 21 tahun, maksimal 55 tahun bagi yang bekerja sebagai karyawan dan 60 tahun bagi yang bekerja sebagai pengusaha
  • Mempunyai pendapatan bersih sebesar Rp 2.000.000/bulan
  • Mempunyai tabungan di Bank Panin

 Bank Danamon

Bernama Dana Instant Bank Danamon, produk simpan pinjam ini menawarkan pinjaman mulai dari Rp 5.000.000 hingga maksimal Rp 200.000.000. dan untuk mengajukan pinjaman ini sangat praktis dan mudah. Bagi calon peminjan hanya perlu melampirkan KTP dan KK asli. Untuk persyaratan pengajuan pinjaman antara lain adalah:

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia minimal 21 tahun, maksimal 55 tahun (karyawan) atau maksimal usia 60 tahun (pengusaha) di saat akhir pinjaman selesai
  • Memiliki pekerjaan sebagai karyawan/profesiona/pengusaha
  • Minimal penghasilan kotor Rp 2.000.000/bulan
  • Minima kerja 1 tahun bagi karyawan dan 2 tahun bagi professional/pengusaha
  • Mengisi formlir aplikasi Dana Instant dengan lengkaps serta menandatanganinya
  • Melengkapi dokumen-dokumen persyaratan seperti fotokopi KTP, fotokopi NPWP, cover buku tabungan, dan slip gaji

Bank DBS Indonesia

KTA DBS atau Dana Bantuan Sahabat merupakan produk pinjaman uang tanpa jaminan yang ditawarkan kepada nasabah dengan plafond maksimal Rp 200.000.000. Suku bunga yang ditawarkan juga kompetitif, mulai dari 0.95% dan bisa diangsur pembayarannya selama 1-3 tahun. Untuk mengajukan pinjaman KTA DBS, adapun persyaratan yang harus dipenuhi antara lain adalah:

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia 21-55 tahun
  • Mempunyai pekerjaan tetap dan sudah bekerja selama 1 tahun
  • Saat ini hanya melayani untuk wilayah Jabodetabek, Surabaya, dan Bandung

Standard Chartered Indonesia

Standard Chartered memang sudah terkenal dengan produk pinjaman uang tunai yang memiliki proses cepat, hanya memakan waktu kurang lebih selama 3 hari saja. Untuk nilai pinjaman yang dapat diajukan adalah Rp 5.000.000 dan maksimal Rp 300.000.000. Masa tenor cicilan pembayaran ulai dari 12-60 bulan dan untuk bunga yang ditawarkan adalah jenis bunga flat yaitu 0.98-1.5%/bulan. Untuk persyaratan yang diberikan antara lain adalah:

  • Memimiliki penghasilan minimal Rp 13.000.000
  • Kepemilikan kartu kredit
  • Domisili Bandung, Surabaya, Semarang dan Jabodetabek
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi buku tabungan (3 bulan terakhir)
  • Slip gaji

Bank Bukopin

Bank Bukopin juga menawarkan pinjaman dana tunai tanpa jaminan dengan proses yang cepat, hanya dalam 1 hari saja. Untuk plafond dana yang bisa diajukan adalah Rp 25.000.000 hingga Rp 100.000.000 dengan waktu tenor hingga maksimal 60 bulan. Untuk bunga kredit pinjaman yang diberikan adalah 1.58%/bulan. Untuk persyaratan yang diajukan antara lain adalah:

  • Pendapatan minimal Rp 2.000.000/bulan
  • Mempunyai akrtu kredit
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi buku tabungan
  • Bukti penghasilan

Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan Dengan Tarik Tunai Kartu Kredit

Selain dapat digunakan untuk berbelanja, kartu kredit juga bisa anda gunakan pada proses transaksi penarikan uang melalui mesin ATM. Mungkin hal ini akan sangat jarang dilakukan pemilik kartu kredit. Sebba dasarnya penggunaan kartu kredit tidak memiliki fungsi utama sebagai sumber dana tunai. Artinya, penarikan uang tunai dengan menggunakan kartu kredit memang bukan hal yang efisien karena transaksi ini akan dibebankan bunga dan seumlah biaya.tarik tunai kartu kredit sebenarnya merupakan fasilitas yang diberikan bank penerbit kartu kredit untuk nasabah yang memiliki kartu kredit. Dimana nasabah dapat melakukan penarikan uang tunai dengan melalui mesin ATM yang berlogo Master/Visa. Dan sejumlah dana tunai yang ditarik akan dikenakan biata yang nantinya ditagihkan pada kartu kredit tersebut. Tarik tunai kartu kredit dapat and alakukan melalui mesin ATM, seperti layaknya menggunakan kartu ATM. Anda hanya perlu memasukkan nomor Pin dan kemudian ikuti instruksi yang ada di layar mesin ATM. Pin tersebut biasanya didapatkan sebelum ataupun sesudah kartu kredit dikirimkan pihak bank. Menarik uang tunai dengan kartu kredit memang bisa anda jadikan sebagai cara meminjam uang tanpa jaminan. Cara nya juga mudah dan praktis apalagi bagi anda yang membutuhkan pinjaman dengan segera. Namun tetap saja ini harus dilakukan dengan banyak pertimbangan karena ada beberapa kebijakan yang ditetapkan pihak bank yang berkaitan dengan penarikan uang tunai kartu kredit tersebut.

Kelebihan Tarik Tunai Kartu Kredit

Salah satu kelebihan utama yang dimiliki oleh tarik tunai menggunakan kartu kredit ini adalah sangat tepat untuk dijadikan solusi bagi anda yang sedang membutuhkan pinjaman dalam kondisi darurat atau terdesak. Hal ini karena anda bisa langsung menarik pinjamana (uang tunai) melalui mesin ATM layaknya sedang tarik tunai dengan menggunakan kartu ATM anda. misalnya saja untuk biaya rumah sakit, biaya pendidikan, biaya renovasi rumah, dan lainnya yang butuh dana tunai dengan segera maka pinjaman ini akan sangat direkomendasikan.

Selain itu, proses penarikan uang tunai kartu kredit ini juga cukup cepat. Anda hanya perlu pergi ke ATM yang berlogo Master/Visa dan kemudian melakukan tarikan dana seperti menggunakan kartu ATM. Dan jika pembayaran cicilan kartu kredit anda bisa langsung lunas di bulan depan, maka anda tidak akan dibebankan dengan bunga kredit. Sangat menguntungkan bukan?

Kekurangan Tarik Tunai Kartu Kredit

Namun dibalik kemudahannya, ada beberapa hal kekurangan dari tarik tunai kartu kredit yang harus diperhatikan bagi siapapun yang ingin mengajukannya. Kerugian pertama adalah besar bunga dan biaya-biaya lainnya yang dibebankan saat pembayaran cicilan yang harus anda tanggung. Rata-rata bank penerbit kartu kredit akan menetatpakn bunga pada proses tarikan tunai hingga sebesar 4% (sekitar Rp 50.000). Dan ini belum lagi dengan tambahan bunga dari kartu kredit itu sendiri yang dapat mencapai 2,95% dari total tagihan kartu setiap bulannya. Namun untuk masalah bunga, masing-masing bank memiliki ketentuan yang berbeda terkait dengan besar bunga kartu kredit. Namun menurut peraturan yang dikeluarkan Bank Indonesia, maksimal dari kartu kredit adalah 2,95% dan ini bisa terus berkembang saat and atidak bisa melunasi dengan segera cicilan hutan kartu kredit. Untuk itu pikirkan matang-matang lagi saat anda ingin mengajukan tarik tunai dengan kartu kredit. Pastikan jika kondisi anda benar-benar mendesak saat melakukan tarik tunai kartu kredit. Dan jangan lupa pula untuk melunasi segera pinjaman tersebut sehingga bunga hutang tidak akan terus berkembang.

Mengajukan Pinjaman Di Koperasi

Tempat pinjam uang tanpa jaminan lainnya yang bisa anda jadikan pilihan adalah Koperasi. Koperasi simpan pinjam merupakan salah satu lembaga keuangan non-bank yang cukup legendaris di Indonesia. Baik di kota maupun di desa-desa sekalipun, Koperasi sangat mudah ditemukan. Sama seperti Pegadaian, Pengajuan  pinjaman koperasi memang harus mengajukan jaminan semisal BPKP kendaraan agar pinjaman dana cepat disetujui. Namun dalam jumlah tertentu anda bisa mengajukan pinjaman uang ke koperasi tanpa harus menyertakan jaminan.

Akan tetapi pengajuan pinjaman ke koperasi memang hanya bisa dilakuka oleh anggota koperasi. Akan tetapi seiring dengan perkembangan waktu, Koperasi juga menyediakan pinjaman bagi non-anggota koperasi. Sehingga anda bisa mengajukan pengurusan dana pinjaman ke koperasi meskipun tidak masuk sebagai anggota koperasi. Namun nantinya saat akan mengajukan pinjaman, status anda akan sebagai calon anggota koperasi.

Persyaratan Pengajuan Pinjaman Di Koperasi

Lalu apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan pinjaman di koperasi? Berikut ini penjelasannya.

Meskipun anda belum masuk dan menjadi anggota koperasi, namun tidak ada salahnya jika anda mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi anggota koperasi, antara lain:

  • Warga Negara Indonesia
  • Keanggotaan bersifat perorangan, bukan berbentuk badan hukum
  • Membayar simpanan wajib dan simpanan pokok yang sesuai dengan ketentuan koperasi yang berlaku
  • Menyetujui anggaran rumah tangga, anggaran dasar, serta ketentuan apa saja yang berlaku di dalam koperasi

Setelah nantinya resmi menjadi anggota koperasi, anda akan dimudahkan saat mengajukan pinjaman dana tunai untuk memenuhi kebutuhan anda. Sebagai seorang anggota, anda bisa mengajukan pinjaman ke koperasi dengan cepat dan mudah asalkan memenuhi persyaratan di bawah ini:

  • Menjadi anggota koperasi maupun calon anggota koperasi
  • Menyerahkan fotokopi KTP dan KTP Suami/Istri (jika sudah menikah)
  • Menyeragkan fotokopi rekening listrik dan KK
  • Mengisi formulir pinjaman

Cara Mengajukan Pinjaman Ke Koperasi

Setelah syarat-syarat umum sudah anda penuhi dengan baik, maka langka selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah

  1. Melengkapi pengajuan pinjaman yaitu dengan mengajukan proposal yang berisikan tujuan penggunaan dana pinjaman. Misalnya saja, jika anda ingin menggunakan dana pinjaman koperasi untuk mengembangkan bisnis maka anda bisa menuliskan sebagai modal usaha atau lainnya
  2. Nantinya pengurus koperasi akan mempertimbangkan proposal yang anda ajukan, apakah sudah sesuai dengan prosedur pinjaman yang ditentukan sebelumnya atau tidak
  3. Jika pengajuan pinjaman anda sudah disetujui, maka nantinya akan dibuatkan akad pinjaman koperasi yang berisikan pencairan pinjaman serta waktu pengembalian pinjaman sesuai dengan kesepakatan yang sudah ditetapkan.

Keuntungan Meminjam Di Koperasi

Melakukan pinjaman ke koperasi memang memiliki banyak sekali keuntungan, salah satunya yaitu bunga beban yang terbilang sangat rendah jika dibandingkan dengan lembaga keuangan lain. Ada beberapa jenis bunga pinjaman yang diaplikasikan untuk pinjaman jangka pendek yang ada di koperasi, antara lain:

  • Bunga Flat, tipe bunga pinjaman ini sering diaplikasikan dalam pinjaman jangka pendek. Yang dimaksud dengan bunga flat disini adalah perhitungan bunga setiap bulannya selalu sama
  • Bunga menurun, tipe bunga pinjaman yang besar kecilnya dipengaruhi oleh nilai pinjaman pokok. Semaki kecil pinjaman yang diajukan, maka akan semakin kecil bunga pinjaman
  • Bunga menurun efektif, jenis bunga yang metode perhitungannya banyak digunakan di koperasi. Tipe bunga yang dihitung berdasar saldo akhir setiap bulan sehingga bunga yang dibayar akan menurun di setiap bulannya.

Mengajukan Pinjaman Di Kantor

Bagi anda yang bekerja di sebuah perusahaan, maka and abisa mengajukan pinjaman uang di kantor, dimana tempat anda bekerja. Cara ini memang tergolong mudah karena anda tak perlu menyediakan jaminan seperti aset untuk syarat pinjaman. Hanya perlu gaji serta status kepegawaian anda saja. Biasanya perusahaan tidak menuntut bunga pinjaman yang tinggi dan bahkan ada beberapa perusahaan yang tidak membebankan bunga pinjaman sepeser pun.

Pengajuan pinjaman ke kantor atau “kasbon” memang menjadi salah satu kebijakan perusahaan. Dimana perusahaan memberikan pinjaman uang kepada karyawan-karyawan yang bekerja di perusahaannya. Terkadang gaji karyawan memang tidak cukup dalam memenuhi kebutuhan yang ada, misalnya saja untuk kebutuhan mendesak yang membutuhkan dana cepat. Dan cara ini bisa menjadi solusi terbaik bagi anda. untuk melakukannya, tentu saja ada prosedur yang sudah ditetapkan perusahaan yang harus anda ikuti. Salah satunya dengan membuat surat permohonan pinjaman uang ke perusahaan tempat anda bekerja. Surat permohonan ini menjadi langkah resmi sekaligus bukti dokumen untuk perusahaan. Selain itu dengan penggunaan surat, maka pengajuan pinjaman anda bisa terkesan lebih resmi dan formal.

Surat peminjaman ini merupakan surat pernyatan yang anda buat sebagai pihak peminjam yang menyatakan jika anda ingin mengajukan pinjaman kepada perusahaan. Untuk isi dari surat permohonan pengajuan pinjaman ini antara lain adalah:

  • Tuliskan kepada siapa surat pengajuan tersebut ditujukan, biasanya karyawan bisa mengajukan pinjaman pada bagian keuangan perusahaan.
  • Berikan keterangan yang detail dan jelas, mengenai nama, tempat&tanggal lahir, alamat, dan jabatan di perusahaan tersebut
  • Menyatakan dengan jelas jika anda ingin mengajukan pinjaman, sebutkan nominal jumlah pinjaman dan akan lebih baik untuk menjelaskan alasan pengajuan pinjaman uang
  • Dan hal yang paling penting adalah berikan keterangan tentang cara pembayaran, waktu pembayaran, dan lainnya yang dinggapa penting.
  • Jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan anda

Setelah proses pengajuan pinjaman anda disetujui, maka nantinya pinjaman anda akan langsung dicairkan. Dan biasanya proses pembayaran untuk pengajuan pinjaman di kantor ini akan dipotong dari gaji anda setiap bulannya.

Mengajukan Pinjaman Online

Solusi terbaik lainnya untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan dengan mudah adalah dengan mengajukan pinjaman online. Saat ini pinjaman online memang menjadi salah satu cara yang banyak dilakukan masyarakat saat ini ketika sedang terdesak membutuhkan dana pinjaman dengan cepat. Hadirnya pinjaman online memang seakan menjadi angin segar untuk masyarakat karena menawarkan kemudahan-kemudahan saat ingin mengambil kredit. Bahkan hingga kini pertumbuhan penyedia pinjaman online memang cukup luar biasa. Suda ada puluhan perusahaan fintech yang menawarkan pinjaman online dan terdaftar di OJK. Lalu apa perbedaan dengan pinjaman di tempat lainnya? seperti namanya, pinjaman ini memang bisa diajukan secara online.

Jika pada pengajuan pinjaman sebelumnya, semuanya dilakukan harus dengan mengunjungi lembaga/instansi yang bersangkutan, maka dalam pengajuan pinjaman online semuanya bisa anda lakukan secara online, hanya dengan mengakses website penyedia pinjaman online melalui laptop/komputer/smartphone. Ini akan jauh lebih menghemat waktu anda tanpa perlu mengurus segala proses administrasi yang rumit.

Cara Mengajukan Pinjaman Online

Untuk bisa mengajukan pinjaman online, tentu saja ada syarat-syarat yang harus anda penuhi sehingga pengajuan pinjaman anda dapat disetujui. Dan untuk syarat pengajuan pinjaman online terbilang lebih mudah dibandingkan dengan pinjaman di lembaga keuangan bank atau non-bank lainnya. biasanya syarat-syarat yang diajukan antara lain adalah:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi kartu kredit
  • Fotokopi buku rekening
  • NPWP
  • Nomor HP aktif
  • Slip gaji
  • Dan lainnya

Sedangkan untuk persyaratan bagi calon peminjam yang ingin mengajukan pinjaman, antara lain:

  • Warga Negara Indoensia
  • Usia 21-60 tahun,
  • Mempunyai pendapatan tetap minimal Rp 2.000.000/bulan

Persyaratan-persyaratan diatas biasanya bisa berbeda pada masing-masing penyedia pinjaman online. Namun rata-rata syarat-syarat diatas yang banyak diajukan saat mengajukan pinjaman online. Setelah anda sudah memenuhi persyaratan yang dijelaskan diatas, maka anda bisa mulai mengajukan pinjaman online. anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Daftarkan diri pada situs yang menyediakan pinjaman online terpercaya. Setelah itu calon peminjamn biasanya harus mengisi formulir untuk mengajukan pinjaman.
  • Mengisi formulir dengan lengkap dan benar
  • Jangan lupa untuk mengisi nominal pinjaman, waktu tenor pinjaman, dan jenis pinjaman
  • Siapkan dokumen persyaratan dalam bentuk scan, karena nantinya akan dikirimkan kepada pihak penyedia pinjaman online
  • Setelah data terkirim, perusahaan penyedia pinjaman online akan melakukan verifikasi data-data milik anda. Dan proses ini biasanya tak memakan waktu lama seperti di bank umumnya. Bahkan ada situs pinjaman online yang menyelesaikan proses verifikasi dalam waktu 1 hari saja
  • Setelah permohonan pengajuan pinjaman disetujui, nantinya pihak penyedia pinjaman online akan memberikan notifikasi, baik melalui sms, telepon, atau email
  • Uang pinjaman yang cair akan ditransfer ke rekening nasabah
  • Nantinya akan dilampirkan pula informasi mengenai cara pembayaran pinjaman serta waktu tenor pengembalian

Kelebihan Pinjaman Online

  • Proses pengajuan pinjaman online terbilang cepat dan mudah. Setelah semua persyaratan dan data-data diri sudah terkirim, nantinya hanya dibutuhkan waktu paling lama 3 hari saja untuk melakukan proses verifikasi. Dan ini akan sangat menguntungkan bagi anda yang sibuk dan tak punya banyak waktu mengunjungi bank.
  • Tidak membutuhkan jaminan sebagai persyaratan pengajuan pinjaman. Sehingga cocok bagi anda yang tidak memiliki aset atau barang untuk dijadikan jaminan pinjaman
  • Banyak pilihan jenis pinjaman, bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial anda. mulai dari nominal pinjaman, suku bunga, dan jangka waktu pengembalian pinjaman
  • Proses pencairan dana pinjaman cepat, bahkan bisa cair dalam waktu 1 hari saja. Sangat membantu jika anda butuh dana darurat yang mendesak
  • Persyaratan yang diajukan mudah dan tidak rumit. Bahkan tak jarang beberapa situs pinjaman online hanya menawarkan persyaratan KTP dan nomor HP untuk pengajuan pinjaman
  • Nominal pinjaman dan waktu pengembalian sangat fleksibel. Memudahkan bagi nasabah yang ingin menyesuaikan pinjaman dengan kemampuan finansial
  • Bisa melakukan simulasi kredit terlebih dahulu. Ini sangat membantu untuk menghitung nominal pinjaman, bunga pinjaman, serta wkatu tenor yang cocok untuk kondisi finansial anda. Sehingga nantinya diharapkan tidak ada permasalahan saat pembayaran cicilan pinjaman ataupun sampai gagal mengembalikannya. Masing-masing situs pinjaman online biasanya sudah memfasilitasi fitur simulasi kredit pada halaman websitenya.

Kekurangan Pinjaman Online

  • Bunga pinjaman online cukup tinggi, bahkan dapat dikatakan jika tinggi sekali. Hal ini karena OJK belum mengatur tentang batasan mengenai pinjaman online. tingginya suku bunga pinjaman ditetapkan langsug oleh masing-masing perusahaan pinjaman online. tingginya suku bunga pinjaman dikarenakan kemudahan persyaratan, pengajuan, serta persetujuan pinjaman
  • Plafond pinjaman yang ditawarkan cukup kecil. Hal ini karena pinjaman merupakan pinjaman tanpa agunan. Rata-rata plafond pinjaman maksimal hingga Rp 5.000.000. jadi tidak cocok bagi anda yang membutuhkan pinjaman dalam jumlah besar.
  • Karena plafond pinjaman yang ditawarkan tak begitu besar, maka ini akan berpengaruh pula waktu pengembalian pinjaman yang cenderung lebih singkat. Sehingga akan terasa sekali saat anda membayar cicilan pinjaman
  • Data diri pribadi yang ada di aplikasi pinjaman online rentan disalahgunakan. Biasanya ini terjadi pada situs pinjaman online yang abal-abal. Untuk itu pentingnya mencari penyedia pinjaman online yang terpercaya sehingga pinjaman yang anda lakukan akan nyaman dan aman. Anda bisa memilih situs pinjaman online yang sudah terdaftar resmi di OJK sebagai panduan. Dan yang paling penting adalah sebagai calon nasabah sudah sewajibnya memahami dan mengerti tentang persetujuan yang mereka berikan atas data pribadi nya yang digunakan saat pengajuan kredit online
  • Tak hanya bunga, biaya denda keterlambatan pembayaran dari pinjaman online juga cukup tinggi. bahkan denda yang diberikan kepada pihak nasabah biasanya diberlakukan secara harian. Bisa dihitung sendiri bukan berapa denda yang harus anda tanggung saat lupa membayar cicilan pinjaman? Belum lagi dengan beberapa biaya-biaya lainnya yang dibebankan kepada nasabah yang meminjam. Sehingga bisa dibayangkan sendiri berapa banyak yang harus anda bayarkan saat meminjam uang secara online.

Nah itu tadi beberapa tempat pinjam uang tanpa jaminan yang bisa anda jadikan pilihan saat sedang membutuhkan dana pinjaman dengan cepat tanpa harus mengajukan aset atau barang yang anda miliki untuk persyaratan pinjaman. Memang ada banyak keuntungan dan kekurangan dari meminjam uang tanpa jaminan dari masing-masing tempat. Anda bisa memilih sendiri yang mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial anda. Selain itu tetapkan dengan baik apa tujuan anda meminjam uang tanpa jaminan. Sehingga uang pinjaman yang anda ajukan nantinya bisa terpakai tepat sasaran. Jangan sampai salah penggunaan yang malah mengakibatkan kerugian pada anda nantinya.

Please rate this

Tinggalkan Balasan