oleh

Tahu Zap Clinic Yang Fenomenal? Ini Sosok Inspiratif Di Baliknya

tempatpinjamuang-Kaum hawa niscaya udah gak absurd sama ZAP Clinic. Tapi, tahukah kau jikalau klinik yang beken dengan layanan penghilang rambut badan tersebut ternyata berawal dari kerja keras ? Bahkan, dulunya dimulai dari layanan panggilan dari rumah ke rumah.

tempatpinjamuang-Kok kini sanggup keren gitu? Biar pertanyaan ini terjawab, yuk simak cerita Fadli Zahab, pendirinya. Kisahnya pantas banget buat kau jadikan ilham deh.

Pendiri ZAP Keranjingan Bisnis

tempatpinjamuang-Fadli Zahab merupakan mantan mahasiswa UGM. Pria kelahiran 11 Agustus 1984 tersebut mengambil kegiatan studi Perencanaan Pembangunan.

tempatpinjamuang-Sedari kuliah, pendiri ZAP tersebut emang udah keranjingan bisnis. Dia berkali-kali membuka kerja keras sampingan. Namun sayangnya gagal berkali-kali.

tempatpinjamuang-Bisnis pertama yang ia coba semasa kuliah merupakan kafe tenda. Namun, bisnis tersebut mesti gagal sebab kejadian gempa bumi yang merusak tenda tersebut. Fadli Zahab kelemahan dana buat mengawali kembali bisnis tersebut.

tempatpinjamuang-Fadli juga pernah menjajal bisnis outbond training di tempat Solo. Namun, bisnis tersebut mesti tutup sebab gak sanggup respons yang bikin puas dari penduduk alias sedikit yang berminat. Akhirnya, usahanya tersebut gak berkembang.

tempatpinjamuang-Itulah yang bikin Fadli Zahab mengalah dan risikonya kerja kantoran di tempat Jakarta.

tempatpinjamuang-Selama tiga tahun, Fadli Zahab melakukan pekerjaan di Surveyor Indonesia, perusahaan BUMN yang bergerak di bidang survei. Di sana Fadli memegang divisi Product and Development. Di sanalah Fadli banyak menerima ilmu bisnis dan marketing.

tempatpinjamuang-Bisa dibilang, kariernya di BUMN tersebut jadi salah satu tonggak buat usahanya kini, ZAP Clinic.

Memulai Usaha Sampingan Layanan Penghilang Rambut

A post shared by ZAP Clinic (@zapcoid) on Jan 12, 2018 at 7:52pm PST

tempatpinjamuang-Tahun 2009, ZAP Clinic bermula dari kerja keras sampingan dengan rancangan home service alias sanggup diundang ke rumah. Awalnya Fadli Zahab sering mendengar unek-unek teman-temannya yang ekspatriat kesusahan mendapatkan layanan hair removal di Indonesia.

tempatpinjamuang-Dari situlah, Fadli Zahab terpikir buat menghadirkan alat penghilang rambut dari luar negeri. Dia memberanikan diri buat berbelanja alat seharga Rp 50 juta tersebut. Tentu aja gak semua dari dompetnya. Sebagian berasal dari pinjaman keluarga.

tempatpinjamuang-Pada masa tersebut, bisnis tersebut diatur oleh dirinya sendiri bareng satu terapis. Malah Fadli masih menggunakan kendaraan beroda empat ayahnya buat tiba ke tempat tinggal pelanggan.

tempatpinjamuang-Kala itu, konsumen Fadli Zahab masih berkisar teman-temannya yang warga negara asing. Fadli menerapkan tata cara “jemput bola”. Jadi, dialah yang tiba ke tempat tinggal pelanggannya.

tempatpinjamuang-Awal mula kerja keras tersebut berdiri, klien Fadli dalam satu bulan mungkin cuma satu orang. Kemudian, berlanjut jadi satu orang sepekan dan berikutnya malah jadi setiap hari.

Agen Asuransi Mitra tempatpinjamuangAgen Asuransi Mitra tempatpinjamuangtempatpinjamuang-Setelah terkumpul cukup modal, Fadli memberanikan diri buat menyewa tempat di salah satu rumah rekannya. Luasnya cuma 2,5 meter x 3 meter dengan ongkos sewa per bulan Rp 2 juta.

tempatpinjamuang-Fadli betul-betul serius memajukan kerja keras sampingan ini. Terbukti, ia gak cuma mengandalkan marketing offline aja tapi menggunakan kekuatan Internet.

tempatpinjamuang-Tahun 2013 hingga 2014, ZAP Clinic masif banget menggunakan iklan di Facebook dan media lazim lain. Kamu yang aktif di media lazim waktu itu niscaya gak absurd deh sama iklan ZAP.

tempatpinjamuang-Gak cuma itu, Fadli Zahab juga membereskan situs ZAP dan menawarkan layanan chat buat pelanggan.

tempatpinjamuang-Pada masa permulaan kerja keras sampingan tersebut, Fadli sanggup dikatakan juga bertindak selaku marketing.

tempatpinjamuang-Buat pengembangan layanan perawatan, Fadli menegaskan berkonsultasi dengan tim dokter dermatologis. Jadi, kau yang merupakan konsumen ZAP Clinic gak perlu kalut sebab klinik tersebut emang dikerjakan oleh dokter ahli.

tempatpinjamuang-Dalam perkembangannya, ZAP Clinic gak cuma menawarkan layanan hair removal aja. Sebab Fadli berpikir jikalau cuma mengandalkan layanan penghilang rambut tentu lama-kelamaan pelanggannya bakal habis. Dia pun memajukan bisnis dengan menawarkan layanan perawatan wajah, tubuh, serta kosmetika.

Kesuksesan ZAP Clinic Kini

A post shared by ZAP Clinic (@zapcoid) on Aug 29, 2017 at 8:53pm PDT

tempatpinjamuang-Sekarang, ZAP Clinic udah tersebar di 32 klinik. Omzet yang mulanya kerja keras sampingan ini udah meraih miliaran Rupiah per bulan. Padahal waktu permulaan berdiri cuma Rp 2 juta.

tempatpinjamuang-Bukan cuma itu, kini Fadli Zahab juga udah punya 100 karyawan yang melayani ratusan ribu klien.

tempatpinjamuang-Apa sih resep keberhasilan ZAP Clinic ini? Fadli Zahab menyampaikan kuncinya ada tiga:

1. Harga yang cukup terjangkau

tempatpinjamuang-Awal berdiri selaku kerja keras sampingan, harga yang dipersiapkan Fadli Zahab bukan yang gak masuk akal. Malah ia dahulu menyampaikan harga seratus ribu Rupiah aja per treatment.

tempatpinjamuang-Sampai kini pun, harga aneka macam layanan di ZAP mencakup terjangkau. Bahkan, Fadli menawarkan paket seumur hidup buat layanan hair removal.

tempatpinjamuang-Selain itu, mutu yang dipersiapkan oleh ZAP pun patut sanggup acungan jempol. Banyak konsumen yang puas atas hasil treatment akhirnya bikin mereka mengambil paket seumur hidup buat hair removal.

2. Inovasi yang berkelanjutan

tempatpinjamuang-Fadli pun senantiasa melakukan penemuan meski yang ia jalankan sebatas kerja keras sampingan pada mulanya. Terlihat dari permulaan berdiri kerja keras ini, Fadli menjajal mendengar nasehat dan kritik konsumen serta melakukan konsultasi dengan ahlinya.

tempatpinjamuang-Gak cuma itu, Fadli pun gak puas dengan menawarkan satu layanan aja meski pada mulanya ia emang konsentrasi ke layanan hair removal. Seiring pertumbuhan ZAP, Fadli berani berinovasi dan investasi buat bisnis tersebut.

3. Strategi marketing yang cocok pertumbuhan zaman

tempatpinjamuang-Strategi marketing yang dijalankan oleh Fadli pantas sanggup apresiasi. Gak salah jikalau klinik ini kini fenomena banget.

tempatpinjamuang-Fadli menerapkan strategi marketing offline dan online. Marketing secara offline dia jalankan dengan memajukan selebaran dari satu salon ke salon lain. Gak hingga di situ aja, ia menerapkan tata cara komisi pada salon bila konsumen yang tiba sanggup selebaran dari salon tersebut. Strategi yang saling menguntungkan, kan?

tempatpinjamuang-Selanjutnya, Fadli pun menggunakan media lazim buat memperbesar pelanggan. Fadli berani menginvestasikan laba dari bisnis tersebut buat iklan di aneka macam platform media sosial. Dia membereskan website ZAP dan bahkan meluncurkan aplikasi mudah-mudahan konsumen sanggup bikin appointment melalui aplikasi tersebut.

tempatpinjamuang-Yang pasti, semua seni administrasi marketing tersebut ditunjang pula oleh mutu layanan yang emang jempolan. Gak heran konsumen pengin mengusulkan klinik ini pada kenalannya.

tempatpinjamuang-Kisah Fadli juga jadi bukti jikalau kerja keras sampingan gak sanggup dipandang sebelah mata. Sebab siapa yang tahu jikalau itu risikonya jadi pemasukan utama.

tempatpinjamuang-Top deh buat ZAP Clinic!  

Tags : ,

News Feed