oleh

Sentuh Rp 223 Miliar, Ini 5 Alat Musik Paling Mahal Di Dunia Yang Punya Nilai Sejarah Unik

tempatpinjamuang-Untuk sebagian orang, alat musik menjadi barang yang tidak terhitung nilainya harganya alasannya memiliki sejarah dan ingatan yang unik. Pantes aja terdapat beberapa produk yang dijual atau dilelang dengan banderol harga selangit, bahkan nominalnya lebih besar dari suatu kendaraan beroda empat sport lho!

tempatpinjamuang-Instrumen musik menjadi salah satu karya seni yang gak Cuma sanggup didengarkan alunan nadanya, tetapi juga sanggup menjadi barang kuno yang wajib dikoleksi oleh musisi. Kecintaannya kepada barang yang satu ini bikin mereka rela merogoh kocek dalam-dalam bahkan hingga miliaran rupiah.

tempatpinjamuang-Dari sekian banyak alat musik kuno yang ada di dunia hari ini, terdapat minimal 5 barang yang dibanderol dengan harga termahal. Yuk kita lihat daftar lengkapnya berikut, melansir dari Allianz Musical Insurance.

5. Charlie Parker’s Grafton Alto Saxophone – Rp 1,7 miliar

Alat Musik
Charlie Parker’s Grafton Alto Saxophone

tempatpinjamuang-Alat musik termahal kelima di dunia yang pernah terjual yaitu suatu Saxophone Charlie Parker’s Grafton Alto yang pertama kali dirancang tahun 1940-an oleh lelaki berkebangsaan Italia yaitu Hector Sommaruga.

tempatpinjamuang-Meski dibentuk pada tahun 1940-an, tetapi barang ini gres dijual secara komersial pada tahun 1950-an seharga 55 Poundsterling aja kala itu. Namun terdapat 1 unit yang harganya meroket alasannya digunakan oleh pemain musik kondang asal Amerika Serikat Charlie Parker.

tempatpinjamuang-Charlie Parker’s Grafton Alto Saxophone dibanderol sekitar 93.500 Poundsterling atau setara Rp 1,7 miliar tahun 1994 di balai lelang Christie, London.

4. The Reach Out To Asia Fender Stratocaster – Rp 37 miliar

Alat musik
The Reach Out To Asia Fender Stratocaster

tempatpinjamuang-Buat yang gemar dengan alat musik gitar dan bass niscaya udah gak ajaib lagi dengan merek Fender. Brand asal Amerika Serikat ini udah bangun dari tahun 1946 dan bikin aneka macam instrumen elegan dunia serta bersejarah.

tempatpinjamuang-Salah satunya yaitu gitar The Reach Out To Asia Fender Stratocaster yang didedikasikan menggalang dana Tsunami tahun 2004 lalu. Terdapat tanda tangan dari musisi dunia di gitar tersebut menyerupai Paul McCartney, Liam Gallagher, Mick Jagger dan Eric Clapton. Dana yang terkumpul dari gitar tersebut meraih US$ 2,7 juta atau setara Rp 37 miliaran.

3. The Heintzman Crystal Piano – Rp 44 miliar

Alat Musik
The Heintzman Crystal Piano

tempatpinjamuang-Ketiga ada alat musik piano yaitu The Heintzman Crystal. Salah satu spesialisasi dari instrumen ini yaitu pernah digunakan dalam program pembukaan Olimpiade tahun 2008 di kota Beijing, China.

tempatpinjamuang-Barang ini di konsep oleh perusahaan musik asal Kanada yaitu The Heintzman dan sukses dijual dengan harga sekitar US$ 3,2 juta atau setara Rp 44 miliar.

2. The Paganini Stradivarius Cello – Rp 83 miliar

Alat Musik
The Paganini Stradivarius Cello

tempatpinjamuang-Selanjutnya tiba dari alat musik yang dimainkan dengan cara di gesek yaitu Biola. The Paganini Stradivarius Cello sempat dimiliki oleh seorang pebiola legendaris asal Italia yaitu Nicolo Paganini.

tempatpinjamuang-Kini barang tersebut dimiliki oleh seorang musisi muda asal Kanada yaitu Stéphane Tétreault dan diperkirakan The Paganini Stradivarius Cello dibanderol sekitar US$ 6 juta atau Rp 83 miliar lebih.

1. The Vieuxtemps Guarneri Violin – Rp 223 miliar

Alat Musik
The Vieuxtemps Guarneri Violin

tempatpinjamuang-Gelar alat musik termahal di dunia dipegang oleh The Vieuxtemps Guarneri Violin yang dibanderol US$ 16 juta atau setara Rp 223 miliaran per unitnya. Instrumen ini sempat berulang kali berpindah tangan ke tangan musisi kondang menyerupai Yehudi Menuhin serta Pinchas Zukerman.

tempatpinjamuang-Dari pertama dibentuk kurun 19 hingga ketika ini The Vieuxtemps Guarneri Violin masih dalam keadaan baik oleh Anne Akiko Meyers.

tempatpinjamuang-Nah itulah daftar 5 alat musik paling mahal di dunia. Bisa dilihat bahwa instrumen yang memiliki nilai jual tertinggi yaitu biola, kau salah satu penggemarnya? (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Tags : , ,

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed