oleh

Apakah Asuransi Sun Life Anggun Tidak? Begini Jawabannya

Asuransi Sun Life cantik tidak tergantung dari perspektif mana kita melihat. Namun, sudah niscaya kita sanggup bilang cantik alasannya merupakan memang terdaftar di OJK dan sejauh ini belum ada rekam jejak yang permasalahan fatal.

Perusahaan asuransi PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) sudah beroperasi di Indonesia sejak 1995 dengan menyampaikan sederet produk asuransi dan pengelolaan keuangan, menyerupai asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan dan penyusunan rencana hari tua.

Dengan berkomitmen untuk menolong para nasabahnya meraih kemapanan finansial dan menjalani hidup yang sehat, Sun Life sekarang sudah dilengkapi dengan 132 kantor penjualan konvensional dan 49 kantor penjualan syariah yang siap menolong nasabahnya.

Lalu, apakah Asuransi Sun Life cantik tidak dan memang pantas untuk dimiliki? Sampai sejauh mana peran dan reputasinya di Indonesia? Simak klarifikasi berikut.

Rekam Jejak Asuransi Sun Life Bagus Tidak

Salah satu cara paling sederhana untuk memeriksa rekam jejak Asuransi Sun Life merupakan dengan mencarinya di Google. Sun Life sendiri secara lazim masih tercatat selaku perusahaan asuransi yang memiliki rekam jejak cukup baik selama ini.

Selain situs resmi Sun Life, Google memperlihatkan beberapa info mengenai Sun Life terkait peluncuran produk-produk asuransi dengan kerja sama dengan beberapa pihak. Namun yang paling menawan merupakan mengenai kinerja positif Sun Life selama masa pandemi.

Mengutip situs info kontan.co.id pada Mei 2021, Sun Life mencatat kenaikan premi sebesar 15% dibanding periode yang serupa tahun lalu. Ini diikuti dengan Sun Life Syariah yang mencatatkan pendapatan sebesar Rp290 miliar. Artinya, PT Sun Life Financial Indonesia berada dalam keadaan yang bagus walaupun di tengah terpaan pandemi.

Masih dari situs info yang sama, di masa pandemi, Sun Life juga meluaskan inovasi marketingnya dengan merangkul K-Link, platform digital network marketing berprinsip syariah. Beradaptasi dengan suasana pandemi, Sun Life juga merilis fitur gres Sun Connect, yakni layanan digital yang mempertemukan kandidat nasabah dengan biro asuransi secara virtual.

Jadi, kesimpulannya menurut rekam jejak mengenai Asuransi Sun Life cantik tidak, jawabannya bagus.

Laporan Keuangan Sun Life

Hal lain yang sanggup dijadikan contoh Asuransi Sun Life cantik tidak merupakan dengan memeriksa pembukuan keuangan perusahaan. Sun Life sendiri memiliki situs resmi yang sungguh transparan dengan mengunggah laporan keuangannya selama lima tahun terakhir.

Ada dua hal yang perlu diamati dalam menganggap Asuransi Sun Life cantik tidak dalam hal laporan keuangan. Pertama merupakan Modal Minimum Berbasis Risiko (MMBR) atau jumlah minimum tingkat solvabilitas yang ditetapkan, yakni dana yang dikehendaki untuk mengantisipasi risiko kerugian yang mungkin muncul akhir dari deviasi dalam pengelolaan aset dan liabilitas.

Kedua merupakan ketentuan Pasal 3, ayat (1), ayat (2) dan ayat (3) Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 71/POJK.05/2016 mengenai Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi. Rasio tingkat pencapaian solvabilitas sedikitnya merupakan 100% dengan sasaran internal terendah merupakan 120% dari MMBR.

Mengacu ketentuan tersebut, Sun Life sendiri terbilang memiliki keadaan keuangan yang aman alasannya merupakan Rasio Pencapaian Solvabilitasnya berada di atas batas 120% yakni sebesar 526% (2019), 491% (2018), 682% (2017), dan 602% (2016).

Asuransi Sun Life cantik tidak menurut pembukuan keuangan yang disebutkan tadi merupakan bagus.

Penghargaan Asuransi Sun Life Bagus

Selama perannya di indonesia, Sun Life juga sudah menemukan beberapa penghargaan selaku bukti reputasinya di bidang perlindungan dan pengelolaan keuangan. 

Berikut merupakan deretan penghargaan yang diterima yang menyeleksi Asuransi Sun Life cantik tidak:

  • “EXCELLENT” Service Performance untuk Tim Call Center (2014): Carre-CCSL (Center For Customer Satisfaction & Loyalty) dan majalah Service Excellence pada 2014 menganugerahi Sun Life dengan predikat “Excellent” untuk klasifikasi asuransi jiwa dan kesehatan.
  • “EXCELLENT” Service Performance untuk Email Complaint Management Team (2014, 2015): Carre-CCSL dan majalah Service Excellence juga menganugerahi email layanan nasabah Sun Life [email protected] dengan predikat “Excellent” untuk klasifikasi industri asuransi selama dua tahun berturut-turut.
  • The Best Risk Management Islamic Life Insurance (2013, 2014): Karim Consulting Group menganugerahi Juara 1 untuk klasifikasi The Best Risk Management Islamic Life Insurance dengan aset di bawah Rp 100 miliar selama dua tahun berturut-turut.
  • IMA Outstanding Achievement Award: Brighter Life Indonesia sukses mengungguli penghargaan ini untuk klasifikasi “Informasi Keuangan”.
  • Silver Award: Ajang The Davey Awards menganugerahi Brighter Life Indonesia untuk klasifikasi “Community”.
  • Best Family Takaful Provider Indonesia (2015, 2016): Ajang Global Banking and Finance Review Awards menganugerahi Unit Syariah PT Sun Life Financial Indonesia dalam klasifikasi “Best Family Takaful Provider Indonesia”.
  • Top 2 Asuransi Jiwa Kategori Aset Rp 5-15 Triliun (2015): Penghargaan “Top 2 Asuransi Jiwa Kategori Aset Rp 5-15 Triliun” dari Warta Ekonomi dalam ajang Insurance Consumer Choice Awards.
  • Great Performing Brand in Social Media (2015): Penghargaan ini dicapai dalam ajang Social Media Award 2015 dari majalah Marketing dan Lembaga Survei Independen FRONTIER.
  • CSR Award: Penghargaan untuk klasifikasi Kesehatan dan Pendidikan dari Koran Sindo.
  • Predikat “Sangat Bagus” (2016): Predikat “Sangat Bagus” untuk Unit Link dari majalah Infobank dalam ajang “Infobank Unit Link Awards 2016”.
  • Excellent Service Experience Awards (ESEA) 2016: Penghargaan dari Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (Carre CCSL), konsultan Service Quality dan Customer Management, berafiliasi dengan Service Excellent Magazine.
  • “Excellent” Service Performance untuk Tim Call Center dan Customer Service Email Centers (2016): Penghargaan untuk klasifikasi Industri Asuransi dari CARRE Center for Customer Satisfaction & Loyalty Company dalam ajang “Contact Centre Service Excellent 2016”.
  • HR Asia Best Companies to Work For in Asia (2016): Penghargaan selaku pemenang dari HR Asia di tahun 2016.
  • The 8 Annual Global CSR Awards 2016: Penghargaan “Bronze Award” dalam ajang bergengsi The 8 Annual Global CSR Awards 2016 untuk klasifikasi “Excellence in Provision of Literacy & Education Award for Company with Less than US 1Billion in Market Capitalization”
  • Best Takaful Company Indonesia: Unit Usaha Syariah PT Sun Life Financial Indonesia menjangkau penghargaan dalam ajang “Global Business Outlook Awards” untuk klasifikasi “Best Takaful Company indonesia”.
  • The Best in Marketing Campaign: Penghargaan kedua dalam ajang “Marketing Awards 2016” persembahan majalah Marketing untuk klasifikasi “The Best in Marketing Campaign”.
  • Best Financial Performance: Penghargaan untuk Pertumbuhan Pendapatan Premi higienis Tertinggi klasifikasi Perusahaan Asuransi Jiwa dengan aset Rp 6 – 10 triliun dari majalah Warta Ekonomi.
  • Best Social Public Relation  Program 2016: Penghargaan untuk kampanye perusahaan #LEBIHBAIK di ajang  PR of the Year dari majalah MIX.
  • Best Marketing Public Relation Program 2016: Penghargaan di ajang yang serupa untuk kegiatan Sun Life Edufair.
  • Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands (Millennials’ Choice): Penghargaan untuk Sun  Life dari The Iconomics.
  • Best Leader for Business Sustainability Through Business Innovation – Effectiveness of Digital Acceleration Category Life Insurance With Asset 10-25 T: Penghargaan untuk Sun Life dari majalah Warta Ekonomi.
  • Indonesia Business Women of the Year 2021: Penghargaan untuk Sun Life dari majalah SWA.
  • Most Innovative Insurance Indonesia (2021): Penghargaan untuk Sun Life dari The Iconomics.
  • Market Leader Awards 2021: Penghargaan untuk Sun Life dari Media Asuransi.

Keluhan Nasabah

Dalam kiprahnya, Sun Life juga pernah mengalami ganjalan nasabah yang sempat dipublikasi oleh media. Dilansir dari detik.com, ganjalan bermula dari nasabah yang ingin mencairkan sebagian dana dari Polis Unit Link miliknya.

Setelah berulang kali dijumlah oleh petugas Customer Service, jumlah dana yang sanggup dicarikan pun dikonfirmasikan terhadap nasabah yang bersangkutan. Namun ternyata di saat dana ditransfer terhadap nasabah, ada potongan cukup besar yang bahkan lebih besar dari premi bulanan dari nasabah.

Potongan yang tidak dikonfirmasi sebelumnya ini kemudian mengakibatkan komplain nasabah yang merasa dirugikan oleh kesalahan Customer Service dan tidak memperoleh respon yang bagus dari Sun Life.

Memang duduk kendala menyerupai ini tidak hanya terjadi di Sun Life saja. Jadi, tidak sanggup menyampaikan bahwa Sun Life tidak bagus. Melainkan, Asuransi Sun Life cantik tidak tergantung pengalaman masing-masing nasabah.

Kesimpulan

Sebagai perusahaan asuransi yang terus berkembang, PT Sun Life Financial Indonesia memiliki banyak penawaran produk asuransi dan pengelolaan keuangan yang sanggup diseleksi sesuai keperluan nasabah, apalagi di masa pandemi yang mengakibatkan krisis bagi sebagian orang. 

Inovasi dan pengembangan layanan terus dijalankan menyeleksi Asuransi Sun Life cantik tidak. Kembali pada janji Sun Life untuk menyebabkan nasabahnya meraih kemapanan finansial, perbaikan dan pengembangan produk terus dicicipi oleh para nasabah.

Walaupun ganjalan pernah terjadi, tetapi pembenahan terus dilakukan. Ini terbukti dengan adanya sederet penghargaan dan reputasi positif yang dicapai PT Sun Life Financial Indonesia bertahun-tahun terakhir dan rekam jejaknya yang meyakinkan lewat pembukuan keuangan dan jejak digital yang positif.

Secara umum, Sun Life merupakan perusahaan asuransi dan pengurus keuangan yang sanggup dipercaya lewat aneka macam layanan, produk dan teknologi yang ditawarkan. Jika kau ingin mengajukan pertanyaan seputar produk asuransi Sun Life cantik tidak lebih jauh, datangi marketplace asuransi tempatpinjamuang.co.id//.

Tags : , ,

News Feed