oleh

Kring Pajak: Call Center Pajak Buat Warta Dan Pengaduan

tempatpinjamuang-Pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) gak memuaskan? Mau olok-olokan pertanyaan soal perpajakan? Laporkan dan cari tahu aja di layanan Kring Pajak.

tempatpinjamuang-Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menawarkan Kring Pajak buat para Wajib Pajak demi memajukan kualitas pelayanan perpajakan. Seperti yang kau tahu, masih ada orang yang mengeluhkan layanan perpajakan dari DJP.

tempatpinjamuang-Malahan lumayan banyak Wajib Pajak yang mendapatkan kesusahan dalam melaksanakan kewajibannya, tetapi gak tahu mesti mengajukan pertanyaan atau konsultasi ke mana. 

tempatpinjamuang-Dengan kemunculan Kring Pajak, ganjalan ataupun permasalahan yang dihadapi Wajib Pajak sanggup diselesaikan dengan baik sehingga Wajib Pajak pun gak enggan dalam menyanggupi keharusan perpajakannya.

Apa itu Kring Pajak?

Call center DJP Kring Pajak
Layanan call center

tempatpinjamuang-Kring Pajak yakni terusan resmi yang dikelola Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan Direktorat Jenderal Pajak buat mendapatkan pengaduan ataupun laporan dari Wajib Pajak.

tempatpinjamuang-Sebagaimana yang sudah diterangkan di atas, Kring Pajak hadir demi memajukan pelayanan. Keberadaan terusan resmi pengaduan ini sudah dikontrol dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER- 07/PJ/2019 wacana Tata Cara Penyampaian Pengaduan Pelayanan Perpajakan.

tempatpinjamuang-Selain Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan DJP, laporan aduan juga diterima:

  • Direktorat Penyuluhan, Pelayanan, Hubungan Masyarakat (P2Humas).
  • Unit Kerja lainnya.

Jenis-jenis layanan Kring Pajak

Panduan layanan Kring Pajak
Panduan layanan Interactive Voice Response (IVR)

tempatpinjamuang-Dikutip dari Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER- 07/PJ/2019, layanan Kring Pajak bahwasanya yakni terusan telepon ataupun ponsel buat fasilitas pengaduan atau pelaporan. Namun, layanan ini diperluas hingga meliputi media sosial.

tempatpinjamuang-Berikut ini yakni berbagai macam layanan Kring Pajak.

  1. Layanan call center Kring Pajak 1500200
  2. Layanan faksimile  (021) 5251245
  3. Layanan Twitter  @kring_pajak
  4. Layanan email warta dan pengaduan
  5. Layanan Live Chat 

Layanan call center Kring Pajak 1500200

tempatpinjamuang-Ini yakni layanan yang komunikasinya dijalankan lewat sambungan telekomunikasi atau telepon. Para Wajib Pajak menyodorkan aduan atau laporan dengan mengontak nomor 1500200.

tempatpinjamuang-Nantinya Wajib Pajak (WP) terhubung dengan Respons Suara Interaktif (Interactive Voice Response) selaku pemandu. Respons Suara Interaktif bakal mengarahkan Wajib Pajak mendapatkan warta yang dibutuhkannya atau menghubungkan WP ke petugas.

Layanan faksimile (021) 5251245

tempatpinjamuang-Pengaduan atau laporan juga sanggup disampaikan dalam bentuk tercetak lewat faksimile di nomor (021) 5251245. Terkadang, Wajib Pajak diminta mengisi Formulir Pengaduan Pelayanan Perpajakan kemudian mengirimnya lewat faksimile.

Layanan Twitter @kring_pajak

tempatpinjamuang-Twitter @kring_pajak menjadi terusan menyodorkan ganjalan atau laporan soal perpajakan yang terbilang efisien dan interaktif. Namun, gak menyerupai sambungan telepon, Wajib Pajak mesti menanti pertanyaan atau keluhannya direspons admin.

Layanan email warta dan pengaduan

tempatpinjamuang-Gak punya mesin faksimile? Kirim aja laporan aduan ke email di alamat [email protected]. Berkas Formulir Pengaduan Pelayanan Perpajakan dan berkas-berkas yang lain sanggup dikirim ke email tersebut dalam format PDF.

Layanan Live Chat

tempatpinjamuang-Lakukanlah percakapan secara online alias live chat di laman pajak.go.id selaku terusan penyampaian laporan aduan. Wajib Pajak yang akan menggunakan terusan ini bakal diminta buat memberi identitas dan aduan yang ingin disampaikan.

Tanya Ahli Hukum tempatpinjamuangTanya Ahli Hukum tempatpinjamuang

Seputar pengaduan di Kring Pajak menurut Peraturan DJP No. PER- 07/PJ/2019

Selain Kring Pajak, adukan duduk permasalahan ke KPP
KPP Pratama Kayu Agung, Palembang, Sumatera Selatan

tempatpinjamuang-Telah disinggung sebelumnya apabila terusan resmi pengaduan Kring Pajak dikontrol keberadaannya dalam Peraturan DJP No. PER- 07/PJ/2019. Berikut ini ringkasan isi yang termuat dalam peraturan tersebut.

Di mana Wajib Pajak sanggup melaksanakan pengaduan?

tempatpinjamuang-Pengaduan resmi terkait layanan perpajakan diterima unit kerja DJP yang dalam hal ini Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan DJP melalui:

  • Kring Pajak, nomor telepon: 1500 200, ponsel: (021) 1500 200.
  • Faksimile: (021) 525 1245.
  • Email: [email protected].
  • Situs pengaduan.pajak.go.id.
  • Twitter: @kring_pajak.
  • Chat pajak di laman pajak.go.id.

Apa aja syarat-syarat buat melaksanakan pengaduan?

tempatpinjamuang-Pelapor dalam melaksanakan pengaduan paling sedikit melengkapi:

  • Identitas pelapor berupa Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Nomor telepon atau email.
  • Identitas terlapor, yakni Unit Kerja ataupun pegawai Unit Kerja yang dikeluhkan pelapor.
  • Uraian pengaduan yang menampung tanggal pelayanan perpajakan.
  • Surat kuasa apabila dikuasakan terhadap pihak lain.
  • Bukti penunjang apabila diperlukan.

Adakah deadline melaksanakan pengaduan?

tempatpinjamuang-Peraturan DJP menerangkan penyampaian aduan oleh pelapor paling lambat dijalankan 30 hari sejak pelayanan di perpajakan. 

tempatpinjamuang-Itu mempunyai arti dikala WP mencicipi ketidaknyamanan atas pelayanan perpajakan, dikala itulah WP sanggup melapor atau melapor di hari selanjutnya asalkan masuk 30 hari. Kalau aduan disampaikan lewat dari 30 hari, Unit Kerja gak menganggapnya selaku pengaduan

Kapan Direktorat Jenderal Pajak menyikapi pengaduan?

tempatpinjamuang-Menurut aturannya, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) wajib menyikapi pengaduan yang diterima dari pelapor paling lambat 14 hari sejak pelapor menyampaikannya. Pelapor setelah mengadukan persoalannya bakal memperoleh warta Nomor Tiket Pengaduan.

Contoh formulir pengaduan layanan pajak di DJP

Formulir pengaduan layanan pajak
Formulir pengaduan layanan pajak

tempatpinjamuang-Sebagai gambaran, berikut ini formulir yang digunakan dalam pengaduan layanan pajak di Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

tempatpinjamuang-Nah, itu tadi warta seputar Kring Pajak yang menjadi terusan pengaduan resmi dari DJP buat para Wajib Pajak. Oh, iya. Sebenarnya, pelapor gak melulu melapor lewat Kring Pajak lho. 

tempatpinjamuang-Pelapor juga sanggup mengadukan persoalannya dengan tiba eksklusif ke Direktorat P2Humas atau Unit Kerja lainnya. Semoga warta di atas berfaedah dan sanggup menolong ya!

Tags : , , ,

News Feed