oleh

Tenang Lindungi Keluarga Saat #Dirumahaja

#dirumahaja selama pandemi COVID-19 bukan berarti tak bisa melaksanakan banyak aktivitas seru bersama keluarga. Selain Anda yang bekerja masih sedang WFH dan beberapa sekolah pun menerapkan tata cara mencar ilmu online terpadu, pastinya ada banyak sekali cara kreatif mengisi hari-hari Anda selama 14-30 hari kedepan. Tak usah cemas mulai bosan dan mati gaya. Anda bisa hening melindungi keluarga, sedangkan Ruparupa berkomitmen bagi senantiasa setia penuhi keperluan harian dengan kemudahan pengiriman* sampai ke rumah. Bagaimana?

Tetap Fokus Saat Kerja di Rumah

Bekerja di rumah dapat menjadi culture-shock tersendiri buat Anda yang telah biasa sedang pekerjaan dalam situasi kantor. Untuk itu, tentu perlu ada dua adaptasi biar dapat tetap produktif. Bersiap-bersiap mirip akan pergi ke kantor misalnya, dapat mengakibatkan semangat tersendiri lho.

1. Mandi

#dirumahaja bukan berarti bisa bebas tak mandi. Karena setelah mandi dan berganti busana bersih, otak kita mulai lebih terstimulasi bagi lebih bersiap menghadapi tugas harian

2. Ikuti jam kerja

Setiap perusahaan mempunyai kebijakan jam kerja fleksibel masing-masing. Mematuhi jam kerja tersebut mulai membuat WFH lebih terstruktur. Jangan lupa selingi dengan jam istirahat, seperti makan siang. Manfaatkan waktu ini juga untuk bertukar pengalaman lucu sedang pekerjaan jarak jauh dengan rekan lainnya

3. Komunikasi mesti tanpa hambatan

Komunikasi yaitu kunci utama. Memelihara komunikasi yang bagus dengan tim mengesankan Anda yakni pekerja profesional. Tak susah kan, mirip sedang pekerjaan di kantor kebanyakan

4. Tanggung jawab pekerjaan menjadi prioritas

Berusahalah online dan responsif saat jam kerja. Biasakan senantiasa cek email, group chat, atau company wide chat tools yang lain yg Anda gunakan. Cara ini efektif membuat Anda tak ketinggalan berita serta informasi penting seputar keadaan kantor dan tim

5. Terakhir, ciptakan ruang kerja tenteram

Ruang kerja nyaman di rumah tentu bisa diesuaikan degan gaya Anda masing-masing. Absah-sah saja bila Anda merasa bisa berfokus ketika bekerja di meja dapur atau di depan TV. Walau WFH bersifat sementara, tampaknya Anda patut menimbang-nimbang opsi membangun home office sendiri. Siapa tahu, kantor Anda malah menerapkan jam kerja lebih fleksibel di masa mendatang

Anak Tetap Aktif di Rumah

#dirumahaja juga menjadi suatu tantangan tersendiri buat keluarga dengan anak kecil. Seketika Anda mesti menjadi super parent yang dapat membagi waktu antara video conference dengan tim kantor dan mengawalanak bermain sambil belajar di rumah. Tetap tenang, triknya ada pada kelihaian Anda menerangkan situasinya pada anak.

1. Buat jadwal kerja

Saat WFH, ajak anak menjalankan tugasnya juga seperti layaknya di sekolah. Jika anak belum menerima kurikulum stay-at-home learning, Anda dapat coba mencarinya di platform digital seperti Ruang Guru, dll. Saat istirahat, Anda mampu mengajak anak buat beristirahat bersama. Seru ya?!

2. Kolaborasi kakak-adik

Latih kekompakan keluarga dengan menunjukkan tugas tambahan terhadap sang abang bagi mengawaladik berguru. Sekali-sekali giliran Anda untuk menahan diri tidak menginterupsi cara kakak berinteraksi dengan adiknya. Pada simpulan hari berikan mereka berdua apresiasi khusus. Caranya terserah Anda..

3. Siapkan mainan

Jam mencar ilmu anak pasti lebih sedikit jumlahnya ketimbang jam WFH Anda. Siasati dengan mainan baru yang menciptakan anak sibuk selagi Anda menyelesaikan sisa pekerjaan. Inilah saatnya memesan aneka macam mainan edukasi online. Ruparupa siap melayani Anda dengan pengantaran hingga ke rumah* aneka mainan yang tepat

Mainan edukasi

Boneka dan set mainan peran

Remote control & diecast

Board games, table games

Mainan olahraga

4. Berikan tugas khusus

Misalnya memberi makan binatang peliharaan keluarga atau bahkan mandi sore sendiri. Tak usah terlalu sewenang-wenang jikalau mereka gegabah. Tujuan dari peran khusus ini bahu-membahu hanyalah pengalih kebosanan. Jangan sampai acara #dirumahaja menjadi momok menakutkan seperti isolasi untuk mereka

5. Gadget time

Saat Anda mesti mengolah makanan makan malam dan membereskan rumah, belum dewasa menerima bonusnya. Permainan komputer kesukaan, Youtube channel, dll, pasti menjadi akhir yg mengasyikan. Anda pun dapat sedikit leluasa sedang pekerjaan di dapur tanpa kendala mereka

Makanan Sehat & Bergizi

dr. Joyce Bratanata, Sp.PD, KPTI, sebagai Dokter Spesialis Penyakit Dalam Siloam Hospital Semanggi mengatakan, yang berasal jangan berlebihan, silakan makan kuliner sehat dan bergizi. Oleh sebab itu, yuk akan rencanakan berbagai bahan segar bagi menciptakan masakan sehat Anda dan keluarga. Jika pilihan Anda jatuh pada sayur-sayuran, berikut panduan singkat sayur apa yg tahan hingga beberapa hari ke depan:

1. Sayuran hijau berdaun

Sebelum disimpan, basuh dulu sayur-mayur yang telah Anda beli, kemudian kemasan dengan kertas tissue atau plastik bening. Cara ini lebih efektif memperpanjang umur sayuran berdaun hijau Anda:

– Selada hingga 5 hari

– Bok choy hingga 3 hari

– Kol sampai 1 minggu

– Bayam dan kangkung hingga 3 hari

2. Sayuran hijau bukan daun

Sayuran hijau bukan daun biasanya mempunyai ketahanan yg cenderung lebih lama, kerena bentuknya lebih padat.

– Kubis hijau hingga 5 hari

– Brokoli, brussels sprout, kacang panjang, dan kembang kol sampai 1 minggu

– Asparagus hingga 2-3 hari

3.Sayuran buah

Poly sekali jenis sayuran buah di pasaran yang umum kami konsumsi.

– Paprika merah, kuning, dan jingga bertahan sampai 5 hari

– Paprika hijau sampai 1 ahad

– Cabai merah dan hijau sampai 2 minggu

– Terung dan ketimun sampai 5 hari

– Tomat sampai 5 hari, dalam suhu ruang

– Lemon dan jeruk nipis sampai 3 ahad

4. Sayuran umbi dan akar

Sayuran umbi dan akar seharusnya disimpan dalam tempat yang sejuk, gelap, tapi kering. Idealnya, Anda mampu menyimpan sayuran macam ini dalam lemari dapur atau keranjang sayur.

– Kentang dan labu bertahan sampai 5 hari

– Ubi dan wortel hingga 2 pekan

– Bit hingga 3 minggu

5. Sayuran batang dan rempah

– Daun kemangi dan daun bawang bisa bertahan hingga 3 hari

– Peterseli dan daun mint sampai 5 hari

– Seledri hingga 2 minggu

– Bawang merah sampai 1 bulan

– Bawang putih dan bawang bombai sampai 2 bulan

Hamir segala sayuran dapat bertahan lebih usang bila disimpan dalam kulkas. Hal ini disebabkan suhu acuh taacuh yang menangkal kemajuan kuman pembusuk. Namun bila sauran sudah tampak layu, menghitam, atau mempunyai bagian yang wangi sebelum waktu maksimalnya, tentukan Anda tidak memakannya ya.

Baca Juga : Tips Bangun Kekompakan Tim Selama Masa Work From Home

Rutin Olahraga

Anda yg belum sempat meneruskan resolusi rutin olahraga sejak permulaan tahun, yuk lanjutkan lagi. Pada periode darurat mirip ketika ini, stamina badan dibutuhkan tetap prima. Ujungnya yaitu menguatnya sistem imun tubuh kita juga. Contek beberapa inspirasi olahraga dalam ruang yg diusulkan situs Bola.com berikut:

1. Yoga

2. Jogging

3. Zumba

4. Skipping

5. Kardio

Konservasi Ekstra dari Corona

Persediaan masker pernapasan atau disinfektan menipis?

Tenang, Ruparupa milik seluruh keperluan santunan tambahan dari corona dengan harga wajar . Amannya lagi, barang tetap dikirim* ke tempat tinggal Anda. Inilah definisi yg sesungguhnya, tenang lindungi keluarga ketika #dirumahaja

Baca Juga : Desain Ruang Kerja di Rumah Untuk Maksimalkan Work From Home

Daripada ambil risiko pergi ke sentra perbelanjaan dan berjibaku dengan pembeli lainnya, yuk tetap #dirumahaja dan sedapat mungkin kerjakan semua kegiatan produktif bersama keluarga dari sana. Yakinlah bahwa keputusan bijak hari ini menunjukkan bantuan yang signifikan kepada penanganan penyebaran COVID-19 di negeri kita tercinta. Stay safe, everyone!

News Feed