oleh

Sempurna Menentukan Ukuran Koper Kabin

Saat ini kebanyakan orang lebih menentukan bepergian dengan pesawat buat mendatangi destinasi rekreasi maksudnya. Baik dalam rute domestik maupun internasional, pesawat sudah terbukti dapat memberikan ketentraman maksimal dengan waktu tempuh minimal.

Nah, untuk mampu menikmati bepergian dengan pesawat, tentu saja ada dua peraturan yang mesti Anda taati. Salah satunya yaitu masalah barang bawaan seperti ukuran koper kabin dan koper bagasi. Kaprikornus apa saja yg perlu diamati perihal hal ini? Yuk, kita simak.

Ukuran Koper Kabin

Saat hendak menghabiskan liburan singkat, akan lebih tenteram kalau kami menjinjing sesuatu koper saja untuk diletakkan di kabin pesawat. Hal ini biar kalian tak perlu repot-repot menanti bagasi yang hendak menyantap waktu liburan kita yang telah terbatas.

Selain lebih mudah, koper kabin juga lebih aman karena kita mampu memantau langsung koper bawaan kita masing-masing. Tak perlu lagi takut koper hilang atau dibuka secara paksa seperti dalam dua masalah koper yang diletakkan di bagasi.

Yang wajib Anda ingat, barang bawaan yg mampu Anda bawa dalam kabin tidaklah boleh sembarangan. Perhatikan dulu syarat-syarat membawa barang dalam kabin pesawat di bawah ini:

1. Setiap penumpang diizinkan menenteng sesuatu koper kecil dan sesuatu tas tenteng pribadi seperti tas laptop, tas kamera, atau tas jinjing.

2. Ukuran maksimal koper yg diperbolehkan dalam kabin yaitu 18 inci (45 cm), 19 inci (45 cm), dan 20 inci (51 cm).

koper kabin 19 inci
Luggo Koper 4 Roda 19 Inci – Abu Abu
koper kabin 20 inci
Passport Koper Aurora 20 Inci – Merah
LUGGO KOPER 4 RODA 18 INCI - BIRU NAVY_1
Luggo Koper 4 Roda 18 Inci – Biru Navy

3. Berat total koper dan bawaan kabin dihentikan lebih dari 7 kg. Adapun koper dengan berat tidak melampaui 7 kg tetapi mempunyai dimensi di atas 22 inci juga mesti masuk dalam bagasi.

Meskipun terdapat hukum biasa mirip di atas, ternyata beberapa maskapai juga menerapkan standar ukuran koper kabin yg berlawanan. Agar tidak kebingungan, berikut ini beberapa contoh ukuran koper kabin dalam cm dari aneka jenis maskapai penerbangan :

1. Ukuran Koper Kabin Garuda Indonesia

Ukuran koper kabin garuda

Maskapai ini memutuskan ukuran bagasi kabin maksimum adalah dengan panjang 56 cm, lebar 36 cm atau tebal 23 cm (22 inci), tetapi jumlah dari tiga dimensi tersebut tidak melampaui 115 cm atau berat 7 kg.

Tapi, ada juga pengecualian buat Economy Class CRJ dan ATR merupakan dengan batas maksimum panjang 41 cm, lebar 34 cm atau tebal 17 cm, tapi jumlah dari tiga dimensi tersebut tak melebihi 92 cm atau berat 7 kg.

2. Peraturan Maskapai Jetstar

Koper kabin jetstar

Jetstar menetapkan penumpang untuk optimal menjinjing 2 jenis barang yang boleh dibawa ke dalam pesawat, adalah barang penting dan barang kecil. Kedua barang tersebut maksimal memiliki total berat 7 kg.

Untuk ukuran koper kabin Jetstar, Anda diperbolehkan membawa tas maupun koper yang ukurannya tidak melebihi 56 x 36 x 23 cm (22 inci) dan harus muat di daerah penyimpanan atas. Sedangkan barang kecil bisa berupa tas tangan maupun tas laptop tipis yg mampu ditaruh di bawah dingklik.

3. Peraturan Maskapai AirAsia

Koper Airasia

Sama mirip Jetstar, ukuran koper kabin AirAsia maksimal yakni 56 x 36 x 23 cm (22 inci) dan mesti muat di kabin pesawat. Penumpang juga diperbolehkan 1 tas yg yang lain yang berskala lebih kecil mirip tas laptop, tas kecil, dan tas tangan. Besarnya tak boleh melebihi 40 x 30 x 10 cm dan harus muat di bawah bangku depan Anda. Jika digabungkan, keduanya juga dihentikan melebihi 7 kg.

4. Lion Air dan Wings Air

Koper kabin lion air

Ukuran koper kabin Lion Air maksimal yakni 40 x 30 x 20 cm (16 inci) dengan berat optimal 7 kg.

Sama mirip Lion Air, maskapai Wings Air juga memutuskan berat optimal 7 kg buat bagasi kabin. Tapi, bagi ukuran koper kabin maksimalnya yakni 35 x 30 x 20 cm.

6. Ukuran Koper Kabin Emirates

Koper kabin Emirates

Untuk Anda penumpang Emirates kelas ekonomi, maskapai ini mengijinkan Anda menenteng bagasi tenteng dengan berat optimal 7 kg. Ukurannya dilarang melampaui 55 x 38 x 20 cm.

Sedangkan, bagi kelas bisnis dan kelas penting, Anda mampu menjinjing 7 kg bagasi tenteng dan 7 kg koper atau tas busana. Tapi, ukuran koper Anda dilarang melebihi 45 x 35 x 20 cm, dan ukuran tas tangan Anda juga dilarang melampaui 55 x 38 x 20 cm. Ketebalan tas pakaiannya pun dilarang melampaui 20 cm saat dilipat.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Koper Yang Bagus

Nah, karena dua aturan yg berbeda ini, pastikan Anda selalu menyelidiki terlebih lalu setiap aturan resmi maskapai yang hendak Anda pakai. Jangan hingga liburan Anda terhambat cuma sebab dilema koper. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Editor : Erika Mulyadi

News Feed