oleh

Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Tanggal kelahiran Ki Hajar Dewantara yg jatuh pada tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas. Ki Hajar Dewantara ialah tokoh pencetus pendidikan di Indonesia, serta pelopor lembaga pendidikan Taman Siswa di Yogyakarta. Ki Hajar Dewantara yg lahir dari keluarga kaya mengusahakan semoga segala anak mampu mengenyam pendidikan pada abad pemerintahan Hindia Belanda. Apapun yang diperbuat oleh seseorang itu hendaknya mampu berfaedah buat dirinya sendiri, berfaedah buat bangsanya, dan bermanfaat untuk manusia di dunia pada umumnya

Jadikan setiap tempat selaku sekolah dan jadikan setiap orang selaku guru

– Ki Hajar Dewantara-

Pada zaman itu, cuma belum dewasa keturunan Belanda dan orang kaya Indonesia saja yg boleh mengenyam pendidikan. Karena kritiknya terhadap kebijakan pemerintahan kolonial Belanda, dia diasingkan ke Belanda. Setelah kembali ke Indonesia, Ki Hajar Dewantara pun mendirikan forum pendidikan Taman Siswa. Karena perjuangannya terhadap dunia pendidikan Indonesia.

Ki Hajar Dewantara ialah Menteri Pendidikan Republik Indonesia pertama setelah Indonesia merdeka. Dan sehabis beliau wafat pada tanggal 26 April 1959, beliau diangkat selaku jagoan nasional di bidang pendidikan, dan hari lahirnya ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Pada Hardiknas tahun ini, Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia mengusung tema “Percepat pendidikan yg merata dan berkualitas”. Hari Pendidikan Nasional ialah saat-saat untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme pada seluruh insan pendidikan. Serta sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mengingatkan kembali filosofi dan nilai usaha Ki Hajar Dewantara dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia.

Selamat Hari Pendidikan Nasional, ayo percepat pendidikan yg merata dan bermutu bagi seluruh anak Indonesia!

Lengkapi banyak sekali keperluan tas anak dan remaja dalam rangkaian koleksi tas bermutu dari Ruparupa.com.

News Feed