oleh

Sedia Alat Pemadam Api Sebelum Kebakaran Terjadi

Alat pemadam api atau biasa disebut APAR (Alat Pemadam Barah Ringan) ialah alat pemadam kebakaran portabel, alasannya cuma berupa tabung berskala kecil sampai sedang dengan berat 1-9 Kg. Ciri umum APAR adalah mudah dibawa kemana pun. Sedangkan fungsi terutama yakni menguasai titik api atau kebakaran yg masih bisa terkontrol.

Ketahui Penyebab Kebakaran Menurut Kelasnya:

1. Kelas A

Adalah kebakaran disebabkan oleh materi mudah terbakar, mirip kertas, plastik, dll.

2. Kelas B

Adalah kebakaran dengan reaksi berantai yg bersumber dari cairan atau gas yg mudah terbakar yang mencakup bensin, minyak, propana, atau gas alam.

3. Kelas C

Adalah kebakaran yg dipicu oleh non-konduktor, mirip percikan api pada peralatan listrik hidup.

Secara sederhana, cara kerja APAR adalah memecah reaksi berantai kebakaran itu dengan melapisi permukaan api dengan material yang terkandung di dalamnya. Nah, material APAR ada berbagai macam. Kenali apalagi dulu, biar tak tertipu ketika berbelanja APAR secara daring:

1. Dry Chemical Powder / Serbuk Kimia kering

Dapat menangkal kebakaran kelas A, B, dan C, namun dapat meninggalkan residu yg merusak alat elektro

2. Carbon Dioxide / Co2

Hanya mampu mencegah kebakaran kelas B dan C, tetapi tidak meninggalkan residu yang menghancurkan alat elektro

3. Foam AFFF / Cairan Busa

Hanya bisa menangkal kelas kebakaran A dan B. Perlu dikenang bahwa APAR berisi foam AFFF dihentikan dipakai bagi memadamkan kebakaran kelas C atau akhir korsleting listrik, alasannya foam AFFF bersifat menghantarkan anutan listrik

4. Hallon Free / Pengganti Hallon

Bisa menangkal kebakaran kelas A, B, dan C dan tak meninggalkan residu pada saat dipakai. Plus materialnya aman, tidak mampu menghantarkan listrik

Saat ini Alat Pemadam Api Ringan sungguh mudah di mampu secara daring, termasuk di Ruparupa. Yuk, lihat opsi produknya di sini:

Elide Fire Ball Bola Pemadam Kebakaran

Elide Fire Ball Bola Pemadam Kebakaran (Apar)Bola ini hanya akan aktif ketika terjadi kontak langsung dengan nyala api. Keunggulan Elide Fire Ball Bola, diantaranya:

– Mudah digunakan oleh siapa saja, alasannya mempunyai berat cuma 1.3 Kg

– Cocok untuk memadamkan kebakaran kelas A, B, C, dan E

– Saat bola dipakai, maka akan memancarkan bunyi alarm

– Bola tak memerlukan pemeliharaan selama 5 tahun, sebelum digunakan

– Materialnya terbuat dari serbuk kimia kering 94% MAP, yg kondusif buat dipakai sekitar manusia dan binatang

Servvo Alat Pemadam Api A,B,C Powder

Servvo Alat Pemadam Api Abc Powder - CrAlat Pemadam Api dari Servvo menggunakan material nitrogen (N2) dan serbuk kimia kering PC ABC 90% (UL). Keunggulan utama Alat Pemadam Api ini ialah:

– Desain tabungnya berupa silinder tanpa las dengan waktu semprot 11.2 detik dan jarak semprot 2-9 M

– Serta mampu memadamkan api bersuhu -20 s.d 60 derajat celcius

Servvo Alat Pemadam Api A,B,C Powder juga tersedia dalam tiga ukuran tabung dengan nozzle akan dari 1 Kg, 3 Kg, dan 6 Kg, plus Servvo ukuran 1 Kg dengan bracket penggantung

Tabung Pemadam Portabel Fire Stop

Tabung Pemadam Portabel Fire StopMerupakan alat pemadam api darurat berbentuk spray dengan isi hanya 400 Ml. Materialnya memakai formula yang tak beracun dan ramah lingkungan. Sehingga Tabung Pemadam Portabel Fire Stop cocok diposisikan pada kendaraan beroda empat, van, caravan, tenda, atau perahu Anda

Setelah berbelanja alat pemadam api ringan, pastikan membaca apalagi dahulu kode penggunaannya semoga Anda tak panik dan lebih bersiap dikala terjadi kebakaran.

Cara Penggunaan APAR:

1. Tarik pin pengaman yang berupa mirip kunci pada bagian APAR

2. Peganglah tabung dan arahkan selang pada titik api

3. Tekan tuas pegangan/katup, yg umum terletak di atas tabung, untuk mengeluarkan isi tabung

4. Semprotlah dari segi ke segi dengan gerakan seperti menyapu. Selalu ingat, semprotkan APAR ke sumber api, bukan ke lidah api

Jangan Panik! APAR memang bersifat cuma sebatas memadamkan api pada permulaan kebakaran kecil dan dalam waktu tak lebih dari 3 menit bagi materi cair dan gas, serta tidak lebih dari 10 menit untuk materi padat. Segera hubungi pemadam kebakaran terdekat untuk penanganan kebakaran lebih lanjut.

News Feed