oleh

Rumah Risha: Residensial Murah Tahan Gempa, Cocok Bagi Milenial

Sedang mencari rumah idaman dengan harga yg ramah kantong? Tenang, Anda bisa lho mendapatkan rumah yg tahan gempa dengan harga terjangkau. Yaitu dengan rumah RISHA. Nah, ingin tahu lebih lanjut soal macam rumah ini? Yuk, cek artikel berikut ini. Rumah ini juga mampu menjadi solusi yang tepat buat Anda para milenial yg melakukan mencari rumah, lho.

Apa Itu Rumah RISHA?

RISHA sendiri ialah singkatan dari Rumah Instan Sederhana Sehat. Rumah ini adalah rumah pantas huni dan terjangkau yang dibangun secara sedikit demi sedikit berdasarkan modul. Waktu yg diperlukan dalam proses pembangunan setiap modul sendiri ialah 24 jam oleh 3 pekerja.

Nah, mengapa dibilang rumah ini sangat sesuai bagi kaum milenial? Karena pada kenyataannya harga rumah yg selalu berkembangdari tahun ke tahun. Hal ini yaitu ancaman serius untuk anak muda Indonesia. Dan juga, rata-rata kenaikan penghasilan setiap tahun justru tak sebanding dengan kenaikan harga rumah tersebut.

Harga rumah RISHA sendiri, dilansir dari Kompas.com memerlukan biaya minimal Rp 27 juta bagi mendirikan struktur bangunan RISHA tipe 36 bila ditambah fondasi.

Rumah RISHA Dibangun dengan Konsep Knock Down

rumah risha knock down
Sumber : eproduklitbang.pu.go.id

RISHA merupakan rumah dengan desain knock down yang memiliki arti proses pembangunannya tidak membutuhkan semen dan bata, tetapi dengan menggabungkan panel-panel beton dan baut. Maka dari itulah pembangunan rumah ini bisa terselesaikan dengan waktu jauh lebih singkat.

Nah, meskipun dibangunnya cepat dan harganya tergolong murah, hening, material yang digunakan untuk membangun rumah RISHA juga tidak sembarang pilih lho, Ruppers! Rumah ini dibangun dengan beton bertulang yg dibuat dari adonan semen, pasir dan watu buat material strukturnya. Untuk lantai, digunakan balok loteng dan papan kayu selaku konstruksinya.

Terdapat juga 3 panel yg digunakan bagi menyusun rumah RISHA merupakan panel berbentuk balok, berupa kolom, dan berupa siku (yg difungsikan untuk mengunci rangka pada bagian pojok). Setiap panelnya memiliki lubang mur dan baut yg digunakan buat menyambung panel-panel yg berlainan.

Dan, jangan khawatir. Rumah ini sudah menyanggupi patokan rumah pantas huni SNI, lho. Selain itu RISHA juga diklaim mampu tahan gempa. Wah, benar-benar bisa menjadi solusi yg tepat untuk Anda yang sedang mencari rumah nih!

Kelebihan dan Kekurangan Rumah RISHA

Tapi, perlu diingat. Setiap hal niscaya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Termasuk juga RISHA. Selain mempunyai dua keunggulan ialah cepat dibangun, harga yang lebih hemat biaya, tahan gempa, movable alasannya dibangun dengan rancangan knock down, ringan, ramah lingkungan, dan mampu dimodifikasi sebagai kantor, sekolah, dan yang lain-yang lain, rumah ini tentu juga mempunyai kelemahan.

Kekurangan rumah RISHA adalah ukurannya yg terbilang kecil, mempunyai rancangan yang kaku, dan proses maintenance-nya yang agak rumit alasannya membutuhkan material penyusun khusus (mirip panel dengan bentuk tertentu) yg belum diperjualbelikan secara bebas. Juga, kekurangan yg yang lain yakni daya tahannya kepada beban yg rendah. Setiap meter persegi rumah ini cuma dapat menahan beban optimal 125 kg. Untuk itulah, Anda tidak dianjurkan buat memuat banyak barang di dalamnya atau ditempati banyak anggota keluarga.

Rekomendasi Furnitur

Bagi Anda yang tertartik mempunyai rumah macam ini, jangan lupa untuk mengisi rumah dengan gaya furnitur yang tepat. Karena RISHA sangat sesuai dengan tema minimalis, berikut dua usulan produk furnitur yang dapat menciptakan interior rumah Anda bernuansa terbaru minimalis:

Sofa Bed

sofa
Beli disini

Sofa bed sangat cocok dihadirkan pada ruangan yg sempit. Anda bisa mendatangkan sofa dengan desain mirip ini pada ruang tamu di rumah Anda.

Set Meja Makan

meja makan
Beli disini

Untuk meja makan, Anda juga bisa memilih set meja makan yang bisa dilipat agar mampu lebih meminimalisir ruang. Contohnya seperti rancangan meja diatas ini, Ruppers.

Loka Tidur

tempat tidur
Beli disini

Terakhir, Anda bisa menaruh daerah tidur berdesain minimalis pada kamar tidur di rumah. Pilihlah kawasan tidur dengan ukuran yg tidak terlalu besar supaya sesuai dengan rumah RISHA.

Jadi, tertarik untuk mempunyai rumah jenis ini? Jangan lupa lengkapi mebel rumah Anda dengan membeli di Ruparupa.com ya bagi mendapatkan banyak sekali penawaran menariknya!

News Feed