Skip to main content

Tempat Pinjam Uang Selain Bank

Tempat Pinjam Uang Selain Bank
5/5 (3)

Tempat Pinjam Uang Selain Bank

Tempat Pinjam Uang Selain BankTempat Pinjam Uang Selain Bank – Saat kondisi mendesak dan segera membutuhkan dana, maka kebanyakan orang akan memilih solusi untuk meminjam uang sebagai pilihan alternative. Dan kebanyakan orang pastinya akan mengajukan pinjaman di bank. Selama ini masyarakat di Indonesia memang selalu mengandalkan bank untuk tempat mengajukan pinjaman dana tunai, baik tanpa maupun dengan jaminan. Alasan utamanya, tentu saja karena keamananannya yang terjamin serta limit untuk dana pinjaman yang diajukan juga terbilang tinggi. Namun perlu anda ketahui jika tak semua pengajuan pinjaman yang anda ajukan ke bank akan disetujui. Dan hal ini lah yang mengharuskan anda untuk mencari tempat alternative lainnya untuk meminjam dana dengan cepat. tanpa disadari, sebenarnya ada banyak tempat yang bisa dituju saat sedang membutuhkan dana dengan cepat selain bank. Dan pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai tempat pinjam uang selain bank yang bisa dicoba. Namun sebelum membahas hal tersebut, anda juga perlu mengetahui alasan mengapa pengajuan dana kepada pihak bank ditolak seperti di bawah ini

  • Tidak Memenuhi Persyaratan, faktor ini menjadi salah satu alasan yang paling umum mengapa permintaan pinjaman dana tunai yang anda ajukan tidak diterima oleh bank. Hal ini dikarenakan calon nasabah tidak memenuhi persyaratan-persyaratan yang diajukan bank, seperti minimal usia, minimal pendapatan per bulan yang masih kurang, hingga tidak mempunyai kartu kredit. Sehingga anda bisa mengecek syarat-syarat yang sudah anda penuhi, periksa kembali. Bisa saja ada persyaratan yang lupa untuk anda masukkan
  • Dokumen Tidak Lengkap, perlu anda ketahui jika kelengkapan dokumen menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pengajuan pinjaman online. Meskipun persyaratan sudah terpenuhi semua, namun dokumen yang diberikan tidak lengkap maka sudah pasti jika pengajuan pinjaman anda akan ditolak. Biasanya untuk dokumen yang diminta antara lain adalah fotokopi KTP, fotokopi NPWP, fotokopi rekening tabungan, slip gaji, dan lainnya
  • Tidak Lolos BI Checking, jika semua persyaratan dan dokumen sudah terpenuhi namun pengajuan pinjaman masih tidak disetujui maka bisa jadi jika anda tidak lolos BI Checking. Jika begitu, coba ingat-ingat kembali apakah anda masih mempunyai tunggakan hutang yang belum terselesaikan ataupun pembayaran hutang yang selalu telat. Inilah yang bisa menyebabkan anda tidak lolos pada BI Checking.

Meminjam Kepada Keluarga Atau Teman

Salah satu solusi utama yang bisa anda gunakan untuk meminjam uang selain bank adalah meminjam kepada keluarga dan saudara. Saat anda mengalami kebutuhan yang mendesak, seperti biaya rumah sakit, biaya pendidikan, renovasi rumah dan lainnya, maka keluarga menjadi tempat yang paling tepat saat mendapatkan kesulitan. Keluarga yang baik tentunya akan selalu memberikan bantuan dan dukungan yang dibutuhkan. Untuk itulah tak ada salahnya untuk menghubungi anggota keluarga untuk bisa mendapatkan pinjaman uang. Paling aman dan nyaman yang pertama adalah meminjam kepada orang tua, kemudian saudara kandung, setelah itu baru anggota keluarga lainnya. Selain keluarga, teman juga menjadi pilihan terbaik untuk tempat meminjam uang. Pastinya setiap orang mempunyai teman karib atau teman seperjuangan saat sekolah atau bekerja. Dan teman inilah yang siap membantu kapanpun dibutuhkan, meskipun untuk meminjamkan anda uang. Oleh karena itu, jangan ragu jika anda ingin mengajukan pinjaman kepada teman-teman lama anda.

Meskipun tak jarang keluarga bisa memberikan bantuan secara cuma-Cuma tanpa harus mengembalikan, tetap saja ada resiko-resiko yang perlu diperhatikan seperti:

Uang Bisa Mengubah Kepribadian Seseorang

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Kansas State University di tahun 2013, pertengkaran yang terjadi akibat uang menajdi faktor utama yang menyebabkan berakhirnya pernikahan. Dan bisa jadi orang yang terdekat bagi anda dapat berubah saat uang menjadi masalah. Uang bisa mengubah kepribadian seseorang di dalam bisnis, tanpa disadari. Intinya, keluarga, teman dan orang terdekat anda bisa menjadi musuh dikarenakan masalah uang dan hutang.

Sulit Mengembalikan Uang

Anda mungkin bisa saja mengalami kesulitan untuk mengembalikan uang yang dipinjam. Misalnya saja jika uang yang dipinjam digunakan untuk bisnis, tentunya idbutuhkan waktu bertahun-tahun hingga balik modal. Jika anda meminjam kepada keluarga atau teman untuk kebutuhan seperti ini, maka pikirkan resiko ini. saat anda sama sekali tiak memiliki sepeser uang pun untuk mengembalikan hutang-hutang tersebut kepada keluarga maupun teman, maka hubungan bisa saja menjadi runyam.

Melihat resiko-resiko diatas, mungkin anda bisa mencoba trik di bawah ini untuk meminjam uang kepada keluarga maupun teman.

  • Bicarakan Dengan Serius, meminjam uang kepada keluarga maupun teman dapat menjadi hal yang besar. Untuk itulah penting bagi anda untuk menyampaikan maksud dan tujuan anda dengan serius. Jelaskan secara rinci, mengapa pinjaman tersebut anda butuhkan. Jika digunakan untuk berbisnis, maka apstikan jika keluarga atau teman yang meminjamkan uang kepada anda mengetahui bagaimana perkembangan usaha yang anda jalankan.
  • Jangan Meminjam Berlebihan, meskipun meminjam uang kepada keluarga dan teman dianggap mudah, namun jangan meminjam uang secara berlebihan. apalagi jika peminjamnya merupakan orang yang lebih tua, pastikan jika orang tersebut tidak akan mengalami kerugian saat anda mengalami kesulitan dalam membayar
  • Jujur Dengan Resiko, Tentu saja kerabat maupun keluarga anda juga harus mengetahui tentang resiko yang bisa saja anda hadapi. Misalnya saja anda meminjam uang untuk berbisnis, pastikan mereka mengetahui resiko usaha yang mungkin anda hadapi. Dengan begitu, baik anda dan pihak peminjam uang sama-sama bisa mengantisipasinya.
  • Perjanjian Hitam Diatas Putih, meskipun atas dasar kekerabatan dan kekeluargaan, tetap saja dibutuhkan perjanjian tertulis dan resmi dari kedua belah pihak mengenai masalah hutan. Meskipun terkesan formal, namun ini sangat penting dilakukan agar menghindari resiko-resiko diatas yang bisa saja terjadi. Terkadang penyampaian secara lisan tidak cukup dalam menyelesaikan sebuah permasalahan
  • Pisahkan Kepentingan Bisnis Dan Keluarga, cobalah untuk memisahkan antara kepentingan keluarga maupun teman dengan kepentingan bisnis yang anda jalani dengan modal pinjaman yang digunakan. Kondisi seperti ini bisa membuat orang menajdi bosan dan mlah akan merusak hubungan baik anda dengan keluarga atau teman.
  • Mengutamakan Keluarga, Jika anda menerima pinjaman dari keluarga atua teman, dan kemudian memiliki dana lebih di kemudian hari maka dahulukan untuk segera melunasi hutang-hutang anda.

Meminjam Di Koperasi

Koperasi juga dapat menjadi solusi tempat pinjam yang selain bank yang mudah dan cepat bagi anda yang sedang membutuhkan dana terdesak maupun modal pinjaman untuk bisnis. untuk bisa meminjam di koperasi sebenarnya tidak sulit, bahkan syarat-syarat yang dipenuhi cukup mudah jika dibandingkan dengan mengajukan pinjaman ke bank. Calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman harus terlebih dahulu menjadi anggota koperasi dan kemuadian barulah bisa mengajukan pinjaman sesuai dengan yang dibutuhkan. Hal ini sejalan dengan tujuan utama berdirinya koperasi yaitu mensejahterakan anggota-anggotanya. Peraturan mengenai koperasi ini sudah diatur di dalam UU No.25 tahun 1992 mengenai Perkoperasian dimana tertulis “Koperasi adalah badan usaha yang mempunyai anggota ataupun badan hukum koperasi dengan melaksanakan kegiatan yang sesuai prinsip koperasi, sehingga sebagai gerakan ekonomi kerakyatan yang berpedoman asas kekeluargaan”

Syarat Meminjam Di Koperasi

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya jika anda mengetahui berbagai persyaratan yang dibutuhkan ketika ingin mengajukan pinjaman. Persyaratan-persyaratan di bawah ini sangat penting dan harus dipenuhi sehingga pinjaman anda bisa disetujui oleh koperasi, antara lain adalah:

  • Sudah sah menjadi anggota koperasi ataupun calon anggota koperasi
  • Mengisi formulir untuk mengajukan pinjaman dengan benar dan lengkap
  • Fotokopi KTP (suami istri jika sudah menikah)
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi rekening listrik
  • Fotokopi slip gaji (bagi pegawai)
  • Fotokopi jaminan

Setelah semua persyaratan yang diajukan sudah terpenuhi, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah selanjutnya untuk mengajukan pinjaman modal.

  • Melengkapi pengajuan pinjaman dengan menyertakan proposal terkait penggunaan dana pinjaman secara detail, misalnya untuk bisnis dan lainnya
  • Pengurus koperasi nantinya akan mempertimbangkan mengenai proposal pengajuan pinjaman yang anda miliki apakah sesuai dengan prosedur peminjaman. Jika proposal tersebut bagus, maka kemungkinan besar jika pinjaman anda disetujui nantinya.
  • Jika pengajuan pinjaman di setujui, maka nantinya anda akan diminta untuk mengisi akad mengenai pinjaman koperasi. Di dalamnya tertulis besaran dana yang disetujui dan dicairkan beserta kesepakatan waktu pengembalian pinjaman

Kelebihan Meminjam Di Koperasi

Bagi anda yang mengajukan pinjaman di koperasi, perlu anda ketahui jika ada beberapa kelebihan yang bisa anda peroleh saat mengajukan pinjaman di bank, yaitu:

  • Mekanisme pinjaman yang cukup mudah, apalagi jika dibandingkan dengan pengajuan pinjaman di bank. Koperasi jauh lebih mudah dipahami serta tidak memiliki mekanisme yang terlalu banyak. apalagi jika anda sudah mengenal pengurus koperasi di dalamnya maka proses pencairan dana bisa berlangsung lebih cepat
  • Proses pengajuan dan pencairan dana juga akan lebih cepat jika semua persyaratan yang diajukan sudah dipenuhi. Bahkan ada beberapa pengajuan pinjaman yang dapat langsung cair di saat itu juga. Inilah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh koperasi yang mungkin tidak bisa didapatkan pada bank.
  • Dapat mengajukan pinjaman tanpa harus ada jaminan. Meskipun tak semua koperasi menjalankan hal tersebut, namun ada beberapa pinjaman pada nominal tertentu yang tidak memerlukan jaminan saat proses pengajuan pinjaman. Sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang memang tidak mempunyai aset atau barang berharga untuk menjadi jaminan
  • Suku bunga cukup rendah dibandingkan dengan bank atau lembaga keuangan lainnya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika berdirinya koperasi bertujuan untuk mensejahterakan anggota-anggota di dalamnya, sehingga tak heran jika suku bunga yang dibebankan saat peminjaman juga akan lebih rendah

Kekurangan Meminjam Di Koperasi

Selain kelebihan, ada pula kekurangan-kekurangan yang perlu anda perhatikan saat ingin mengajukan pinjaman uang di koperasi, antara lain:

  • Adanya keterbatasan di dalam bidang permodalan. Terutama bagi koperasi baru, pasti akan mengalami sedikit kesulitan untuk bisa mendapatkan modal sehingga pengajuan pinjaman yang ditawarkan juga terbatas
  • Mempunyai daya saing yang lemah. Jika dibandingkan dengan badan usaha lainnya yang bergerak dalam bidang keuangan maka koperasi jelas kalah dalam bersaing
  • Rendahnya kesadaran yang dimiliki oleh setiap anggota juga menjadi kekurangan yang perlu diperhatikan. Tujuan utama dari berdirinya koperasi adalah untuk bisa mensejahterakan anggota-anggotanya. Namun kesadaran yang dimiliki anggota masih cukup rendah terutama dalam iuran rutin yang wajib bagi anggota koperasi
  • Koperasi sangat kurang dalam kemampuan tenaga professional sehingga menyebabkan koperasi sangat sulit untuk bisa maju

Tarik Tunai Kartu Kredit

Jika anda memang membutuhkan dana pinjaman yang sangat mendesak, maka tarik tunai kartu kredit bisa menjadi salah satu solusi terbaik karena memang caranya yang terbilang simple. Hanya saja biaya admin dan bunga pinjaman yang cukup besar. Jika anda bisa melunasi semua pinjaman sebelum jatuh tempo di bulan depannya, maka tarik tunai kartu kredit sama sekali tidak memberatkan anda. yang terpenting adalah bagaimana anda harus komitmen untuk membayar penuh di bulan depannya. Sehingga biaya yang dikeluarkan di bulan depan hanyalah biaya administrasi tanpa terkena bunga pinjaman.

Lalu apa yang dimaksud dengan tarik tunai kartu kredit? Meskipun sama-sama dilakukan di ATM, namun tarik tunai kartu kredit berbeda dengan tarik tunai kartu debet. Jika tarik tunai kartu debet, maka uang yang anda ambil adalah uang yang ada di dalam rekening pribadi anda. Sedangkan utnuk kartu kredit, uang yang didapatkan bukan berasal dari rekening melainkan pinjaman dari bank yang menjadi penerbit kartu kredit. Dan tentu saja jika pinjaman nantinya akan ada waktu untuk pengembalian dan pastinya dikenai beban bunga. Untuk proses tarik tunai kartu kredit memang terbilang mudah dan cepat, anda bisa melakukan dimanapun dan kapanpun asal menemukan ATM yang mempunyai logo Visa atau Mastercard. Dan untuk nominal yang bisa anda pinjam adalah 40-60% dari total limit. Ada beberapa hal ketentuan yang perlu anda perhatikan saat ingin melakukan tarik tunai kartu kredit.

  • Bunga tarik tunai kartu kredit yang ditetapkan Bank Indonesia adalah maksimal 2,25% per bulan atau 26,95% per tahun. Dan besarnya bunga maksimal tersebut akan diberlakukan ketika nasabah tidak melunasi tagihan kartu kredit
  • Sama seperti pinjaman lainnya, kartu kredit juga mempunyai biaya tambahan yang berbeda di masing-masing bank penerbit kartu kredit. Misalnya saja pada bank BRI mempunyai biaya administrasi kurang dari 4% nominal tarik tunai ataupun Rp 60.000/transaksi
  • Ketika mengajukan atrik tunai kartu kredit, anda tidka perlu khawatir dengan keamananannya karena terdapat perlindungan konsumen. Tentu saja fasilitas tarik tunai kartu kredit ini memang ditawarkan oleh bank yang menerbitkan kartu kredit tersebut. Sehingga jika ada masalah, anda bisa langsung menghubungi pihak bank yang bersangkutan
  • Proses penarikan pinjaman juga cepat, karena anda hanya perlu ke ATM saja
  • Dan untuk pembayaran tagihan, nantinya akan ditotal dengan jumlah tagihan kartu kredit per bulannya. Anda bisa bayar dengan cicilan minimum, namun resiko nya tentu saja besar bunga di bulan depannya akan berkembang.

Keuntungan Tarik Tunai Kartu Kredit

  • Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pinjaman memang menjadi solusi terbaik. Tak dapat dipungkiri ada banyak kondisi darurat yang menyebabkan anda membutuhkan dana segera, misalnya saja saat sedang mengalami musibah atau sakit dan membutuhkan pembiayaan. Jika rumah sakit tersebut tidak menyediakan asilitas untuk swipe kartu debet atau kredit, maka tarik tunai kartu kredit bisa menjadi solusi yang tepat. Apalagi jika rumah sakit tersebut berada di daerah yang terpencil dan tidak menyediakan EDC untuk sarana pembayaran maka kartu kredit bisa menjadi salah satu solusi alternative.
  • Prosesnya cepat, karena anda hanya perlu pergi ke ATM dan melakukan penarikan dana seperti menggunakan kartu debet.
  • Jika pembayaran cicilan langsung lunas di bulan depannya, maka tentunya anda tidak akan mendapat bunga kredit. Cukup menguntungkan bukan?

Kekurangan Tarik Tunai Kartu Kredit

Dibalik kemudahan dan keunggulan yang dimilikinya, tentu saja cara ini juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan bagi setiap pemilik kartu kredit. Kerugian tarik tunai kartu kredit sebenarnya cukup banyak. Yang pertama yang harus diperhatikan adalah mengenai besar bunga serta biaya yang harus dibayarkan saat pembayaran cicilan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya rata-rata ban penerbit kartu kredit menetapkan bunga untuk tarik tunai kartu kredit sebesar 4% atau sekitar Rp 50.000., tergantung mana yang lebih besar dan itu yang menjadi acuan. Belum lagi ditambah dengan bunga kartu kredit sebesar 2,95% dari jumlah tagihan kartu kredit bulanan. Untuk masalah bunga kartu kredit, perlu diketahui jika masing-masing bank penerbit mempunyai ketentuan yang berbeda terkait besarnya bunga kredit. Namun menurut peraturan yang sudah ditetapkan oleh Bank Indonesia, maksimal bunga kartu kredit adalah sebesar 2,95% dan itu bisa terus berkembang jika anda tidak sgeera melunasi cicilan kartu kredit. Untuk itu pikirkan matang-matang kembali sebelum akan melakukan tarik tunai. Jika pun harus melakukan tarik tunai kartu kredit, maka pastikan jika kondisi tersebut benar-benar mendesak dan jangan lupa untuk segera melunasi pinjaman tersebut.

Meminjam Di Pegadaian

Siapa yang tidak mengenal Pegadaian? Mungkin bagi anda yang sering menggadaikan barang untuk meminjam dana sudah mengenak perusahaan milik Negara ini. Pegadaian memang menjadi salah satu tempat rekomendasi bagi anda yang ingin mengajukan pinjaman dana non bank. Namun untuk mengajukan pinjaman di pegadaian, anda harus mempunyai jaminan. Anda bisa memberikan barang-barang berharga maupun aset untuk mencairkan pinjaman anda. Barang yangd apat dijadikan jaminan seperti kendaraan, perhiasan, dan barang elektronik. Dan jangan khawatir, tempat pinjam uang selain bank ini sangat aman sehingga anda tidak perlu khawatir kehilangan barang yang anda gadaikan. Anda cukup membawa barang yang ingin digadaikan dan nantinya pihak pegadaian akan menaksir berapa nominal maksimal dana pinjaman yang anda ajukan. Untuk kisaran bunga pinjaman mulai dari 0,75% hingga 1,15%. Dan tersedia pula waktu tenor pengembalian yang cukup panjang hingga 120 hari. Bagi anda yang ingin mengajukan pinjaman di Pegadaian, anda perlu tahui jika PT. Pegadaian sendiri mempunyai 3 produk peminjaman dana yang ditawarkan dan bisa menjadi bahan pertimbangan anda.

Kredit Cepat Aman atau KCA

Jenis pinjaman ini merupakan yang paling populer dalam produk pinjaman dana yang ditawarkan Pegadaian. Sesuai dengan namanya, produk pinjaman ini menjadi solusi terbaik bagi masyarakat yang sedang membutuhkan dana pinjaman dengan cepat, mudah dan aman. KCA merupakan kredit dengan menggunakan sistem gadai yang ditawarkan kepada semua nasabah, baik untuk kebutuhan produktif maupun konsumtif. Untuk bisa mendapatkan pinjaman tersebut, calon nasabah hanya perlu untuk mendatangi kantor Pegadaian dan membawa jaminan seperti laptop, handphone, perhiasan emas, kendaraan atau barang elektronik lainnya. Dan untuk jumlah pinjaman yang ditawarkan mulai dari Rp 50.000 – Rp 500.000.000. Untuk proses pencairan dana juga sangat cepat, hanya dalam 15 menit saja. Untuk jangka waktu pinjama maksimal 4 bulan dan bisa diperpanjang dengan membayar angsuran dari sebagian uang pinjaman. Lalu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi?

  • Fotokopi Identitas Diri, KTP, SIM, atau Paspor
  • Menyerahkan jaminan, misal jika anda ingin menjaminkan kendaraan bermotor maka anda bisa membawa BPKP dan STNK asli
  • Kemudian menandatangani SBK atau Surat Bukti Kredit

KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran)

Tak jarang banyak orang yang terdesak dan membutuhkan dana yang tidak sedikit, seperti untuk biaya masuk universitas, renovasi rumah, dan lainnya. Dan tentu saja ini membuat bingung dimana tempat mencari pinjaman dalam jumlah besar yang pas selain di bank. Pegadaian mempunyai produkyang dinamakan KRASIDA atau Kredit Gadai Sistem Angusran dimana produk pinjaman dana ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk mengajukan pinjaman ini, calon nasabah bisa mendatangi kantor Peggadaian dan membawa dokumen-dokumen persyaratan seperti:

  • Kartu identitas diri, seperti KTP
  • KK
  • Menyerahkan jaminan yang diajukan

Ada beberapa keuntungan jenis pinjaman KRASIDA ini yang perlu anda ketahui, antara lain adalah:

  • Pinjaman bisa mencapai 95% dari taksiran anguran
  • Waktu pengembalian pinjaman beragam, mulai dari 6,12,24, sampai 36 bulan
  • Angsuran yang dibayarkan setiap bulan sama/tetap
  • Nominal pinjaman Rp 1.000.000 – Rp 250.000.000

Kreasi

Pegadaian juga mempunyai produk pinjaman dana yang ditujukan bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan modal untuk mengembangkan bisnis yang bernama Kreasi. Pada pinjaman ini, Pegadaian menawarkan pinjaman dengan menggunakan sistem Fidusia. Dimana sistem ini barang yang dijadikan sebagai jaminan hanya berupa surat-suratnya saja. Semisal kendaraan bermotor, hanya berupa BPKP Asli, fotokopi STNK, serta faktur pembelian. Sehingga kendaraan yang dijadikan jaminan tetap bisa digunakan. Namun untuk bisa mengajukan pinjaman Kreasi, calon nasabah haruslah mempunyai usaha atau bisnis yang masuk ke kriteria yang dimiliki Pegadaian, salah satunya yaitu usaha tersebut sudah berjalan minimal 1 tahun. Dan untuk persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi antara lain adalah:

  • Identitas diri seperti KTP
  • KK (kartu Keluarga)
  • Surat Nikah (bagi yang sudah berstatus menikah)
  • Dokumen kepemilikan kendaraan, BPKP Asli, Faktur Pembelian, STNK, ataupun Bukti Pemilik Hak Tempat Berjualan

Untuk proses pinjaman dana terbilang sangat cepat dan mudah. Bahkan calon nasabah juga bisa mendapatkan nominal pinjaman yang cukup besar mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 200.000.000.

Dan itu tadi 3 jenis pinjaman yang ditawarkan oleh Pegadaian. Setiap jenis pinjaman mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa mempertimbangkan salah satunya sebagai tempat pinjam uang selain bank yang mudah dan cepat serta tidak beresiko. Yang paling penting sesuaikan degan kebutuhan anda.

Cara Mengajukan Pinjaman Online Selain bank

Sesuai dengan namanya, pinjaman uang online merupakan produk peminjaman dana yang semua prosesnya dilakukan secara online melalui internet. Sehingga anda tidak perlu lagi dana ke bank maupun lembaga keuangan yang memberikan pinjaman lainnya. fasilitas pinjaman uang online ini rata-rata dalam bentuk KTA atau kredit tanpa agunan yang proses pencairan dana pinjamannya sangat cepat. Untuk fasilitatornya meliputi bank, lembaga non bank, perantara, dan fintech. Anda tinggal melakukan regristasi pada situs tempat pinjam uang online dan kemudian melampirkan scan dari dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan. Nantinya pihak penyedia pinjaman online akan memverifikasi data yang dikirimkan. Dan jika disetujui, maka nasabah akan dihubungi dan uang pinjaman akan langsung segera di transfer ke rekening pribadi.

Persyaratan Pinjaman Online Selain Bank

Sama seperti pengajuan pinjaman dana tunai di bank, calon nasabah haruslah memenuhi segala persyaratan yang diajukan agar pinjaman online bisa disetujui. Dan untuk persyaratan pinjaman online memang terbilang lebih mudah dibandingkan dengan pinjaman konvensional di bank. Setiap penyedia pinjaman online memang memiliki kebijakannya masing-masing untuk masalah persyaratan. Namun pada umumnya, syarat-syarat yang diajukan tak berbeda jauh seperti:

  • Fotokopi KTP
  • Nomor Handphone aktif
  • Fotokopi buku rekening
  • Fotokopi kartu kredit
  • NPWP
  • Slip gaji
  • Dan lainnya

Selain itu, untuk persyaratan bagi siapa saja yang ingin mengajukan pinjaman antara lain adalah:

  • Warga Negara Indonesia dengan usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun ketika wkatu pelunasan. Namun beberapa situs pinjaman online ada yang memberlakukan persyaratan usia minimal 18 tahun
  • Mempunyai pendapatan tetap, minimal 2 juta rupiah/bulan. Namun nominal pendapatan bisa berbeda di masing-masing situs pinjaman online

Untuk pengajuan pinjaman online berbeda saat anda akan mengajukan pinjaman konvensional di bank atau lembaga keuangan lainnya karena semua proses dilakukan secara online, tidak bertatap muka secara langsung. bagi anda yang ingin mengajukan pinjaman uang secara online, maka langkah-langkah di bawah ini bisa dilakukan

  • Daftarkan diri di salah satu situs pinjaman online terpercaya. Nantinya anda akan diharuskan untuk mengisi formulir untuk mengajukan pinjaman online yang tersedia di situs penyedia pinjaman online tersebut
  • Isi formulir dengan lengkap dan masukkan data diri dengan benar. Jangan lupa untuk memilih jenis pinjaman, nominal pinjaman, dan jangka waktu peminjaman
  • Jangan lupa pula untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, Slip gaji, fotokopi NPWP, pas foto, fotokopi rekening tabungan dan lainnya. Semua dokumen berbentuk scan yang nantinya akan dikirimkan secara online
  • Nantinya pihak penyedia pinjaman online akan memverifikasi data-data yang sudah dikirimkan. Untuk proses verifikasi data sebenarnya tidak terlalu lama dibandingkan pengajuan pinjaman di bank, maksimal 3 hari kerja
  • Dan jika permohonan pengajuan pinjaman online anda sudah disetujui, maka nantinya akan ada pemberitahuan melalui sms, telepon, maupun email. Uang pinjaman bisa langsung cair dan ditransfer ke rekening nasabah
  • Dan selain itu, nantinya akan ada informasi mengenai cara pembayaran pinjaman online serta waktu tempo pinjaman

Keuntungan Pinjaman Online Selain Bank

  • Salah satu kelebihan pinjaman online yang paling utama adalah proses pengajuannya yang mudah, praktis, dan cepat. Bayangkan saja semua nya bisa dilakukan hanya dalam 1 hari saja. Jelas ini sangat berbeda dengan pinjaman bank yang memakan waktu hingga berminggu-minggu. Dalam waktu satu hari saja, anda sudah mengetahui apakah pengajuan pinjaman tersebut disetujui atau tidak. Ini jelas menguntungkan bagi anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk mengurusnya di bank
  • Banyak sekali penyedia pinjaman online saat ini yang menawarkan pinjaman online tanpa membutuhkan jaminan sebagai syarat pengajuan. Sehingga bagi anda yang tidak mempunyai barang berharga untuk dijadikan jaminan maka pinjaman online akan menjadi pilihan yang sangat tepat.
  • Ada banyak pilihan pinjaman online yang bisa anda pertimbangkan, mulai dari nominal pinjaman, waktu tenor, hingga suku bunga pinjaman. Anda bisa membandingkan antara situs pinjaman online yang satu dengan lainnya untuk mendapatkan pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan
  • Proses pencairan dana sangat cepat, bahkan saat informasi mengenai persetujuan pengajuan pinjaman sudah keluar maka proses pencairan dana bisa berlangsung hanya dalam 1 hari saja, bahkan bisa beberapa menit saja. Dan ini sangat berbeda dengan pengajuan pinjaman di bank. Sehingga jika anda membiutuhkan pinjaman dana yang cepat dan mendesak, maka pinjaman online akan menjadi solusi alternative terbaik
  • Persyaratan yang diajukan sangat mudah, rata-rata situs penyedia pinjaman online memberikan persyaratan seperti usia minimal 21 tahun, warga Negara Indonesia, dan mempunyai pendapatan tetap. Dan untuk dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, nomor telepon, NPWP, slip gaji, fotokopi kartu kredit, dan fotokopi rekening bank. Namun beberapa situs penyedia pinjaman online bahkan hanya memberikan persyaratan KTP dan nomor telepon yang aktif saja sebagai persyaratan pengajuan pinjaman yang harus dipenuhi.
  • Nominal pinjaman online serta waktu tenor untuk mengembalikan pinjaman juga sangat fleksibel. Sehingga ini akan sangat memudahkan calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman online. mereka dapat memilih jenis pinjaman mana yang sesuai dengan kondisi finansial yang dimiliki
  • Dan keuntungan yang paling penting adalah sebelum mengajukan pinjaman uang online, calon nasabah bisa melakukan simulasi kredit terlebih dahulu. Meskipun terdengar sepele, namun simulasi kredit ini sangat dibutuhkan untuk bisa mengetahui bagaimanan kemampuan finansial yang dimiliki oleh nasabah. Simulasi kredit disini membantu untuk menghitung besarnya jumlah pinjaman yang akan diajukan, bunga cicilan, dan waktu tenor. Jika anda tidak melakukan simulasi kredit, bukan tidak mungkin jika nanti terdapat masalah saat pembayaran cicilan hutang bahkan hingga tidak sanggup membayar pinjaman. Setiap situs penyedia pinjaman online yang terpercaya pasti memiliki fitur simulasi kredit ini di situs yang dimiliki.

Kekurangan Pinjaman Online Selain Bank

Dibalik kemudahan yang begitu banyak, pinjaman uang online tetap mempunyai kekurangan yang perlu diperhatikan.

  • Bunga hutang yang diberikan kepada nasabah begitu besar, lebih besar dibandingkan dengan pinjaman konvensional bank. Namun besarnya bunga yang dibebankan tersebut memang sebanding dengan resiko yang harus didapatkan situs pinjaman online. Sehingga perlu dilakukan perhitungan lebih detail lagi sebelum anda akan mengajukan pinjaman online
  • Tak hanya bunga yang kecil, namun nominal pinjaman uang online yang ditawarkan juga tak begitu besar. Rata-rata Rp 500.000 hingga Rp 5.000.000, namun ada pula beberpa penyedia pinjaman online yang menawarkan pinjaman hingga Rp 10.000.000. bagi anda yang sedang membutuhkan dana pinjaman dalam jumlah besar, maka pinjaman online bukan menjadi pilihan yang tepat
  • Pinjaman online sangat rentan terkena penipuan online dan kekurangan ini membuat banyak orang menjadi ragu untuk mengajukan pinjaman secara online. apalagi ada banyak kasus-kasus penipuan online yang berkedok pinjaman online yang mencuat ke sosial media, sehingga membuat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pinjaman online juga semakin rendah. Untuk menghindari hal ini anda bisa memilih situs pinjaman online yang terprecaya dan sudah terdaftar dalam OJK. Jangan melanjutkan transaksi jika terdapat hal-hal yang mencurigakan selama pengajuan pinjaman online.
  • Data pribadi nasabah yang sangat rentan untuk disalahgunakan. Hal ini masih berkaitan dengan penipuan online. banyak opihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan data pribadi nasabah yang tersimpan dalam situs peminjaman online dan kemudian disalahgunakan. Hal ini tentunya akan sangat merugikan nasabah karena pihak tersebut dapat memalsukan dokumen dengan menggunakan nama nasabah. Hal ini sebenarnya bisa dihindari dengan mendaftar pada situs pinjaman uang online yang terpercaya dan sudah terdaftar resmi di OJK. Selain itu hindari pula memberikan password atau pin perbankan yang anda miliki. Tidak ada situs peminjaman online yang akan meminta data-data tersebut. Biasanya data diri pribadi yang diminat hanyalah alamat email, alamat domisili, dan nomor handphone
  • Sulit untuk berkomunikasi juga menjadi salah satu resiko saat mengajukan pinjaman online. karena semua proses dilakukan secara online, maka anda tidak bisa berkomunikasi langsung serta menanyakan detail mengenai peminjaman online. meskipun perusahaan penyedia pinjaman sudah menjelaskan informasi lengkap dan rinci. Tetap saja akan lebih jelas jika berkomunikasi secara langsung dan bertatap muka
  • Cakupan wilayah juga masih sangat terbatas. Meskipun ada banyak perusahaan yang menawarkan pinjaman online, namun rata-rata masih mempunyai batasan untuk wilayah cakupan pelayanan nasabah. Kebanyakan produk pinjaman online hanya dikhususkan bagi masyarakat yag berada di kota-kota besar
  • Meskipun saat ini ada puluhan situs pinjaman online, namun tak semuanya merupakan situs pinjaman online yang terpercaya. Untuk itu anda harus benar-benar teliti dalam memilih situs mana yang terbaik dan terpercaya.

Please rate this

Tinggalkan Balasan