oleh

Olahraga Di Saat Puasa Yang Gak Ngabisin Duit, Coba Deh 6 Wangsit Ini

tempatpinjamuang-Siapa bilang olahraga ketika puasa itu gak bisa? Justru kau diusulkan buat laksanakan acara fisik setiap harinya walaupun sedang berpuasa. Tujuannya tentu aja buat mempertahankan tubuh tetap sehat dan bugar.

tempatpinjamuang-Dilansir dari Kompas, National Fitness Training Manager Fitness First Indonesia dr Alia Basalamah menuturkan olahraga ketika puasa semestinya dilaksanakan sebelum buka atau setelahnya. Tepatnya yakni 30 hingga 60 menit sebelum buka puasa ataupun 60 menit sesudah berbuka.

tempatpinjamuang-Dari situs Hellosehat malah disarankan buat pilih tiga opsi waktu berikut, yaitu: sebelum dan sesudah berbuka atau sesudah sahur. Namun, khusus buat sesudah sahur, ada baiknya pilih olahraga yang betul-betul ringan alasannya yakni maksudnya buat bikin tubuh lebih bugar.

tempatpinjamuang-Tapi gak cuma soal sehat aja sih, olahraga ketika puasa pun semestinya mesti hemat. Udahlah pas bulan puasa banyak pengeluaran, masa mesti nambah keluar duit lagi buat olahraga?

tempatpinjamuang-Kalau kau lagi dalam masa betul-betul , ada baiknya jangan hamburin duit buat gym dulu.

[Baca: 4 Ide Bisnis bulan puasa Buat Mahasiswa yang Kepentok Modal]

tempatpinjamuang-Lagipula, pada biasanya olahraga yang sesuai buat dilaksanakan pas bulan puasa punya intensitas rendah. Jadi, olahraga yang ringan-ringan aja udah pas banget. Kebanyakan olahraga tersebut pun gak perlu keluar duit buat dilakuin.

tempatpinjamuang-Yuk, simak apa aja olahraga pas puasa yang bikin tubuh sehat sekaligus kantong hemat.

1. Jalan kaki

olahraga ketika puasa
Apalagi kalau jalannya di Stasiun Tanah Abang, banyak banget kalori yang bakal dibakar (kompas)

tempatpinjamuang-Jalan kaki terlihat sepele tetapi nyatanya tergolong dalam bab olahraga. Khususnya kau yang dituntut buat sehari sarat duduk alasannya yakni bekerja, jalan kaki yakni alternatif paling simpel buat kau lakuin.

tempatpinjamuang-Di bulan puasa, kau sanggup manfaatkan jam pulang kantor yang lebih permulaan buat jalan kaki sembari tunggu buka puasa. Semisal kantor kau bersahabat dengan stasiun kereta dan sanggup ditempuh dengan jalan kaki sekitar 10 menit, gak ada salahnya buat dilakuin.

tempatpinjamuang-Emang sih acara jalan kaki gak memangkas kalori begitu banyak. Biasanya cuma sekitar 100 kalori hingga 200 kalori per 30 menit. Buat menyiasatinya, kau sanggup pilih jalan cepat kalau pengin sekalian memangkas lemak.

tempatpinjamuang-Meski gak banyak memangkas kalori, jalan kaki memiliki faedah buat melancarkan sirkulasi darah dan menangkal penyakit jantung. Badan pun terasa bugar, murah pula!

2. Jogging pagi

olahraga ketika puasa untuk menurunkan berat badan
Jogging bareng Farah Quinn pula, kan semakin semangat (tribunnews)

tempatpinjamuang-Jika di poin sebelumnya disebutkan olahraga dilakuin sebelum buka puasa, maka yang ini sanggup kau laksanakan pas sesudah sahur.

tempatpinjamuang-Kamu sanggup laksanakan acara jogging pagi buat bikin tubuh lebih segar bugar. Tujuan olahraga pagi ini supaya kau gak cepat letih terlebih ngantuk pas kerja. Jadinya, kau tetap sanggup beraktivitas dengan lebih bergairah meski lagi puasa.

tempatpinjamuang-Tentu aja, olahraga ini hemat banget! Kamu cuma butuh sepatu olahraga dan trek di sekitaran rumah. Khusus ketika puasa, jogging cukup dilaksanakan optimal 30 menit aja dengan intensitas rendah.

3. Stretching dan pemanasan ringan

tempatpinjamuang-Olahraga satu ini bahkan gak menuntut kau buat beranjak dari meja kerja kamu. Meski malas banget, kau tetap sanggup mempertahankan tubuh lebih sehat dibandingkan dengan sama sekali gak olahraga.

Stretching dan pemanasan sanggup kau laksanakan dengan cara push-up, sit-up, ataupun lari di kawasan serta gerakan stretching lainnya.

tempatpinjamuang-Manfaatnya pun bagus banget buat tubuh, yakni memperlancar peredaran darah, menangkal tubuh jadi kaku, dan melatih otot-otot tubuh.

[Baca: Ini 6 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa, Dijamin Kerja Tetap Semangat]

tempatpinjamuang-Yang pasti, olahraga ini sama sekali gak butuh biaya. Plus, kau pun gak termakan buat beli jajan alasannya yakni kau laksanakan di ruangan kantor. Soalnya kan pas puasa banyak godaan tuh di jalanan, banyak yang jualan kudapan dan menu-menu yang kadang malah kurang sehat.

4. Skipping atau lompat tali

tempatpinjamuang-Pengin nurunin berat tubuh ketika bulan puasa terlebih banyak proposal buka bareng yang otomatis nambah berat badan? Nah, tiap harinya kau sanggup laksanakan olahraga skipping atau lompat tali jelang buka puasa.

tempatpinjamuang-Olahraga ini sanggup memangkas kalori sebanyak 425 kalori buat perjaka dan 375 kalori buat cewek cuma dalam waktu 30 menit aja. Selepas olahraga, kau sanggup pribadi buka puasa dengan air mineral deh. Pas banget kan?

tempatpinjamuang-Harga tali skipping gak mahal, kok. Kamu cukup rogoh kocek sekitar Rp 30 ribuan hingga Rp 60 ribuan aja.

5. Yoga

manfaat olahraga ketika puasa
Yoganya gak usah yang kayak gini juga, berat, supaya mereka aja (brilio)

tempatpinjamuang-Olahraga yoga sanggup kau laksanakan sesudah sahur maupun sebelum berbuka puasa. Yang niscaya pilih gerakan yoga yang ringan supaya kau gak kehausan.

tempatpinjamuang-Meski gak mengurangi banyak kalori, olahraga yoga cocok banget buat para pekerja kantor yang dipaksa duduk seharian. Kamu sanggup hilangkan pegal-pegal dengan olahraga ini. Pun tubuh jadi lebih rileks dan malamnya sanggup tidur nyenyak.

tempatpinjamuang-Yang kau perlukan buat yoga cuma matras. Modalnya pun gak gede, kau cukup sediakan duit Rp 100 ribuan aja udah sanggup satu matras.

[Baca: Hidup Sehat Gak Harus ke Gym Tiap Hari, Cobain Aplikasi Kesehatan Smartphone Ini Deh]

6. Naik turun tangga

olahraga ringan ketika puasa
Naik turun tangga di Halte CSW Blok M pula, wih dijamin bakal langsing semalam (antarafoto)

tempatpinjamuang-Naik turun tangga sanggup jadi olahraga ketika puasa yang cukup risky. Namun kalau kau laksanakan olahraga ini dengan benar bakal bawa faedah yang memuaskan.

tempatpinjamuang-Buat kau yang pengin jaga tubuh pas puasa atau sekaligus menurunkan berat badan, naik turun tangga sanggup kau lakuin selama 10 menit aja. Lakukan jelang buka puasa sehingga kau sanggup pribadi minum sehabis olahraga.

tempatpinjamuang-Jangan paksain buat naik turun tangga dengan intensitas tinggi dan jangka waktu yang usang pula. Ini alasannya yakni naik turun tangga rentan bikin kau dehidrasi. Gak mau kan batal puasa gara-gara olahraga?

tempatpinjamuang-Olahraga naik turun tangga gak butuh duit sama sekali. Yang penting rumah kau atau kantor emang ada tangganya. Jangan hingga aja naik turun tangga di rumah tetangga.

tempatpinjamuang-Gampang kan olahraga yang udah disebutkan di atas? Yuk, jangan lupakan pentingnya olahraga ketika puasa, supaya tubuh tetap bugar, dan gak simpel lemas.

Tags : , , , , , ,

News Feed