Skip to main content

Tempat Pinjam Uang Untuk Mahasiswa

Tempat Pinjam Uang Tanpa Jaminan Apapun
5/5 (2)

Apa Itu Tempat Pinjam Uang Untuk Mahasiswa

Tempat Pinjam Uang Untuk MahasiswaPinjaman uang tunai tanpa menggunakan jaminan untuk mahasiswa memang menjadi salah satu kebutuhan yang cukup banyak dicari saat ini. hal ini tak terlepas dari besarnya kebutuhan mahasiswa yang kian meningkat seiring dengan berkembangnya zaman. Tak hanya digunakan untuk membiayai kebutuhan hidup saja, namun rata-rata mahasiswa juga banyak menghabiskan uang untuk berbagai kebutuhan lainnya. Dan karena itulah tak jarang banyak mahasiswa yang mencari solusi alternative dengan mencari tempat pinjam uang untuk mahasiswa atau yang banyak dikenal sebagai kredit tanpa agunan beban mahasiswa. Melalui pinjaman tersebut, nantinya mahasiswa bisa mendapatkan uang tambahan tanpa harus mengeluarkan jaminan apapun dari kebutuhan hidupnya sendiri. Bagi anda mahasiswa yang sedang mengalami kesulitan keuangan dan membutuhkan banyak dana untuk membiayai kuliah dan lainnya, maka jenis pinjaman seperti ini lah yang dibutuhkan. Tenang saja, saat ini sudah banyak jenis pinjaman yang khusus diperuntukkan bagi mahasiswa, baik itu konvensional maupun online. semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Alasan Pinjam Uang Untuk Mahasiswa

Ada banyak situasi dan kondisi yang membuat mahasiswa memerlukan dana yang cepat di luar dari kemampuan finansialnyasaat itu. Dan karena kondisi-kondisi tersebutlah, kebanyakan mahasiswa mencari pinjaman yang dapat membantu memenuhi kebutuhannya.

Membayar Biaya Kuliah

Salah satu alasan utama mengapa seorang mahasiswa mengajukan pinjaman adalah untuk pembayaran biaya kuliah. Kebutuhan ini tentunya dialami setiap mahasiswa setiap menginjak semester baru. Apalagi jika kondisi perekonomian keluarga berada dalam kondisi yang tidak stabil, tentunya menjadi kesulitan tersendiri saat ingin membayar biaya kuliah. Dengan adanya pinjaman mahasiswa tanpa jaminan, maka menjadi salah satu solusi finansial yang cocok dengan kondisi keuangan.

Biaya Penelitian, Skripsi Dan Magang

Saat menjelang akhir masa kuliah, tentunya semua mahasiswa akan menjalani program magang maupun penelitian hingga menjalani masa skripsi. Dan tentu saja, hal-hal seperti ini membutuhkan dana yang cukup besar. Sebab itu, faktor kondisi seperti ini juga bisa menjadi pemicu mahasiswa untuk mencari pinjaman uang tanpa jaminan

 Biaya Kursus Dan Sertifikasi

Tak hanya biaya penelitian, ada pula biaya untuk kurssus tambahan serta sertifikasi yang digunakan untuk menunjang skill yang dimiliki mahasiswa. Bahkan sebagia program studi yang ada di beberapa universitas memang mensyaratkan hal tersebut sehingga bisa meningkatkan komptensi dan skill. Namun biaya untuk ikut kursus dan sertifikasi bukanlah hal yang murah dan terkadang juga menguras dana tabungan. Akan tetapi sepanjang kebutuhan tersebut digunakan untuk meningkatkan kualifikasi sebagai mahasiswa, tentunya itu termasuk biaya kuliah bukanlah kebutuhan konsumtif. Sehingga tak ada salahnya jika anda mencari pinjaman yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Pilihan Tempat Pinjam Uang Untuk Mahasiswa

Berikut ini ada beberapa tempat pinjam uang untuk mahasiswa yang bisa anda jadikan pertimbangan.

Meminjam Kepada Saudara atau Teman

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman di bank maupun lembaga keuangan fintech lainnya yang menawarkan pinjaman, maka tempat pertama yang bisa anda jadikan pertimbangan adalah meminjam ke saudara atau anggota keluarga lainnya. misalnya anda bisa meminjam kepada saudara kandung, sepupu, tentu ini akan lebih mudah dan tidak membutuhkan proses yang ribet. Pastinya mereka akan meminjamkan sejumlah dana kepada anda meskipun jumlahnya tidak terlalu besar.

Selain saudara, alternative lainnya untuk tempat meminjam adalah teman-teman terdekat anda. jika anda mempunyai teman akrab yang sangat baik dan mempunyai uang yang lebih, bukan tidak mungkin jika mereka tidak akan meminjamkannya kepada anda. namun dibalik kemudahan meminjam kepada saudara maupun teman, tetap saja anda memiliki tanggung jawab untuk mengembalikan yang tersebut sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan oleh anda serta saudara aau teman anda. Hal ini dilakukan agar tidak membuat saudara dan teman anda kecewa dan tentu menjaga hubungan persaudaraan dan pertemanan tidak rusak karena masalah uang.

Kelebihan Meminjam Uang Di Saudara atau Teman

  • Salah satu kelebihan yang dimiliki dari meminjam uang ke saudara maupun teman adalah pinjaman tersebut tidak berbunga. Berbeda halnya dengan meminjam di bank atau semacamnya yang membebankan bunga bahkan tak jarang cukup besar.
  • Meminjam uang di saudara dan teman, anda bisa mengatur sendiri jangka waktu pengembalian. Poin ini berlaku saat anda meminjam uang dengan mengatur sendiri tenggat waktu pengembalian pinjaman tersebut. Perlu anda ingat, saat anda meminjam uang kepada seseorang maka anda harus memberikan tanggal untuk pengembaliannya. Bahkan anda bisa meminta waktu tambahan jika ada hal-hal yang bersifat darurat ketika anda ingin mengembalikan pinjaman tersebut. Meskipun begitu tetap saja segera lunasi hutang-hutang anda jika sudah memiliki uang untuk mengembalikan
  • Pinjaman yang anda lakukan tentunya tidak membutuhkan jaminan. Berbeda saat anda mengajukan pinjaman di bank atau lembaga keuangan lainnya yang mengharuskan untuk memberikan jaminan atau agunan. Dan saat anda tidak bisa mengembalikan pinjaman, maka jaminan tersbeut akan menjadi milik bank. Meskipun saat ini sudah banyak bank-bank yang memfasilitasi pinjaman tanpa jaminan, namun ada banyak syarat yang harus dipenuhi dengan bunga yang tinggi. dan ini adalah keuntungan lainnya saat anda meminjam dari saudara atau teman dekat yang bisa anda jadikan pertimbangan

Kekurangan Meminjam Uang Di Saudara atau Teman

Salah satu resiko yang harus diwaspadai saat meminjam uang ke saudara atau teman adalah hubungan pertemanan dan persaudaraan bisa saja rusak saat terjadi masalah ketika pengembalian pinjaman. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan untuk membuat perjanjian hitam diatas putih untuk mengurangi resiko-resiko yang tidak diinginkan. dalam perjanjian tertulis tersebut, nantinya akan dijelaskan mengenai berapa nominal pinjaman waktu tenggat pengembalian pinjaman. Dan pastikan untuk anda memisahkan kepentingan antara kepentingan pribadi dan kepentingan saudara atau teman. Pastikan untuk mengutamakan hutang-hutang yang anda miliki terlebih dahulu saat anda sudah mempunyai uang untuk mengembalikannya.

Mengajukan Pinjaman Ke Bank

Saat ini ada banyak lembaga keuangan seperti bank yang menawarkan fasilitas pinjaman tanpa jaminan yang diperuntukkan untuk mahasiswa. Ini akan sangat tepat bagi mahasiswa yang sedang membutuhkan pinjaman, terutama saat kondisi mendesak. Dan berikut ini ada beberapa bank yang menawarkan produk pinjaman keuangan untuk mahasiswa yang bisa anda jadikan pilihan.

Bank BRI

Bank BRI menawarkan produk pinjaman dana tunai dengan berbagai kemudahan tanpa menggunakan jaminan serta suku bunga yang rendah yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang mencari pinjaman dana. Terobosan baru dari bank BRI ini menawarkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan suku bunga 5% dan bisa digunakan untuk membantu biaya pendidikan bagi para mahasiswa. Pinjaman tersebut dapat dikatakan cukup mudah dan murah karena mahasiswa sendiri tidak akan lagi mengalami kesulitan saat membayar SPP semester maupun biaya kuliah lainnya.

Dan bagi mahasiswa yang ingin mengajukan pinjaman uang tunai di bank BRI ini, harus mememenuhi persyaratan-persyaratan di bawah ini:

  • Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia
  • Masih aktif sebagai mahasiswa di sebuah universitas dan aktif dalam organisasi
  • Mempunyai Kartu Tanda Mahasiswa serta surat keterangan yang menyatakan sebagai mahasiswa yang sedang menyelesaikan kuliah di universitas yang bersangkutan
  • Minimal usia peminjam adalah 21 tahun dan maksimal adalah 55 tahun saat batas kredit lunas

Keunggulan yang dimiliki dari produk KTA Mahasiswa

Produk KTA yang ditawarkan oleh Bank BRI ini mempunyai banyak keuntungan bagi nabasahnya, antara lain adalah:

  • Mahasiswa sebagai nasabah berhak untuk menentukan nominal pinjaman yang disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan
  • Proses kelengkapan dan persyaratan cukup mudah
  • Untuk melakukan transaksi keuangan antar bank tidak rumit
  • Ada beberapa priduk KTA yang sangat mudah dalam melakukan pembayaran cicilan per bulan serta bunga yang terjangkau
  • Setelah semua persyaratan sudah terpenuhi, pihak bank akan melakukan proses verifikasi data dan analisa untuk bisa melanjutkan ke proses pencairan dana
  • Tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang digunakan untuk biaya kuliah saja. Masyarakat umum juga difasilitasi dengan produk KTA seperti ini yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan seperti kebutuhan pendidikan, modal usaha, pernikahan, renovasi rumah, dan lainnya.

Bank BNI

Bank BNI juga menawarkan produk pinjaman dana tunai yang diperuntukkan bagi mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan biaya kuliah dan lainnya. Dinamakan sebagai BNI Fleksi Pendidikan, yang merupakan fasilitas pinjaman dana yang ditawarkan oleh bank BNI khusus untuk mahasiswa. Pinjaman ini bisa dilakukan oleh mahasiswa yang sedang menempuh jenjang pendidikan S-1, S-2, hingga S-3. Selain diperuntukkan bagi mahasiswa, Kredit Tanpa Agunan ini juga dapat diperuntukkan bagi dosen. Secara garis besar, BNI Fleksi Pendidikan ini mempunyai 2 pola peminjaman dana. Pertama pinjaman diberikan untuk mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi dengan ketentuan seperti penyaluran beasiswa yang dilakukan langsung melalui rekening bank BNI. Dan karena program ini bekerja sama dengan Institutu Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), maka turut dilampirkan pula surat rekomendasi dari ITS. Sedangkan untuk pola yang kedua, BNI Fleksi Pendidikan diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S2- maupun S-3 yang sudah bekerja dan menerima pendapatan/gaji melalui rekening BNI.

Sebenarnya sebelum  diluncurkan produk pinjaman BNI Fleksi Pendidikan, bank BNI sudah mengeluarkan BNI Cerdas yang merupakan solusi pinjaman dana bagi mahasiswa dan dosen yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan. Dan pinjaman ini bisa diakses nasabah melalui BNI Cerdas. Fasilitas KRedit Tanpa Agunan ini memiliki plafon pinjaman mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 200.000.000 dengan jangka waktu pengembalian 12-36 bulan. Proses nya cukup cepat, hanya memakan waktu sekitar 14 hari kerja. Dan metode pengajuannya bisa dilakukan dengan mengunjungi Bank BNI terdekat secara langsung maupun online. Dan untuk persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman BNI Fleksi antara lain adalah:

  • Warga Negara Indonesia
  • Karyawan tetap/Wiraswasta/Profesional
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun
  • Mempunyai pendapatan tetap Rp 3.000.000/bulan
  • Mempunyai kartu kredit dengan limit Rp 5.000.000 dan masa aktif 1 tahun
  • Berdomisili di Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Bandung, dan Tanggerang

Bank Mandiri

Sama seperti sebelumnya, PT Bank Mandiri Tbk juga meluncurkan produk kredit pendidikan bagi mahasiswa, dengan cicilan bulanan yang murah mulai dari 400 ribu Rupiah per bulannya. Kredit pendidikan bank Mandiri ini diluncurkan untuk memudahkan mahasiswa yang sedang mencari pinjaman dana tunai. Persyaratan yang mudah, limit kredit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan, pembayaran berjenjang sesuai dengan pola pendapatan dalam dunia kerja, serta penggunaan kredit yang fleksibel menjadi keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Kredit Tanpa Agunan miliki Bank Mandiri.

Untuk bisa mendapatkan kredit pendidikan tersebut, mahasiswa sebagai calom debitur nantinya akan melalui seleksi internal yang akan berlangsung di universitas sehingga nantinya didapatkan calon unggulan diantara lainnya, hal ini berkaitan dengan indeks prestasi dan latar belakang pendidikan. Melalui program ini, bank Mandiri turut mendukung peningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Kredit pendidikan Bank Mandiri ini juga bebas dari biaya provinsi serta administrasi kredit dan juga sudah termasu dalam asuransi jiwa. Untuk model pembayaran cicilan pinjaman, mahasiswa diberikan 3 pilihan terbaik yaitu pembayaran cicilan dimulai saat mahasiswa sudah mulai bekerja, pembayaran angsung dimulai secara bertahap dimulai dari mahasiswa kuliah, atau pembayaran angsuran yang berlangsung normal sejak mahasiwa kuliah.

Dan untuk penyaluran kredit pendidikan ini, Bank Mandiri melakukannya dalam 3 skema yaitu Mahasiswa Bidikmisi, Mahasiswa Entrepreneur atau UKM yang berprestasi, dan skema untuk Dosen. Untuk skema Mahasiswa Bidik Misi, penyaluran kredit pendidikan yang ditawarkan adalah dengan nominal kredit mencapai Rp 75.000.000 dengan waktu tenor maksimal 10 tahun. Dan untuk persyaratannya, mahasiswa harus mencapai indeks prestasi kumulatif mencapai 3,5. Dan pembayaran angsuran dapat dimulai setelah mahasiswa tersebut bekerja ataupun dilakukan secara bertahap mulai dari mahasiswa tersebut kuliah. Besarnya cicilan pinjaman nantinya disesuaikan dengan biaya hidup dalam skema ini. Mahasiswa dapat pula melakukan pembayaran secara normal sejak menjalani bangku kuliah dengan nominal cicilan per bulannya mulai dari Rp 466.000.000/bulan.

Untuk penyaluran skema Mahasiswa Entrepreuneur atau UKM yang berprestasi, limit pinjaman yang ditawarkan hingga Rp 100.000.000 dan waktu tenor 10 tahun. Untuk bisa mendapatkan kredit pendidikan dengan skema ini, mahasiswa harus bisa mendapatkan indeks prestasi kumulatif minimal 3.25.dan untuk pembayaran angsuran bisa dilakukan bertahap semenjak menginjak bangku kuliah maupun dilakukan dengan pembayaran normal sejak mahasiswa kuliah.

Bank Mandiri juga memfasilitasi fitur kredit pendidikan bagi dosen dengan limit kredit pinjaman maksimal Rp 200.000.000 dan waktu tenor 10 tahun maupun disesuaikan dengan masa pensiun serta angsuran maksimal 70% dari pendapatan per bulan.

Bank BCA

Bank BCA juga menawarkan program Kredit Tanpa Agunan atau KTA yang dapat digunakan mahasiswa memenuhi biaya pendidikan. Anda bisa menggunakan nama orang tua yang telah berstatus karyawan dan nantinya menyalurkan pendapatanna di bank BCA untuk pengajuan pinjaman biaya kuliah. Dana yang bisa didapatkan dari program ini adalah mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 100.000.00 serta waktu tenor 1-3 tahun. Bunga yang dibebankan kepada nasabah juga cukup rendah, mulai dari 1-1,07%

Bank BRI

Bank di Indonesia lainnya yang memfasilitasi biaya pendidikan bagi mahasiswa adalah Bank BRI. Bank ini meminjamkan dana untuk digunakan biaya kuliah yang sangat menguntungkan. BRI menawarkan bunga pinjaman yang cukup rendah, yaitu 5% tanpa menggunakan jaminan. Bahkan mahasiswa bebas untuk menentukan jumlah pinjaman yang ingin diajukan. Sehingga hal ini bertujuan agar mahasiswa tidak memberatkan untuk pembayaran cicilan. Dan untuk persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi atara lain adalah Warga Negara Indonesia, berusia 21-55 tahun, fotokopi KTM atau Kartu Mahasiswa atau surat keterang yang menyatakan jika calon nasabah merupakan mahasiswa dari universitas tersebut, fotokopi KTP, Kartu Keluarga, dan surat nikah (jika sudah berstatus menikah).

Mengajukan Pinjaman Online

Saat ini sudah banyak fintech-fintech penyedia pinjaman yang menawarkan pinjaman online yang sangat mudah dan prosesnya juga sangat cepat. Di Indonesia sendiri, ada puluhan situs pinjaman online yang menawarkan pinjaman yang tidak akan memberatkan bagi mahasiswa. Sesuai dengan namanya, pinjaman online ini merupakan jenis pinjaman yang seluruh prosesnya berlangsung secara online. Sehingga calon nasabah tak perlu mengunjungi bank maupun lembaga penyedia pinjaman, cukup melakukannya dari rumah dengan menggunakan akses internet. Mahasiswa yang membutuhkan pinjaman bisa berkunjung ke situs-situs yang menawarkan pinjaman online dan kemudian mengajukan pinjaman melalui situs tersebut.

Kelebihan Mengajukan Pinjaman Online Bagi Mahasiswa

  • Salah satu hal yang menjadi keuntungan dari meminjam uang secara online adalah persyaratan yang mudah dan tidak rumit seperti mengajukan dana di bank maupun lembaga keuangan lainnya. Bagi mahasiswa yang ingin mengajukan pinjaman, hanya perlu untuk mengisi formulir yang tersedia dalam website tersebut. Isi formulir dengan benar dan lengkap dan kemudian anda bisa langsung mengirimkannya. Bahkan tak  jarang, persyaratan utama nya hanya dibutuhkan identitas diri seperti KTP/SIM/Paspor. Pengajuan online juga tidak membutuhkan jaminan bagi nasabahnya sehingga prosesnya bisa lebih mudah.
  • Tak hanya mudah, proses peminjaman uang online juga terbilang sangat cepat dibandingkan mengajukan pinjaman ke bank atau koperasi. Bahkan hanya dalam hitungan beberapa jam saja, anda sudah mengetahui apakah proses pengajuan pinjaman diterima atau tidak. Yang paling pentingnya lagi adalah anda tidak perlu repot-repot untuk pergi ke suatu tempat untuk mengurus segala administrasi yang dibutuhkan
  • Dalam mengajukan pinjaman online, tentunya ini terbilang lebih praktis dibandingkan anda mengajukan pinjaman secara konvensional. Hal ini dikarenakan saat anda meminjam secara online, maka anda tak perlu lagi repot-repot untuk bepergian keluar rumah untuk emmenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan dan proses pengajuan. Apalagi bagi mahasiswa yang masih sangat aktif kuliah, tentunya ini akan memudahkan
  • Keuntungan lainnya adalah kemungkinan peminjaman ditolak sangatlah kecil. Meskipun tetap saja ada kemungkinan jika pinjaman anda bisa saja ditolak, namun anda masih bisa mengajukan pinjaman ke situs penyedia pinjaman online lainnya
  • Pinjaman online tidak memberlakukan persyaratan yang mengatur bagaiaman uang pinjaman tersebut wajib digunakan untuk kebutuhan apa. Sehingga dana yang anda dapatkan bisa digunakan untuk mememnuhi kebutuhan apapun, termasuk untuk biaya pendidikan. Sehingga pinjaman online sangat cocok digunakan bagi anda yang masih mahasiswa dan membutuhkan dana untuk kebutuhan kuliah
  • Plafon pinjaman cukup bagi mahasiswa. Meskipun anda tidak membutuhkan jaminan untuk bisa mengajukan pinjaman, namun dana yang didapatkan juga tidka begitu sedikit bahkan sangat cukup untuk membantu kebutuhan biaya pendidikan. Untuk pengajuan tertentu bahkan dana yang didapatkan hingga bisa mencapai puluhan juta rupiah. Dan bagi mahasiswa yang mungkin tak terlalu membutuhkan dana yang tidak terlalu besar sehingga saat besar kemungkinan diterima serta proses pencairan dana juga lebih besar.

Dan itulah bagaimana kelebihan yang dimiliki oleh pinjaman online bagi mahasiswa. Namun dibalik kelebihannya tersebut, ada beberapa kekurangan yang perlu anda ketahui. Misalnya saja, pinjaman ini mungkin kurang begitu cocok bagi pinjaman jangka panjang. Semakin lama anda meminjam, maka akan semakin besar bunga pinjaman yang anda harus tanggung. Apalagi dengan resiko telat pembayaran pinjaman, bunga yang dibebankan dalam pinjaman online sifatnya harian sehingga akan sangat memberatkan saat anda kesulitan mengajukan pinjaman uang online.

Ada beberapa fintech yang memang secara khusus menawarkan pinjaman tanpa jaminan yang dapat digunakan mahasiswa membiayai kebutuhan kuliah.

Dana Cita

Dana cita mempunyai misis yang dapat membantu memperluas akses untuk para pelajar dalam kesanggupan pembiayaan. Melalui platform Dana Cita, mahasiswa bisa mendapatkan pinjaman terjangkau untuk membiayai pendidikan di universitas dan program vokasi yang terpilih. Untuk plafond pinjaman yang ditawarkan adalah maksimal dari total biaya pendidikan namun tetap berdasarkan hasil persetujuan yaitu kemampuan finansial dari calon nasabah. Untuk periode pengembalian pinjaman hingga 2 kali dari masa periode studi yang masih tersisa. Untuk proses pengajuan pinjaman online, anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Daftarkan diri melalui website penyedia pinjaman online menggunakan email aktif. Nantinya anda akan memnerima pemberitahuan tentang formulur permohonan pengajuan pinjaman melalui email
  • Lengkapi formulir yang tersedia dan kirim melalui email
  • Jika pengajuan pinjaman disetujui, maka dalam 24 jam anda akan dikirimkan sebuah penawaran
  • Dan berdasarkan email penawaran, nantinya anda diminta untuk mengirimkan dokumen yang diminta
  • Jika lolos verifikasi, maka aka nada perjanjian peminjaman dana yang wajib untuk ditandatangani penjamin dan peminajm
  • Proses pencairan dana akan dilakukan langsung di sekolah maupun lembaga pendidikan yang terkait

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman dana di Dana Cita, antara lain adalah:

  • Pinjaman dana yang diberikan tanpa jaminan
  • Diberikan bagi mahasiswa yang sudah diterima maupun sedang menjalani studi di universitas atau vokasi yang sudah terakreditasi. Tidak bisa bagi anda yang belum menjadi mahasiswa ataupun baru ingin mencari sekolah.
  • Setelah disetujui, maka pinjaman biaya pendidikan bisa langsung dicairkan ke lembaga pendidikan yang bersangkutan sesuai dengan jadwal pembayaran
  • Wajib bagi orang tua maupun saudara bertindak sebagai penjamin. Syarat untuk penjamin ini adalah Warga Negara Indonesia, memiliki hubungan kekeluarga dengan calon nasabah, dan bukti slip gaji

Dana Didik

Merupakan platform penggalangan dana yang digunakan untuk membiayai pendidikan tinggi dengan cara memfasilitasi mahasiswa yang sedang mencari pinjaman untuk biaya pendidikan. Untuk persyaratan pengajuan pinjaman yang harus dipenuhi antara lain adalah:

  • Nasabah merupakan mahasiswa perguruan tinggi yang sedang menjalani pendidikan program D1, D2, D3, hingga S1. Tidak menerima nasabah yang belum masuk ke bangku kuliah, SD, SMP, SMA/SMK, maupun pendidikan di luar negeri.
  • Mahasiswa yang sedang berada dalam bangku perkuliahan, maksimal 18 bulan sebelum waktu kelulusan. Memprioritaskan untuk mahasiswa yang segera lulus dalam jangka waktu 24 bulan
  • Pembiayaan yang diberikan minimal Rp 2.000.000 hingga maksimal Rp 10.000.000
  • Untuk masa pengembalian hingga 30 bulan semenjak lulus kuliah
  • Wajib mempunyai penjamin yang nantinya akan menandatangi perjanjian tentang pinjaman pendidikan serta bertanggung jawab secara hukum untuk menjamin pembayaran. Penjamin juga harus mempunyai hubungan darah keluarga dan berusia minimal 21 tahun

Setiap mahasiswa yang mengajukan pinjaman nantinya akan diverifikasi tim DANA Didik sebelum nantinya pinjaman yang diajukan cair. Verifikasi yang dilakukan berasal dari universitas, keluarga, serta data-data diri. Mahasiswa akan melalui background check yang dilakukan Dana Didik, mulai dari penggunaan dana, universitas, referensi keluarga, dan lainnya. dan yang cukup menarik dari peminjaman DANA Didik ini adalah perhitungan dari cicilan pinjaman yang akan dijelaskan di bawah ini:

  • Selama peminjam masih duduk di bangku kuliah, maka pinjaman akan diterapkan bunga 0%
  • Dan setelah lulus dan memiliki penghasilan nantinya peminjam harus melakukan pembayaran cicilan dengan sistem bagi hasil menggunakan skema berikut ini:
PinjamanPresentasi Cicilan Setelah Bekerja
Rp 2.000.00010% dari penghasilan
Rp 5.000.00015% dari penghasilan
Rp 8.000.00025% dari penghasilan
Rp 10.000.00030% dari penghasilan

KoinWorks

Merupakan platform P2P lending yang mempunyai produk pinjaman dana tunai bagi pendiidkan dan dinamakan sebagai KoinPintar. Koin Pintaer merupakan pinjaman pendidikan online tanpa jaminan pertama yang ada di Indonesia. masa tenor pinjaman mulai dari 6, 12, 18, hingga 24 bulan dengan nominal pinjaman hingga Rp 250.000.000. dan untuk pinjaman pendidikan KoinPintar ini membebankan bunga yang cukup rendah yaitu Rp 0,75% per bulan. Ada beberapa hal penting yang harus diketahui jika anda ingin mengajukan pinjaman biaya pendidikan online melalui platform KoinWorks ini antara lain:

  • Pinjaman hanya diperuntukkan bagi lembaga pendidikan yang melakukan kerja saja denngan Koin Pintar. Saat dana pinjaman sudah disetujui, maka nantinya akan langsung dicairkan dan disalurkan Koin PIntar ke lembaga pendidikan tersebut
  • Peminjam merupakan mahasiswa yang sudah diterima di salah satu lembaga pendidikan yang bekerja sama dengan Koin Pintar
  • Total pinjaman yang ditawarkan maksimum 80% dari total biaya pendidikan
  • Mempunyai penjamin yang memiliki pendapatan tetap. Tanpa adanya penjamin, mungkin bisa saja pengajuan pinjaman dapat diterima namun Koin Pintar akan menganalisa lebih lanjut dan memastikan kemampuan finansial dari pihak yang bersangkutan

Pertimbangan Tempat Pinjam Uang Untuk Mahasiswa

Saat berencana mengajukan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan, sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih tempat penyedia pinjaman uang bagi mahasiswa. Anda bisa mempertimbangkan hal-hal di bawah ini sebelum memilih tempat pinjam uang untuk mahasiswa.

Ada Tidaknya Fasilitas Tambahan

Untuk bisa menarik minat calon nasabah, pastinya tak sedikit dari penyedia pinjaman yang menawarkan berbagai fasilitas tambahan bagi nasabahnya, seperti fasilitas cicilan tanpa adanya biaya tambahan. Dan tentu saja fasilitas semacam ini dapat memberikan keuntungan apalagi jika di kemudian harinya terdapat hal-hal yang tidak diinginkan. anda bisa mengecek apakah tempat pinjam uang untuk mahasiswa tersebut mempunyai berbagai fasilitas tambahan yang sekiranya bisa membantu dan menguntungkan bagi anda. namun jika memang tidak terdapat fasilitas tambahan, sebenarnya masalah itu tidak begitu penting. Yang terpenting adalah bagaimana anda, sebagai calon nasabah memahami dengan baik syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan agar menghindari resiko-resiko yang tidak diinginkan.

Waktu Pengajuan

Masih banyak kasus-kasus pengajuan pinjaman dimana nasabah bisa harus menunggu untuk waktu yang lama hingga dana yang diajukan bisa cair. Lalu bagaimana jika pinjaman tersebut digunakan untuk kebutuhan yang mendesak? Jelas ini tidak menguntungkan. Dan karena itulah, demi kenyamanan pribadi, maka hindari mengajukan pinjaman di tempat yang memiliki proses pengajuan yang cukup lama. Saat ini sudah banyak penyedia pinjaman yang menawarkan proses cepat, bahkan hanya dalam 1 hari saja. Setelah memilih terbaik dan terpercaya serta mempunyai proses yang cepat, pastikan jika anda segera memenuhi segala persyaratan yang diajukan sehingga pross pengajuan bisa segera selesai dan dana yang diajukan bisa segera cair.

 Jangka Waktu Pinjaman

Hal ini sangat erat kaitannya, mengingat status anda yang masih mahasiswa. Jangka waktu pinjaman berkaitan dengan seberapa lamanya waktu yang dibutuhkan untuk membayar angsuran pinjaman. Dan untuk itu, pertimbangkan untuk memilih pilihan yang tidak memberatkan kondisi finansial anda nantinya. Ada baiknya juga untuk mempertimbangkan kemungkinan kondisi finansial yang belum membaik dan beresiko menganggu pembayaran cicilan bulanan. Sebagai mahasiswa, terutama jika belum mempunyai pendapatan yang tetap ini bisa menjadi permasalahan sendiri. Sehingga solusi terbaik adalah dengan mulai menggunakan waktu luang anda untuk pekerjaan paruh wkatu maupun bekerja sebagai freelance sehingga nantinya tidak memberatkan anda maupun orang tua saat pengembalian pinjaman dana tunai.

Strategi Mengajukan Pinjaman Untuk Mahasiswa

Setelah anda mengetahui bagaimana faktor kondisi serta tempat pinjam uang untuk mahasiswa yang tidak membebankan jaminan, maka kini saatny anda mengatur strategi pinjam uang yang cocok bagi kehidupan mahasiswa dan nantinya tidak memunculkan resiko-resiko yang tidak diinginkan.

Hitung Jumlah Pinjaman Dan Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Hal pertama yang penting dan harus untuk anda lakukan sebelum mengajukan pinjaman uang mahasiswa adalah menentukan seberapa jumlah pinjaman yang ingin anda ajukan. Ingat, disini anda harus menyesuaikan jumlah tersebut dengan apa yang anda butuhkan serta kemampuan finansial anda setiap bulannya. Hal ini nantinya mencegah anda membayar angsuran per bulan yang terlalu besar dan tak sesuai dengan kemampuan serta menghidari pinjaman yang tidak bisa dilunasi kedepannya.

Lakukan Riset

Setelah anda mengetahui jumlah pinjaman yang dibutuhkan, maka kini anda perlu untuk melakukan riset ke berbagai penyedia pinjaman uang tunai bagi mahasiswa tanpa jaminan. Dengan riset yang sederhana saja, ini akan sangat membantu untuk lanjut ke proses berikutnya. Setelah melakuakn riset, anda bisa melakukan perbandingan. Manfaatkan fitur-fitur perbandingan yang ada pada situs-situs perbandingan online yang terpercaya. Darisana nantinya anda bisa mencari tempat pinjam uang untuk mahasiswa yang cocok untuk kebutuhan serta kemampuan anda. jangan lupa untuk memperhatikan dengan baik mengenai biaya, proses pinjaman, bunga pinjaman, dan persyaratan yang harus dipenuhi. Akan lebih baik bagi anda memilih pinjaman yang paling murah, terutama dari segi bunga dan biaya.

Ketahui Persyaratan Dan Biaya Tambahan

Ini juga menjadi hal yang paling penting untuk anda pertimbangkan sebelum memilih tempat pinjam uang. Anda harus mengetahui tentang persyaratan apa yang harus dipenuhi, biaya administrasi serta biaya tambahan yang dibebankan dari fasilitas pinjaman dana tunai tersebut. Ini akan membantu anda meminimalisir kerugian yang bisa saja terjadi kedepannya.

Konsultasi

Ada baiknya jika anda berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman di penyedia pinjaman uang bagi mahasiswa. Mungkin ada kondisi dimana anda merasa khawatir dan membutuhkan banyak informasi lebih mengenai pinjaman, dan karena itulah sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu. Terutama bagi anda yang masih baru dalam dunia pinjaman, maka penting bagi and auntuk bertanya kepada pakar keuangan ataupun berkonsultasi dengan pihak yang menyediakan pinjaman. Dengan demikian, anda bisa lebih paham dan mantap mengetahui tentang pinjaman uang tersebut beserta prosesnya.

Paham Konsekuensi

Saat mengajukan pinjaman uang mahasiswa, maka anda sudah harus paham tentang konsekuensi yang bisa saja terjadi kedepannya. Dan karena itulah anda perlu menyiapkan strategi terbaik agar meminimalisir resiko buruk yang bisa saja terjadi. Salah satunya dengan disiplin saat membayar pinjaman uang. Anda bisa membuat jadwal pembayaran cicilan serta siapkan dana yang sudah anda sisihkan sehingga anda bisa lebih disiplin dalam membayar pinjaman tersebut kembali.

Sebenarnya meminjam uang bagi mahasiswa bukanlah hal buruk, asalkan pinjaman tersebut digunakan untuk biaya pendidikan dan hal produktif lainnya. Selain itu, anda juga harus memikirkan dengan matang-matang bagaimana pinjaman yang anda ajukan apalagi dengan status anda yang masih menjadi mahasiswa. Pilih pinjaman yang memang sesuai dengan kondisi finansial dan tidak memberatkan kedepannya.

Tempat Pinjam Uang Terms:

Please rate this

Tinggalkan Balasan