oleh

Keunggulan Transaksi Di Atm Bareng

Terkoneksinya jaringan ATM perbankan nasional sudah membuat lebih mudah kita dalam bertransaksi keuangan. Bagi sebagian orang yang kiriman gajinya tidak menggunakan bank nasional dengan jaringan ATM, tentu menyibukkan di saat hendak mengambil duit cash. 

Tapi sekarang lewat jaringan ATM Bersama, bertransaksi akan lebih mudah alasannya merupakan jaringan ATM Bersama merupakan jaringan switching terbesar di Indonesia. 

Biasanya, penggunaan ATM Bersama dijalankan untuk transaksi keuangan, mulai dari penarikan duit tunai sampai pembayaran online. Nah, untuk mengenal fungsi ATM bersama, simak postingan tempatpinjamuang berikut ini. 

ATM Bersama dan Pembedanya Dengan Jaringan ATM Lain 

Jaringan atm lain

ATM Bersama boleh dikatakan selaku aktivis metode pembayaran elektronis di Indonesia.Telah beroperasi selama 19 tahun, jaringan ATM Bersama sudah terkoneksi dengan 77.000 ATM di seluruh Indonesia. 

Di Indonesia, ada dua layanan serupa dengan ATM Bersama, yaitu jaringan Prima dan jaringan Cirrus. Layanan yang dipersiapkan terhadap nasabah nyaris sama, yaitu melayani transaksi finansial secara real time.  

ATM Bersama dan Prima merupakan perusahaan setempat yang layanannya belum sanggup dijalankan secara internasional, walaupun sebagian sudah merambah transaksi di Asia Tenggara. Sedangkan Cirrus jaringan ATM Internasional yang sudah melayani transaksi di sejumlah negara. 

ATM Bersama dimiliki oleh PT Artajasa Pembayaran Elektronis. Sedangkan, Prima dimiliki 

PT Rintis Sejahtera yang melayani jaringan transaksi financial elektronik di Indonesia.

Keduanya merupakan perusahaan setempat asal Indonesia. Sedangkan, Cirrus merupakan anak kerja keras dari MasterCard yang berbasis di Amerika Serikat.  

Pembeda lain merupakan jumlah bank yang sudah relevan dengan masing-masing perusahaan. ATM Bersama misalnya sudah bekerjasama dengan 94 institusi dan sudah terkoneksi dengan 77.000 ATM. 

ATM Prima sudah bekerjasama dengan 80 institusi dan sudah terkoneksi dengan 120 jaringan ATM di seluruh Indonesia. Sedangkan Cirrus bekerjasama dengan sejumlah bank yang memiliki logo MasterCard dan Maestro di Indonesia.   

Layanan ATM Bersama

Membedakan ATM Bersama dengan jaringan serupa merupakan eksistensi stiker yang melekat pada mesin ATM. Selain melayani transaksi dalam negeri, ATM Bersama juga melayani transaksi keuangan luar negeri, seumpama di MEPS Malaysia dan Al-Rajhi dari Arab Saudi. 

Keuntungannya, nasabah Bank anggota ATM Bersama sanggup menjalankan transaksi tarik tunai di Malaysia dan Arab Saudi.

Sebagai jaringan switching paling besar di Indonesia yang terhubung dengan bank dan forum nonbank, ATM Bersama melayani transaksi keuangan selaku berikut. 

1. Penarikan duit tunai

Pemilik kartu sanggup mengambil duit di terminal ATM berlogo ATM Bersama dengan batas penarikan per hari sesuai yang sudah diputuskan oleh bank penerbit kartu.

2. Informasi saldo 

Pemilik kartu sanggup menyaksikan saldo rekeningnya dengan mudah secara gratis. 

3. Transfer antarbank 

Pengiriman duit ke rekening bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama. 

4. Transfer three partied 

Layanan pengantaran duit menggunakan kartu Bank A di terminal ATM Bank B ke rekening Bank C. Dengan catatan, bank tersebut tergabung dalam jaringan ATM Bersama. 

Cara Bertransaksi Menggunakan ATM Bersama

Cara bertransaksi

Apabila masih gelisah dengan bagaimana cara bertransaksi di ATM Bersama, berikut tutorial menjalankan transfer duit dan tarik tunai. Transaksi sanggup dijalankan di ATM bank lain dan transfer antarbank. Berikut tutorial menjalankan transfer duit dan tarik tunai. 

Transfer uang 

Berikut tutorial di saat menjalankan transaksi dengan transfer duit lewat mesin ATM Bersama. 

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM (Pastikan terdapat logo ATM Bersama di belakang kartu ATM). 
  2. Masukkan PIN.
  3. Pilih Menu Transfer.
  4. Masukkan aba-aba bank dan nomor rekening tujuan.
  5. Pastikan aba-aba bank dan nomor rekening tujuan sudah sesuai.
  6. Masukkan jumlah nominal yang hendak ditransfer.
  7. Periksa kembali, apakah nomor rekening sudah sesuai dengan nama pemilik rekening.
  8. Transaksi Berhasil.

Pilih Transaksi Lain jikalau ingin melanjutkan ke transaksi lain. Pilih Selesai jikalau sudah dan tetapkan untuk mengambil kembali kartu ATM dari mesin ATM.

Tarik tunai 

Berikut tutorial menjalankan tarik tunai lewat mesin ATM Bersama. 

  1. Masukkan kartu ATM (pastikan terdapat logo ATM Bersama di belakang kartu ATM).
  2. Masukkan PIN.
  3. Pilih hidangan tarik tunai.
  4. Pilih jumlah nominal yang diinginkan.
  5. Menunggu proses transaksi.
  6. Ambil duit dari Mesin ATM.
  7. Transaksi selesai, jangan lupa ambil kartu dari Mesin ATM.

Biaya transaksi di ATM Bersama

Salah satu laba bertransaksi di ATM Bersama merupakan transaksi sanggup dijalankan secara realtime online. Jadi, di saat menjalankan transfer lewat ATM Bersama, bisa dijalankan secara tripartied atau pemegang Kartu A menjalankan transfer lewat terminal ATM milik Bank B, ke rekening yang lain yang ada di Bank C.

Nah, nasabah yang bertransaksi lewat ATM Bersama tidak senantiasa dikenakan biaya. Hal ini tergantung pada kebijakan dan taktik ke nasabah masing-masing bank penerbit kartu. 

Beberapa bank tidak mengenakan ongkos sama sekali atau gratis. Namun, beberapa bank menerapkan ongkos terhadap nasabahnya, nilai ongkos yang dikenakan pada nasabah maksimal, tarik tunai Rp7.500, transfer Rp6,500, cek saldo Rp4.000.

Gerbang Pembayaran Nasional 

GNP

Saat ini, penduduk kian mudah dalam bertransaksi di retail terbaru atau pasar modern. Tidak perlu lagi sibuk-sibuk mencari mesin EDC dari bank yang sama, tetapi dengan kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), maka sanggup terlayani pada seluruh mesin EDC di Indonesia. 

Apa itu GPN? Ini merupakan sebuah metode yang menghubungkan banyak sekali pembayaran elektronik atau transaksi nontunai pada semua instrumen bank dalam satu metode pembayaran. Nah, ATM Bersama tergolong dalam GPN.

GPN diinisiasi oleh Bank Indonesia dan resmi diluncurkan sejak tahun 2017 lalu. BI mempublikasikan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.19/8/PBI/2017 tanggal 21 Juni 2017 dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PADG/2017 tanggal 20 September 2017 wacana Gerbang Pembayaran Nasional.

Peluncuran GPN juga ditandai dengan merilis logo resmi GPN yang terpasang di seluruh channel pembayaran dan kartu. Dengan adanya PBI, regulator berharap terjadinya sharing infrastruktur sehingga utilisasi terminal ATM dan EDC sanggup meningkat. 

Biaya investasi infrastruktur pun sanggup dialihkan kembali untuk kegiatan pembiayaan pinjaman. Hasil alhasil akan berefek kasatmata terhadap perkembangan ekonomi.

Tujuan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)

GPN memang diwujudkan selaku wujud interkoneksi (saling terhubung) metode pembayaran nasional. Tentu GPN punya tujuan berharga bagi penduduk Indonesia dalam fasilitas transaksi. 

Meski begitu, bukan sekadar kendala bisnis semata, kehadiran GPN juga diperlukan menjadi backbone untuk mendukung kesibukan pemerintah. Misalnya, dalam hal penyaluran proteksi sosial nontunai, elektronifikasi jalan tol, transportasi publik, keuangan insklusif sampai pengembangan e-commarce

Berikut tiga sasaran utama implementasi GPN: 

1. Ekosistem pembayaran

GPN diperlukan sanggup bikin ekosistem metode pembayaran yang saling interkoneksi, interoperabilitas dan bisa menjalankan pemrosesan transaksi yang meliputi otorisasi, kliring dan setelmen secara domestik.

2. Melindungi konsumen 

Meningkatkan proteksi konsumen. Antara lain melalui: pengawalan data transaksi nasabah dalam setiap transaksi.

3. Menciptakan efektivitas

Meyakinkan ketersediaan dan integritas data transaksi metode pembayaran nasional guna mendukung efektivitas transmisi kebijakan moneter, efisiensi intermediasi dan resiliensi metode keuangan. 

Semoga postingan ATM Bersama sanggup memperbesar gunjingan keuangan kita, ya! Tentu kita berharap, segala macam transaksi keuangan di Indonesia kian terbaru sekaligus aman. 

Masih memerlukan postingan lain soal keuangan, bisnis, asuransi, atau karier, jangan ragu untuk mencari tahu lebih lanjut di tempatpinjamuang.

Tags :

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed