oleh

Ngajuin Pemberian Duit Di Bank? Ini Keistimewaan Dan Kekurangannya

tempatpinjamuang-Pinjaman duit di bank memang menggiurkan, apalagi jikalau kau sedang memerlukan duit dalam jumlah banyak.

tempatpinjamuang-Ditambah lagi sudah berbagai bank yang berbincang sumbangan dengan bunga yang rendah dan tenor yang panjang.

tempatpinjamuang-Hal itulah yang menghasilkan banyak orang menentukan untuk mengajukan sumbangan di bank. Namun, sebelum mengajukan, seharusnya pahami dahulu kelemahan dan kelebihannya.

tempatpinjamuang-Apa aja itu? Berikut di antaranya:

Kelebihan sumbangan duit di bank

pinjaman-uang-di-bank
kelebihan sumbangan duit di bank (maxmanroe)

1. Banyak varian produk

tempatpinjamuang-Salah satu keunggulan sumbangan duit di bank yaitu memiliki banyak varian produk, mulai dari sumbangan tanpa agunan, sumbangan untuk kredit kendaraan, rumah, dan jenis-jenis sumbangan lainnya.

tempatpinjamuang-Hal itu tentunya sanggup memudahkanmu untuk menentukan produk sumbangan yang cocok dengan kebutuhanmu.

[Baca: Ini Dia 5 Jenis Pinjaman Bank Mandiri yang Cocok Buat Usaha]

2. Lebih aman

tempatpinjamuang-Pinjaman duit di bank juga terbilang lebih kondusif dan terjamin, sebab untuk proses pinjamannya itu sendiri sudah dikelola oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan juga Bank Indonesia.

tempatpinjamuang-Itulah mengapa, kau mesti lewat proses BI Checking apalagi dahulu jikalau pengin pengajuan pinjamanmu diterima oleh bank.

3. Ada di mana-mana

tempatpinjamuang-Ya, yang dimaksud yaitu bank ada di mana-mana bahkan hingga ke pelosok daerah. Hal itu tentunya sanggup menghasilkan kau tak perlu repot dan galau jikalau pengin mengajukan sumbangan duit di bank.

tempatpinjamuang-Jadi, kau tinggal mengunjungi cabang bank terdekat di kawasan tempat tinggalmu.

4. Perhitungan bunga lebih jelas

tempatpinjamuang-Kelebihan yang lain dari sumbangan duit di bank yaitu perkiraan bunga yang dipersiapkan pun lebih jelas.

tempatpinjamuang-Jadi, buat kau yang pengin mengajukan sumbangan sanggup mengenali bagaimana tata cara perkiraan bunganya dengan jelas.

tempatpinjamuang-Hal tersebut tentunya sanggup membantumu untuk mengenali berapa jumlah duit yang mesti kau keluarkan setiap bulannya untuk mengeluarkan duit cicilan.

[Baca: Sebelum Milih KPR, Pelajari Dulu Suku Bunga Acuannya]

Kekurangan sumbangan duit di bank

pinjaman-uang-di-bank
Kekurangan sumbangan duit di bank (bimbinganislam)

1. Syarat lebih ketat

tempatpinjamuang-Salah satu kelemahan sumbangan duit di bank yaitu syaratnya yang terbilang lebih ketat. Tapi ini seiring dengan kemanannya. Pinjaman duit yang kondusif tentu menuntut syarat yang ketat pula bukan?

tempatpinjamuang-Ada beberapa dokumen yang mesti kau lengkapi jikalau pengin pinjamanmu diterima oleh bank, seperti:

  • Identitas diri (KTP), mesti sesuai dengan alamat tinggal di saat ini. Jika berbeda, maka kau mesti mencantumkan surat pemberitahuan dari pihak kelurahan tempat tinggalmu.
  • Identitas diri suami/istri bagi yang sudah menikah. Agar pihak bank tahu kalau pengajuan tersebut sudah dikenali oleh kedua belah pihak.
  • Buku nikah untuk yang sudah menikah. Agar pihak bank mengenali kalau harta tersebut yaitu milik bersama.
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga).
  • Slip gaji.
  • Buku tabungan.

2. Proses lebih rumit

tempatpinjamuang-Selain syaratnya yang cukup ketat sebab banyak dokumen yang mesti dilengkapi, kelemahan yang lain dari pengajuan duit di bank yaitu prosesnya yang terbilang rumit.

tempatpinjamuang-Setelah kau melampirkan dokumen yang diminta dan datamu sudah diverifikasi, maka biasanya akan ada pihak bank yang mau menghubungimu untuk proses selanjutnya.

tempatpinjamuang-Gak berhenti hingga di situ, pihak bank juga akan menjalankan survey untuk menegaskan data yang kau berikan benar, mulai dari menelepon kantormu hingga tiba ke rumah.

3. Potensi aset disita jikalau gagal bayar

tempatpinjamuang-Saat mengajukan sumbangan duit di bank, maka kau akan diminta untuk menandatangani surat perjanjian, salah satunya kesepakatan penyitaan aset jikalau kau gagal bayar alias kredit macet.

tempatpinjamuang-Jadi, sanggup dikatakan bank itu tidak akan berbincang toleransi. Jika kau gagal mengeluarkan duit hingga melebihi batas yang diberikan, maka siap-siap aja asetmu akan disita oleh bank.

tempatpinjamuang-Misalnya rumahmu disita sebab KPR macet atau meminjam duit dalam jumlah besar dengan jaminan surat kendaraan atau rumah.

4. Ada denda jikalau melunasi lebih cepat

tempatpinjamuang-Saat mengajukan sumbangan duit di bank, maka kau memiliki keharusan untuk mengeluarkan duit cicilan setiap bulan sesuai dengan yang sudah ditentukan, dari tanggal jatuh tempo hingga total biayanya.

tempatpinjamuang-Nah, di saat kau pengin melunasi cicilanmu lebih singkat sebab memperoleh rezeki nomplok, maka biasanya pihak bank akan berbincang denda.

tempatpinjamuang-Untuk dendanya itu sendiri berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan bank masing-masing.

tempatpinjamuang-Itu beliau beberapa keunggulan dan kelemahan sumbangan duit di bank yang mesti kau pahami apalagi dahulu sebelum menjalankan pengajuan.

tempatpinjamuang-Tapi yang paling penting sebelum menentukan untuk menjalankan sumbangan duit di bank, tetapkan dahulu apa kau sanggup sempurna waktu mengeluarkan duit setiap bulan dan sempurna waktu.

tempatpinjamuang-Selain itu, tetapkan juga apakah keperluanmu betul-betul penting dan mendesak? Yakinkan sekali lagi, apakah itu keperluan atau keinginan.

tempatpinjamuang-Kamu tentu gak mau kan sakit kepala mikirin duit sebab tidak sanggup membayar? Apalagi kalau pinjam duitnya buat berbelanja sesuatu barang yang sebenarnya tidak kau perlukan. Duh, jangan hingga deh.

[Baca: Ini Dia 5 Jenis Pinjaman Dana Tunai yang Ada di Indonesia]

Tags :

News Feed