oleh

Utang Dengan Jaminan Bpkb? Identifikasi Hak Aturan Kau

Jaminan BPKB yaitu satu cara untuk mendapat pinjaman tunai. ‘Sekolahkan BPKB.’ Itu perumpamaan orang yang lagi kepepet duit dengan menggadaikan BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor). Apalagi kini telah marak jasa pegadaian yang dikelola partikelir dengan syarat jaminan BPKB itu tadi.

tempatpinjamuang-BPKB seolah jadi barter atas jumlah duit yang dipinjam. Dan, tentunya pinjaman itu tak gratis alasannya yaitu tetap dibebankan bunga ketika dikembalikan nantinya. Sebagian besar orang lebih tenteram memakai BPKB selaku jaminan ke jasa-jasa peminjaman duit partikelir ketimbang bank.

Bacaan

Alasannya sederhana saja, jaminan BPKB prosesnya cepat

tempatpinjamuang-Syarat proses cepat mutlak. Maklumlah, gadai BPKB kendaraan terang memberi laba bagi yang butuh dana cepat. Entah buat sekolah anak, ongkos hidup, honor telat, dan keadaan yang lain yang memerlukan duit sesegera mungkin.

tempatpinjamuang-Sebenarnya gadai BPKB tak mesti dijalankan di forum pegadaian. Pertama kenapa tak menjajal menggadaikan dahulu ke keluarga maupun orang yang dapat dipercaya. Keuntungannya bisa sanggup pinjaman tanpa bunga maupun ongkos lainnya.

tempatpinjamuang-Tapi ketika jerih payah itu gagal, mau tak ingin beralih ke jasa pegadaian. Sebenarnya tak problem asal amati apalagi dahulu legalitasnya alasannya yaitu menurut Peraturan OJK Nomor 31/POJK.05/2016 wacana Usaha Pergadaian, pelaku jerih payah yang menjalankan acara jerih payah pergadaian mesti mempunyai izin dari OJK, disamping itu besaran ongkos bunga atau ongkos titip, kesanggupan mengeluarkan duit angsuran/melunasi, dan tetapkan cicilan utang tak lebih dari 30 persen pendapatan yang didapat per bulan.

tempatpinjamuang-Dan kadang, tak selamanya mulus dalam urusan pelunasan cicilan dan menebus BPKB itu. Cukup banyak juga yang gagal. Wajarlah ketika mengalami keadaan isi kantong kembang kempis. Imbasnya cicilan telat. Sehari, dua hari, tiga hari, kemudian tiba-tiba terkejut ternyata lamanya menunggak telah lewat sebulan.

tempatpinjamuang-Puncak dari gagal bayar ini umumnya dikenai denda. Sebenarnya yang paling dikhawatirkan itu ketemu dengan debt collector.

Berurusan dengan debt collector

tempatpinjamuang-Kehadiran mereka identik dengan penyitaan motor. Kalau dilawan, mereka kadang kian bengis. Tak jarang bisa terjadi kontak fisik kalau nekat menjaga motor.

tempatpinjamuang-Meski secara hukum, debt collector tak mempunyai hak menguras motor yang BPKB-nya digadaikan. Karena pada prinsipnya penyitaan barang-barang milik debitur yang wanprestasi cuma bisa dijalankan atas dasar putusan pengadilan. Di samping itu, mempunyai permasalahan dengan debt collector kadang bikin ciut duluan. Selain secara fisik rata-rata bermuka angker dan bodinya gede-gede, tak jarang dari mereka mengaku-aku pegawanegeri kepolisian.

tempatpinjamuang-Kesannya agar jadi alibi kuat. Lagi pula modus sebut-sebut pegawanegeri kepolisian itu sengaja bikin mental down. Akibatnya, dibandingkan dengan urusan kian panjang, mending itu motor dilepas.

Nah buat kau yang punya asuransi motor, kau bisa mengajukan klaim asuransi atas kasus kehilangan kalau ada debt collector yang nekat mengambil motormu itu. Tindakan mereka dinamakan perampasan.

tempatpinjamuang-Tapi kau tak perlu ketakutan dahulu kalau memang nyata-nyatanya gagal bayar karena keadaan keuangan yang sedang down. Kita mesti tahu dahulu hak-hak yang dilindungi secara aturan ketika mengalami suasana seumpama ini.

Debt Collector tidak berhak menguras barang

tempatpinjamuang-Pihak pemberi jasa penagih utang atau sebutannya debt collector tidak sanggup begitu saja menjalankan penyitaan atas harta benda yang dimiliki oleh orang yang berutang (debitur). Ingat, bahwa solusi utang cuma sanggup tertuntaskan lewat proses di pengadilan.

tempatpinjamuang-Jika debt collector menguras atau mengambil secara paksa barang-barang milik debitur, maka yang bersangkutan atau keluarganya sanggup melaporkan debt collector tersebut ke polisi. Perbuatan debt collector tersebut sanggup dijerat dengan Pasal 362 KUHP wacana pencurian atau kalau dijalankan dengan kekerasan atau bahaya kekerasan maka bisa dijerat dengan Pasal 365 ayat (1) KUHP.

Polisi tidak mengorganisir utang

tempatpinjamuang-Camkan ini, tak ada satu pun aturan yang mengizinkan polisi mengorganisir utang. Aturannya tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 2/2003 wacana Peraturan Disiplin Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dalam pasal 5 abjad h tertulis anggota polisi dihentikan menjadi penagih piutang atau pelindung orang yang punya utang.

tempatpinjamuang-Jelas kalau polisi dihentikan mengorganisir utang-piutang. Makara nyali jangan pribadi ciut kalau ada yang ngaku-aku polisi ketika tagih kredit motor yang belum lunas. Tinggal sebutkan peraturan itu agar mereka tak semena-mena klaim pegawanegeri kepolisian.Peraturan itu mempertegas hak aturan kita kalau polisi tak boleh ‘cawe-cawe’ di dunia perkreditan kalau dijalankan secara personal.

tempatpinjamuang-Beda kasus kalau polisi punya surat perintah, misalnya dari pengadilan yang menyatakan kendaraan itu dalam kasus sengketa. Namun tentu dijalankan dengan penerapan mekanisme yang berbeda.

Jaminan BPKB dengan mekanisme fidusia

tempatpinjamuangYang dimaksud jaminan fidusia yaitu mereka yang menjaminkan motor (benda bergerak) tetapi cuma menyerahkan surat-suratnya saja (BPKB) tanpa perlu menyerahkan motornya secara fisik. 

tempatpinjamuang-Mekanisme jaminan dengan cara ini dikontrol dalam UU Nomor 42 Tahun 1999 wacana Jaminan Fidusia. Intinya si pemberi utang berhak didahulukan kepada motor itu kalau di kemudian hari si pengutang gagal lunasi pinjamannya.

tempatpinjamuang-Maka itu amati apakah dalam mengajukan utang-piutang itu dilengkapi dengan jaminan fidusia. Jaminan ini akan menghasilkan kedua belah pihak sama-sama dilindungi hukum.

tempatpinjamuang-Si pengutang berhak untuk tetap memakai motor yang jadi jaminan. Di segi lain, pemberi utang mendapat kepastian kalau motor itu dapat dikuasai secara legal kalau pengutang gagal lunasi utangnya.

Meminta pemberian forum proteksi konsumen

tempatpinjamuang-Gagal bayar secara otomatis memposisikan kita bersengketa dengan pihak pembiayaan atau gadai. Biar ada jalan keluar, lebih baik konsultasikan dengan forum proteksi konsumen. Bisa Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) atau Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).

tempatpinjamuang-Tujuan minta tolong forum ini bukan untuk menghapuskan utang, tetapi menolong menegosiasikan suasana di mana lagi susah melunasi cicilan. Solusi yang dapat diseleksi yaitu financial recovery di mana punya niat benar-benar melunasi tunggakan cicilan tetapi minta dispensasi besaran cicilan maupun rentang waktu yang lebih panjang.

tempatpinjamuang-Sebelum niat menggadaikan BPKB ke pihak lain, ada baiknya mempelajari dahulu segala sesuatunya. Sekali lagi, keputusan mengajukan utang niscaya akan dibarengi dengan konsekuensi. Yakinkan keputusan itu selaku jalan keluar, bukan malah memperbesar jadi masalah.

tempatpinjamuang-Jadi tidak dibenarkan, motor yang BPKB-nya dijaminkan untuk berutang pribadi ditarik begitu saja. Kalau pun ternyata gagal bayar, si pengutang masih diberi peluang untuk memasarkan motornya sendiri dengan sepengetahuan si pemberi utang. Hasil pemasaran itu digunakan untuk melunasi utang. Kalau ternyata ada sisa maka itu milik si pemilik motor.

Tags : , ,

News Feed