oleh

Gak Usah Gundah Pilih Kartu Kredit Pertama. Ini Tipsnya!

Segala hal yang sifatnya pertama niscaya bikin deg-degan, senang, sekaligus bingung. Termasuk di saat memutuskan kartu kredit pertama.

tempatpinjamuang-Sah-sah saja kalau risau memutuskan kartu kredit pertama. Ada terlalu banyak kartu kredit ditawarkan banyak sekali bank.

tempatpinjamuang-Namun gak semua kartu itu cocok buat yang gres mau pegang kartu kredit. Bukan apa-apa, kartu multiguna ini membutuhkan tanggung jawab dalam penggunaannya.

tempatpinjamuang-Bila ceroboh, bisa-bisa terperosok ke jurang utang yang dalam. Inilah yang mengakibatkan tudingan bahwa kartu kredit bikin bangkrut.

tempatpinjamuang-Sebetulnya bukan kartu kreditnya yang bikin bangkrut, melainkan sikap penggunanya. Kalau benar bikin bangkrut, gak mungkin dong banyak yang berlomba-lomba mendapatkannya. Termasuk kamu, kan?

tempatpinjamuang-Biar gak jadi korban salah paham kartu kredit bikin bangkrut, berikut ini kiat memutuskan kartu kredit pertama.

1. Limit kecil

tempatpinjamuang-Sebagai kartu kredit pertama, diusulkan mencari yang limitnya kecil dulu. Kira-kira Rp 3 juta cukuplah untuk belajar mengorganisir keuangan menggunakan kartu kredit.

kartu kredit pertama
Limit gak usah gede-gede dulu, belajar atur yang kecil dahulu dong gres yang gede (kartu kredit/go banking rates)

tempatpinjamuang-Kenapa gak eksklusif yang berlimit besar? Seperti disebutkan, ada tanggung jawab dalam penggunaan kartu kredit.

tempatpinjamuang-Bila limit besar, dikhawatirkan malah penggunaan gak terkontrol alasannya keblinger oleh faedah kartu kredit. Gesek sana, gesek sini, tarik tunai, dan seterusnya.

tempatpinjamuang-Hal ini sanggup diantisipasi dengan kartu kredit limit kecil. Sebab sehabis meraih limit, kartu kredit tak sanggup digunakan sampai tagihan datang. Bahkan beberapa bank penerbit menerapkan denda kalau limit terlewati.

2. Bebas iuran tahunan pertama

tempatpinjamuang-Dalam kartu kredit, ada yang namanya iuran tahunan. Buat yang mencari kartu kredit pertama, pilih yang bebas iuran setidaknya pada tahun pertama.

kartu kredit pertama
Biar gak rugi, pilih yang gak perlu bayar iuran tahunan pertama (Kartu kredit/CC Advise)

tempatpinjamuang-Meski jumlah iuran cuma ratusan ribu rupiah dan ditarik sekali setahun, angka itu tetaplah berupa duit yang penting buat kita. Kartu kredit bebas iuran tahunan juga penting kalau sewaktu-waktu kita mau ganti kartu kredit alasannya merasa gak cocok dengan kebutuhan.

tempatpinjamuang-Rugi dong keluar duit buat kartu kredit yang gak cocok. Mending duitnya dimasak buat modal nikah.

3. Syarat mudah

tempatpinjamuang-Biar gak depresi berat ditolak dikala mengajukan kartu kredit pertama, cari yang syaratnya mudah. Misalnya batas minimal honor kecil dan sanggup apply via online.

tempatpinjamuang-Kan gak lucu telah sibuk-sibuk nyiapin banyak dokumen, diwawancara, nunggu berminggu-minggu, eh, aplikasi kartu kredit ditolak. Sudah banyak kok kartu kredit yang sanggup ditemukan via online.

4. Sesuai dengan kebutuhan

tempatpinjamuang-Sejatinya, bukan cuma kartu kredit pertama yang mesti sesuai dengan kebutuhan. Artinya, di saat mencari kartu kredit, kita mesti menyaksikan dahulu apa keperluan kita.

tempatpinjamuang-Misalnya kita berkala belanja barang keperluan rumah tangga di swalayan A. Maka, carilah kartu kredit yang punya kolaborasi dengan swalayan tersebut.

kartu kredit pertama
jangan lupa dengan potongan harga yang sanggup didapat kalau belanja pakai kartu kredit (belanja/amino nara)

tempatpinjamuang-Hasil kolaborasi itu yakni diskon, reward, dan kepraktisan lain yang didedikasikan bagi pemegang kartu. Kurang yummy bagaimana, coba? Kartu kredit di tangan, belanja bulanan pun ringan.

Dari tolok ukur di atas, kita sanggup menyederhanakan penelusuran kartu kredit pertama. Kartu kredit yang sanggup dicicipi sesuai dengan tolok ukur tersebut, antara lain dari Bank Mega.

Kartu kredit Bank Mega terbilang gampang didapat. Kerja sama dengan swalayan dan sentra belanja pun ada, yakni Carrefour, Transmart, dan Metro.

tempatpinjamuang-Terlebih ada banyak kepraktisan yang sanggup kita peroleh kalau menggunakan kartu kredit itu untuk transaksi di lini kerja keras Trans Corp lainnya. Misalnya, di Trans Studio dan Wendy’s.

tempatpinjamuang-Apa pun opsi kartu kredit pertama kita, jangan lupa. Tanggung jawab yakni aspek penting untuk mereguk faedah kartu kredit sepenuhnya.

tempatpinjamuang-Tanpa tanggung jawab, jangan harap sanggup menikmati faedah kartu kredit. Bisa-bisa malah terbelit utang karena gak sanggup memegang hak istimewa selaku pemilik kartu kredit.

 

 

Yang terkait postingan ini:

[Baca: Pengin Punya Kartu Kredit Gak Pakai Ribet? Yuk Ajukan Kartu Kredit Secara Online]

[Baca: Kartu Kredit Bebas Iuran Tahunan Selamanya, Memangnya Ada?]

[Baca: Sudah Tahu Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit? Simak Yuk]

Tags :

News Feed