oleh

10 Investasi Terbaik, Terpercaya, Dan Menguntungkan 2021

tempatpinjamuang-Investasi merupakan cara mengakumulasi kekayaan atau sumber daya dengan tujuan menjaga nilainya sekaligus menciptakan keuntungan. Ada 10 jenis investasi terbaik, terpercaya, dan menguntungkan di tahun 2021 ini yang sanggup menjadi pilihan.

tempatpinjamuang-Sederhananya, investasi itu layaknya kau berbelanja properti dengan harga kini kemudian dijual kelak, mungkin 10 tahun kemudian, dengan harga yang tinggi. 

tempatpinjamuang-Nah, ada banyak jenis investasi terbaik yang lain selain properti yang sanggup kau pilih. Bahkan, ada yang bermodalkan mulai dari Rp 100 ribu buat memulainya.

tempatpinjamuang-Namun, tetapkan kau sudah menyisakan sebagian penghasilan untuk asuransi kesehatan yang bagus sebelum berinvestasi, ya! Supaya keuangan kau kondusif ketika ada pengeluaran secara tiba-tiba yang besar menyerupai sakit.

tempatpinjamuang-Berikut ini merupakan daftar opsi investasi terbaik.

  • Properti
  • Emas
  • Reksa dana
  • Saham
  • Obligasi
  • Peer-to-peer lending (P2P lending)
  • Tabungan Berjangka
  • ETF
  • Deposito
  • Benda seni dan koleksi

1. Properti

tempatpinjamuang-Investasi yang senantiasa mengalami peningkatan setiap tahunnya dan kemungkinan untuk turun sungguh kecil, kecuali momentum ekonomi sedang lesu atau resesi. 

tempatpinjamuang-Investasi ini sanggup dibilang akan senantiasa mengalami peningkatan terus selama demand masih tinggi dan mempunyai pengaruh terhadap harga yang akan kian tinggi. 

tempatpinjamuang-Jika kau mempunyai properti berupa rumah, rumah tersebut sanggup dijadikan wilayah kerja keras menyerupai kos-kosan ditambah lagi dengan menaikkan kos tersebut untuk menciptakan kerja keras lainnya, menyerupai laundry, catering, dan lainnya.

tempatpinjamuang-Properti yang merupakan sektor riil di negara meningkat menyerupai Indonesia tidak terlampau kokoh terhadap inflasi sebab lebih terhadap ekspektasi. Dalam hal ini, aset rill tersebut akan melindungi keuangan terhadap inflasi.

tempatpinjamuang-Berikut ini laporan Bank Indonesia (BI) perihal kemajuan harga properti di Indonesia.

Perkembangan harga properti di Indonesia dari 2018 - 2021

2. Emas

tempatpinjamuang-Emas atau logam mulia masih dianggap selaku investasi terbaik bagi sebagian penduduk di Indonesia. Apalagi jenis investasi ini merupakan aset yang gampang dijual atau diuangkan.

tempatpinjamuang-Namun, berinvestasi emas tetap mempunyai tingkat risiko, antara lain sebab fisiknya yang kurang gampang sehingga memerlukan wilayah penyimpanan yang dilengkapi keselamatan ekstra.

tempatpinjamuang-Risikonya akan lebih tinggi jikalau kau mempunyai emas-emas batangan dalam jumlah yang besar sehingga tidak sanggup menyimpannya di suatu brankas yang kecil.

tempatpinjamuang-Benar emas itu menguntungkan, terlebih di masa pandemi Covid-19 menyerupai kini ini. Harga emas juga condong naik dalam sementara waktu belakangan ini. Wajar aja emas naik pamor selaku instrumen investasi terbaik 2021.

Asuransi & InvestasiAsuransi & Investasitempatpinjamuang-Namun, emas mempunyai kelemahan selaku opsi investasi. Pertama, menyimpan emas sungguh berisiko. Karena itu, ada safe deposit box yang tentu aja ada biayanya.

tempatpinjamuang-Kedua, keuntungan investasi emas gres sanggup dicicipi dalam rentang waktu yang panjang. Keuntungan itu pun kadang masih kalah besar dengan investasi saham. Apalagi emas punya selisih (spread) harga beli dan harga jual emas terbilang jauh.

tempatpinjamuang-Di bawah ini grafik pertumbuhan harga emas menyerupai yang dilaporkan Logam Mulia Antam.

Grafik harga emas Antam dari 2015 - 2021

3. Reksa dana

tempatpinjamuang-Sederhananya, dengan berinvestasi reksa dana, kau bermakna sudah berinvestasi di saham, obligasi, dan deposito. 

tempatpinjamuang-Namun, investasi ditangani lewat mediator Manajer Investasi atau MI yang profesional. Manajer Investasi di sini bertugas untuk menghimpun dana dan mereka yang mengurus investasi kau dengan taktik yang mereka miliki.

tempatpinjamuang-Untuk mereka yang belum mempunyai pengalaman cukup di bidang investasi, reksa dana sanggup menjadi opsi investasi terbaik tanpa ribet. 

tempatpinjamuang-Pasalnya, kau hanya perlu berbelanja unit-unit reksa dana semisal reksa dana saham dalam satu paket tanpa mesti berbelanja saham satu per satu.

tempatpinjamuang-Reksa dana sendiri berisikan beberapa jenis, yaitu:

  • Reksa dana pasar duit merupakan jenis reksa dana yang berisikan instrumen pasar duit (deposito, obligasi negara, dan obligasi swasta) dengan komposisi 100 persen.
  • Reksa dana pendapatan tetap merupakan jenis reksa dana dengan komposisi 80 persen atau lebih berupa obligasi negara.
  • Reksa dana saham merupakan jenis reksa dana dengan komposisi 80 persennya berupa saham.
  • Reksa dana gabungan merupakan jenis reksa dana yang komposisinya berisikan saham, obligasi, dan pasar uang.
  • Reksa dana indeks dan ETF merupakan jenis reksa dana yang menggunakan indeks saham selaku acuannya, menyerupai reksa dana ETF IDX30 atau reksa dana ETF LQ45.

tempatpinjamuang-Sekalipun sederhana dan gak ribet, reksa dana itu ada ongkosnya lho, seperti:

  • Biaya pembelian Unit Penyertaan (subscription fee), maksimum sebesar 2 persen.
  • Biaya pemasaran kembali Unit Penyertaan (redemption fee), maksimum sebesar 1 persen.
  • Biaya Pengalihan Unit Penyertaan (switching fee) maksimum sebesar 1,5 persen.
  • Semua ongkos bank.
  • Pajak.

4. Saham

tempatpinjamuang-Saham sanggup menjadi jenis investasi terbaik berikutnya yang sanggup kau pilih. Saham merupakan surat bermanfaat yang menampilkan kepemilikan dari suatu tubuh usaha. 

tempatpinjamuang-Saham merupakan bukti kepemilikan suatu perusahaan, tergolong penghasilan dan aset. Masyarakat lazim sanggup mempunyai saham dari perusahaan yang namanya terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

tempatpinjamuang-Saham digolongkan selaku salah satu produk pasar modal sekaligus salah satu instrumen investasi jangka panjang.

tempatpinjamuang-Jika kau berinvestasi saham, kau juga sanggup dibilang selaku pemilik dari perusahaan tersebut. Namun, takaran kepemilikannya juga sesuai dengan investasi yang kau laksanakan di perusahaan tersebut.

Asuransi & InvestasiAsuransi & Investasitempatpinjamuang-Ada dua keuntungan utama dari berinvestasi saham, yaitu:

  • Dividen merupakan keuntungan yang dibagikan perusahaan yang asalnya dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan terbuka atau Tbk. tersebut.
  • Capital gain merupakan keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli suatu saham.

tempatpinjamuang-Di balik keuntungan, investasi saham juga punya risiko, di antaranya:

  • Capital loss merupakan kerugian dari selisih harga jual dan harga beli suatu saham. Capital loss merupakan kebalikan dari capital gain.
  • Risiko likuidasi merupakan keadaan yang mana perusahaan terbuka dinyatakan pailit oleh Pengadilan kemudian dibubarkan kemudian aset-asetnya dijual buat mengeluarkan duit seluruh kewajiban. Kalau ada sisa, pemegang saham berhak atas sisa pemasaran tersebut.

tempatpinjamuang-Berikut ini kemajuan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dari tahun 2000 – 2021.

Perkembangan IHSG dari 2000 - 2021

5. Obligasi

tempatpinjamuang-Surat utang atau obligasi merupakan instrumen investasi yang juga diperdagangkan di pasar sekunder Bursa Efek Indonesia (BEI). Obligasi yang tercatat di BEI meliputi:

  • Obligasi Korporasi, yang berasal dari perusahaan swasta nasional, BUMN, dan BUMD.
  • Sukuk merupakan pengaruh syariah yang umumnya dalam wujud Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Pilihan yang satu ini tergolong opsi investasi terbaik menurut Islam.
  • Surat Berharga Negara (SBN) merupakan surat bermanfaat yang berisikan Surat Utang Negara (SUN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).
  • Efek Beragun Aset (EBA) merupakan pengaruh yang tergolong surat utang dengan menggunakan underlying aset selaku dasar penerbitan.

tempatpinjamuang-Dengan menempatkan dana di obligasi selaku opsi investasi terbaik 2021, kau mendapatkan keuntungan berupa:

  • Pemberian kupon/fee/nisbah secara periodik yang nilainya rata-rata di atas bunga deposito.
  • Keuntungan dari capital gain atas pemasaran obligasi di pasar sekunder.
  • Risiko relatif lebih rendah dibandingkan instrumen lain, menyerupai saham.
  • Pilihan serinya bermacam-macam di pasar sekunder.

6. Peer-to-Peer Lending (P2P Lending)

tempatpinjamuang-Berinvestasi di P2P Lending menjadi salah satu alternatif investasi terbaik yang patut dipertimbangkan. 

tempatpinjamuang-Dengan berinvestasi di P2P Lending, kau sanggup mempunyai imbal hasil atau return yang lebih besar dan aman. Namun, risikonya juga terbilang tinggi.

tempatpinjamuang-Peer-to-peer lending menampilkan rancangan santunan pinjaman sekaligus penawaran investasi dengan mempertemukan pemberi pinjaman (lender) dan pengambil pinjaman (borrower).

tempatpinjamuang-Kamu yang ingin berinvestasi di P2P Lending berperan selaku lender yang menawarkan modal bagi borrower. Pengembalian atau return investasi dari P2P lending rata-rata lebih dari 10 persen per tahun.

7. Tabungan Berjangka

tempatpinjamuang-Pilihan investasi yang satu ini cocok banget nih selaku investasi terbaik untuk pemula. Sebab tabungan berjangka menjadi awalan investasi terbaik bagi mereka yang akan mulai berinvestasi.

tempatpinjamuang-Tabungan berjangka memberi keuntungan berupa bunga layaknya tabungan atau deposito. Pastinya bunga tabungan berjangka lebih besar dibandingkan bunga tabungan biasa.

tempatpinjamuang-Rata-rata bunga tabungan berjangka dipersiapkan 3 persen – 4 persen per tahunnya. Sekalipun bunga tabungan berjangka di atas bunga tabungan biasa, besarannya masih kalah dengan bunga deposito yang rata-rata 5 persen per tahun, bahkan lebih.

tempatpinjamuang-Kelebihan yang lain dari tabungan berjangka merupakan instrumen investasi ini minim risiko. Jadi, jangan kalut mengalami kerugian layaknya saham yang harga per lembarnya naik turun.

Asuransi & InvestasiAsuransi & Investasi

8. Exchange Traded Fund (ETF)

tempatpinjamuang-Gak mau ribet atau sakit kepala berbelanja saham ini atau saham itu? Beli aja Exchange Traded Fund (ETF) selaku opsi investasi terbaik.

tempatpinjamuang-Kenapa Exchange Traded Fund (ETF)? Instrumen investasi ini tergolong selaku reksa dana. Bedanya dengan reksa dana saham yang lain, seluruh komposisi ETF mengacu pada indeks harga saham semisal indeks saham LQ45 atau IDX30.

tempatpinjamuang-Dengan mengacu pada indeks saham tersebut, pergerakan harga unit-unit reksa dana menyesuaikan dengan pergerakan indeks saham ataupun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

tempatpinjamuang-ETF sudah terbukti punya penampilan terbaik dibandingkan banyak reksa dana yang komposisinya dibentuk Manajer Investasi (MI). Bahkan, Warren Buffett, penanam modal paling berhasil di dunia, pertanda mereka yang andal di pasar saham gak sanggup mengalahkan indeks.

tempatpinjamuang-Ditambah lagi, ETF punya keistimewaan diversifikasi yang mana penanam modal sudah menjalankan diversifikasi saham dengan berbelanja ETF. Namun, kepemilikan ETF mesti dibayar dengan biaya-biaya yang terdapat di dalamnya.

tempatpinjamuang-Sejauh ini terdapat 45 ETF yang terdaftar di BEI. Berikut ini 10 di antaranya menyerupai yang dikutip dari idx.co.id.

TickerETFTanggal pencatatanUnderlyingManajer Investasi
R-ABFIIReksa Dana Asian Bond Fund – Indonesia Bond Index Fund18 Desember 2007ObligasiPT Bahana TCW Investment Management
R-LQ45XReksa Dana Premier ETF LQ-4518 Desember 2007SahamPT Indo Premier Investment Management
XIITReksa Dana Premier ETF IDX3030 Oktober 2012SahamPT Indo Premier Investment Management
XIICReksa Dana Premier ETF Indonesia Consumer30 April 2013SahamPT Indo Premier Investment Management
XIJIReksa Dana Syariah Premier ETF JII30 April 2013SahamPT Indo Premier Investment Management
XISIReksa Dana Premier ETF SMINFRA186 Maret 2014SahamPT Indo Premier Investment Management
XISRReksa Dana Premier ETF SRI-KEHATI26 September 2014SahamPT Indo Premier Investment Management
XIIFReksa Dana Premier ETF Indonesia Financial19 November 2014SahamPT Indo Premier Investment Management
XISCReksa Dana Premier ETF Indonesia State-Owned Companies1 Oktober 2015SahamPT Indo Premier Investment Management
XPLQReksa Dana Pinnacle Enhanced Liquid ETF15 Agustus 2016SahamPT Pinnacle Persada Investama

9. Deposito

tempatpinjamuang-Selain tabungan berjangka, bank juga menampilkan deposito buat nasabah yang ingin mendapatkan bunga tabungan yang besar.

tempatpinjamuang-Banyak orang di Indonesia yang familier dengan deposito. Bahkan, banyak di antara mereka yang mengandalkan deposito menjadi opsi investasi terbaik.

tempatpinjamuang-Bunga deposito yang rata-rata 5 persen per tahun ditambah dengan penjaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) merupakan keistimewaan dari deposito.

tempatpinjamuang-Walaupun begitu, deposito mempunyai kekurangan, yakni tingkat kegunaannya yang kecil dibandingkan reksa dana, obligasi, ataupun saham.

tempatpinjamuang-Buat kau yang kebetulan mau mendepositokan uang, berikut ini kabar modern bunga deposito bank-bank besar di Indonesia.

10. Benda seni dan koleksi

tempatpinjamuang-Benda seni dan barang koleksi punya nilai yang tinggi sebab banyak sekali faktor. Gak jarang kalau harganya sanggup sedemikian mengagumkan buat satu koleksi aja.

tempatpinjamuang-Contohnya aja lukisan Lost on the Grand Banks karya Winslow Homer yang dibeli Bill Gates pada 1998 dengan harga US$ 30 juta.

tempatpinjamuang-Begitu juga kalau kau mengoleksi Lego. Salah satu mainan ini harganya sanggup sungguh tinggi sebab jumlahnya yang terbatas. Contohnya aja Lego pesawat Star Wars yang dijual dengan harga US$ 15.000. Harganya bakal terus naik seiiring banyaknya pengumpul yang memburunya.

Cara menegaskan instrumen investasi

tempatpinjamuang-Bagaimanakah cara menegaskan instrumen investasi yang tepat? Berikut ini cara-caranya.

1. Pahami kalau ada risiko yang besar di balik keuntungan yang besar

tempatpinjamuang-Instrumen investasi memang menampilkan keuntungan. Namun, ada risiko di balik kerja keras mendapat keuntungan tersebut.

tempatpinjamuang-Seperti yang sudah diungkapkan di atas, setiap instrumen keuangan punya kelemahan masing-masing yang menjadi risikonya.

tempatpinjamuang-Di sini mesti dipahami, kalau mau mendapat keuntungan yang besar, penanam modal mesti siap mana kala risiko besar terjadi pada dirinya. 

tempatpinjamuang-Misalnya aja saham yang beri keuntungan sanggup lebih dari 10 persen per tahun. Namun, keuntungan yang dibutuhkan meningkat menjadi kerugian menyerupai masa pandemi Corona kini ini yang mana IHSG turun sungguh dalam.

2. Pilih instrumen investasi sesuai dengan profil risiko

tempatpinjamuang-Ada tiga profil risiko yang menjadi pola ke mana dana mesti diinvestasikan. Berikut ini penjelasannya.

  • Konservatif, menegaskan investasi dengan risiko minimal dan keuntungan di atas inflasi. Contoh instrumen: deposito, Obligasi Ritel Negara (ORI), dan reksa dana pasar uang.
  • Moderat, menegaskan investasi yang risikonya gak besar dengan keuntungan di atas bunga deposito. Contoh instrumen: obligasi dan reksa dana pendapatan tetap.
  • Agresif, menegaskan investasi dengan keuntungan tinggi meskipun risikonya juga tinggi. Contoh instrumen: saham, ETF, dan P2P lending.

tempatpinjamuang-Semakin bertambahnya usia, alangkah baiknya menegaskan instrumen yang minim risiko. Jangan lupa untuk menjalankan diversifikasi dengan menempatkan dana di bermacam-macam instrumen.

Coba ketahui profil resiko investasimu dengan mengikuti kuis berikut ini:

3. Sesuaikan dengan tujuan investasi

tempatpinjamuang-Apa tujuanmu berinvestasi? Di sini kau mesti tahu niscaya kenapa berinvestasi. Tujuan investasi menegaskan lamanya berinvestasi, dari jangka pendek, jangka menengah, sampai jangka panjang.

tempatpinjamuang-Misalnya aja tujuan kau berinvestasi merupakan berbelanja rumah. Itu bermakna kau butuh dana yang besar untuk mewujudkannya. Agar tujuan tersebut terealisasi, kau mesti berinvestasi dalam jangka panjang.

tempatpinjamuangUntuk investasi jangka pendek, ada baiknya menegaskan instrumen investasi yang likuid alias gampang dikonversi menjadi duit tunai. Contohnya aja deposito ataupun reksa dana.

Investasi perlu, namun perlindungan mesti menjadi yang utama

tempatpinjamuang-Berinvestasi tanpa perlindungan sama aja nihil hasilnya. Kenapa? Sebab duit investasimu sanggup berkurang drastis gara-gara mengeluarkan duit kerugian akhir risiko-risiko tak terduga yang menimpamu.

tempatpinjamuang-Itulah alasannya perlindungan mesti lebih dulu dimiliki setelah dana darurat cukup. Baru setelah mempunyai proteksi, investasi sanggup dilakukan. 

tempatpinjamuang-Dengan mempunyai proteksi, risiko-risiko semisal kecelakaan ataupun sakit penyakit yang memicu kerugian finansial sanggup dihemat mudah-mudahan gak menciptakan kekayaan menyusut.

tempatpinjamuang-Nah, buat kau yang belum punya proteksi, tempatpinjamuang punya anjuran menawan buatmu. Cukup membuka halaman di bawah ini, kau berhak menikmati potongan harga dan promo lainnya.

Pertanyaan-pertanyaan seputar investasi terbaik

tempatpinjamuang-Ada sejumlah pertanyaan yang sering ditanyakan terkait dengan investasi. Berikut ini pertanyaan-pertanyaannya.

Apa yang dimaksud investasi?Investasi merupakan salah satu cara mengakumulasi kekayaan atau sumber daya untuk melindungi nilainya dan berbincang keuntungan. Investasi menjadi kepingan penting dalam pengelolaan keuangan demi tercapainya keleluasaan finansial.Mengapa perlu investasi?Investasi menjadi upaya dalam mengurangi risiko inflasi tiap tahunnya. Inflasi merupakan peningkatan seluruh harga dan secara terus-menerus berjalan dalam rentang waktu tertentu.Apa aja opsi investasi terbaik yang sanggup dilakukan?Seperti yang dibahas sebelumnya, jenis-jenis investasi terbaik yang sanggup dijadikan opsi termasuk properti, emas, reksa dana, saham, obligasi, Peer-to-peer lending (P2P lending), tabungan berjangka, ETF, deposito, serta benda seni dan koleksi.Bagaimana cara mengakali risiko investasi?Jawabannya merupakan diversifikasi. Diversifikasi merupakan taktik administrasi risiko dengan cara mempunyai bermacam-macam instrumen investasi dalam satu portofolio. Dengan begitu, kerugian instrumen yang satu sanggup ditutupi keuntungan instrumen lainnya.

Tags :

News Feed