oleh

Rindu Itu Berat! Begini 5 Kiat Mengobati Homesick Buat Pekerja Rantau

tempatpinjamuang-Banyak penduduk Indonesia yang menegaskan untuk merantau menjadi pekerja kantoran, entah itu ke luar kota atau ke luar negeri. Tujuannya demi mendapat kemakmuran yang lebih baik lagi. 

tempatpinjamuang-Artinya, mereka mesti rela jauh dari kampung halaman, meninggalkan keluarga tersayang beserta kenangan-kenangannya. 

tempatpinjamuang-Nah melakukan pekerjaan jauh di luar kota atau negara lain bikin kita sering kangen sama rumah. Kalau lokasinya akrab dan ada waktu luang sih mungkin dapat sering-sering balik, tetapi bagaimana bila yang saking sibuknya kerja hingga gak ada waktu buat balik. 

tempatpinjamuang-Fenomena kangen kampung halaman ini biasa disebut dengan homesick

tempatpinjamuang-Sebenarnya, fasilitas komunikasi di sekarang ini telah memungkinkan kau untuk melepas kangen melalui video call, tatap wajah tanpa mesti berjumpa langsung. Tapi sayangnya, kangennya hanya hilang sementara. 

tempatpinjamuang-Homesick itu bisa menyedot emosi, kesannya kau mempunyai potensi tidak konsentrasi dalam menjalankan setiap tugas-tugas kantor. 

tempatpinjamuang-Untungnya, tempatpinjamuang punya kiat untuk mengobati rasa kangen para para pekerja kantoran yang merantau. 

1. Sering-seringlah menghubungi kampung halaman

Pekerja Kantoran
Video call (Shutterstock).

tempatpinjamuang-Hal pertama yang sering dijalankan pekerja kantoran yang merantau bila kangen rumah merupakan menghubungi keluarga. Saat ini sistem komunikasi gak hanya via teks dan bunyi saja, tetapi ada fitur video call.

tempatpinjamuang-Meskipun tidak mencicipi kehadiran fisiknya, dengan video call kamu dapat menghubungi orang terkasih sekaligus menyaksikan eksklusif keadaan mereka menyerupai apa. 

tempatpinjamuang-Cobalah menghubungi mereka secara rutin, bila perlu setiap hari. Dijamin homesick hilang seketika. 

2. Jalan-jalan di kota tempat bekerja 

Pekerja Kantoran
Solo traveling (Shutterstock).

tempatpinjamuang-Bersikap menjadi wisatawan di kota tempat melakukan pekerjaan ternyata juga dapat menghemat homesick lho. Cobalah menjelajah kota tersebut, berkenalan dengan teman-teman baru, dan berkumpul dengan sesama perantau lainnya. 

tempatpinjamuang-Selain menetralisir homesick, cara ini juga membantumu untuk mengenal budaya baru, dan mendapat keluarga baru. Tapi yang utama, dapat ngilangin stres akhir kerjaan kantor yang gak kelar-kelar! 

3. Kumpul dengan sesama perantau 

Pekerja Kantoran
Kumpul kumpul dengan mitra seperjuangan (Shutterstock).

tempatpinjamuang-Nah selain jalan-jalan tadi, kau sungguh disarankan untuk berjumpa dengan sesama pekerja kantoran yang merantau. Lebih cantik lagi yang satu tempat asal, supaya dapat kangen-kangenan bareng mengenai kampung halaman. 

tempatpinjamuang-Jalin kedekatan, dengarkan dongeng mereka, dan minta kiat bagaimana cara mereka menetralisir rasa kangen yang sering timbul tiba-tiba. 

4. Coba minimalisir ketergantungan dengan teknologi 

Pekerja Kantoran
Bercengkerama dengan teman dekat (Shutterstock).

tempatpinjamuang-Teknologi contohnya internet memang dapat mendekatkanmu dengan keluarga yang berada jauh di sana, tetapi, bila kau keseringan internetan yang ada kau bakalan kangen terus sama mereka. 

tempatpinjamuang-Setidaknya minimalisir penggunaan internet dan mulailah bersosialisasi dengan orang-orang sekitar di lingkungan barumu, dapat teman dekat kantor atau teman dekat kos-kosan. Supaya kau gak terus-terusan kepikiran kampung halaman.

5. Aktif berkegiatan 

Pekerja Kantoran
Jogging (Shutterstock).

tempatpinjamuang-Cara lain untuk menetralisir homesick bagi pekerja kantoran merupakan dengan merepotkan diri sendiri. Kalau hari weekdays, mungkin kau telah direpotkan dengan pekerjaan kantoran, sementara di saat weekends kamu dapat menjalani hobimu, misal sepedahan, lari pagi, kegemaran apapun yang membuatmu aktif berkegiatan. 

tempatpinjamuang-Itulah 5 kiat menetralisir homesick bagi pekerja kantoran yang tengah mengadu nasib di kota orang. Kalau ada waktu libur atau jatah cuti berlebih, tidak ada salahnya untuk balik ke kampung halaman! Karena keluargamu juga niscaya merindukanmu. (Editor: Winda Destiana Putri).

Tags : , , ,

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed