oleh

Contoh Slip Honor Karyawan Dan Komponen Penting Dalamnya

Setiap orang yang melakukan pekerjaan di suatu perusahaan niscaya memiliki rujukan slip honor karyawan yang berkhasiat untuk banyak sekali hal pribadi. Dokumen yang satu ini mungkin terdengar sepele ketika gak diperlukan tetapi kau mesti tahu kalau kiprahnya sungguh krusial ketika diperlukan.

Sebab manfaatnya yang terbilang vital untuk banyak sekali hal mulai dari bayar pajak, menganalisa pengeluaran hingga melamar pekerjaan di wilayah baru. Oleh alasannya itu, penting buat kamu, khususnya yang melakukan pekerjaan di dunia profesional guna mengenali hal tersebut.

Berikut ini merupakan klarifikasi seputar pengertian, faedah dan rujukan slip honor karyawan yang cocok dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 Tahun 2015.

Pengertian Slip Gaji karyawan

Slip honor merupakan bukti pembayaran atau penerimaan upah dari perusahaan terhadap pegawainya yang sah. Dalam kertas ini terdapat beberapa warta tertuliskan ihwal nominal honor dan tunjangan yang ditemukan seseorang beserta dengan detail unsur apabila ada kebutuhan perlu dibayarkan.

Bukti penerimaan ini emang gak senantiasa diperlukan setiap bulannya oleh karyawan. Kamu sanggup meminta pribadi terhadap divisi keuangan atau HRD untuk secepatnya diberikan.

Manfaat Slip Gaji Bagi Karyawan 

contoh slip honor karawayan bagi pekerja

tempatpinjamuang-Pada umumnya, slip honor sanggup digunakan untuk menyanggupi standar atas pengajuan kartu kredit, santunan KPR, dan lainnya. Dari slip honor ini, pihak bank sanggup melakukan analisis apakah debitur menyanggupi kelayakan yang sudah ditetapkan. 

tempatpinjamuang-Contoh kasusnya, ketika mengisi kolom honor di formulir pinjaman, debitur menuliskan bahwa honor yang diterima merupakan Rp5 juta. Dengan slip honor karyawan kreditur dalam menyaksikan perincian honor pemohon santunan apakah warta yang diberikan betul atau tidak. Atau mungkin memang betul honor debitur Rp5 juta per bulan, tetapi yang diterima higienis cuma Rp4,5 juta per bulan. 

Selain itu ada beberapa fungsi lain dari slip ini untuk karyawan, antara lain:

  • Mengajukan santunan online
  • Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)
  • Mengajukan Kredit Perumahan Rakyat (KPR)
  • Melamar pekerjaan
  • Kredit kendaraan beroda empat atau motor

Manfaat Slip Gaji bagi Perusahaan

contoh slip honor karyawan bagi perusahaan

Tidak cuma menampilkan laba dari segi karyawan, slip ini juga sungguh berkhasiat bagi perusahaan. Perlu dimengerti bahwa slip karyawan merupakan bukti pembayaran yang sanggup menampilkan transparansi suatu perusahaan sehingga loyalitas karyawan pun sanggup terbentuk.

Selain itu, slip ini juga sanggup digunakan selaku materi analisa kompetensi karyawan. Ini dikarenakan, melalui slip tersebut, perusahaan sanggup menganalisis frekuensi lembur dan besaran bonus yang diterima atas prestasi karyawan.

Jenis-Jenis Slip Gaji Karyawan 

jenis dan rujukan slip honor karyawan

Slip upah karyawan terbagi menjadi dua kategori, yakni slip upah karyawan tetap dan tidak tetap. Umumnya, karyawan tetap memiliki detail slip yang lebih banyak alasannya variabel pemotong dan penambah atas pendapatannya juga lebih banyak.

Sementara, slip karyawan tidak tetap lazimnya lebih sederhana alasannya cuma meliputi honor pokok duit lembur, serta unsur keterlambatan kalau ada.

Komponen Wajib di Dalam Slip Gaji Karyawan 

contoh sli[p honor karyawan potongan

tempatpinjamuang-Pada praktiknya, setiap perusahaan memiliki elemen slip upah karyawan yang berbeda-beda. Meski begitu, tetap ada elemen wajib yang perlu dicantumkan oleh semua perusahaan. Berikut ini di antaranya: 

1. Data lazim karyawan dan perusahaan 

tempatpinjamuang-Dalam slip gaji, pasti mesti ada identitas terang atas perusahaan dan karyawan yang bersangkutan. 

2. Gaji pokok 

tempatpinjamuang-Gaji pokok merupakan upah dasar yang dibayarkan perusahaan atas pekerjaan yang dijalani karyawan setiap bulannya. 

3. Tunjangan 

Tunjangan adalah embel-embel honor di luar honor pokok yang diberikan terhadap karyawan oleh perusahaan. Tunjangan sendiri terbagi menjadi dua kategori, yakni tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap. 

  • Tunjangan tetap seumpama tunjangan jabatan dan keluarga diberikan berkala serempak dengan gaji. 
  • Tunjangan tidak tetap seumpama tunjangan transportasi dan makan siang diberikan sesuai kehadiran atau ketidakhadiran karyawan. 

4. Potongan 

tempatpinjamuang-Sama halnya dengan tunjangan, unsur dalam slip honor juga terbagi atas dua kategori, yakni unsur tetap dan tidak tetap. 

  • Potongan tetap seumpama PPh dan BPJS dilakukan setiap bulan. 
  • Potongan tidak tetap seumpama cicilan santunan atau kasbon diadaptasi dengan keadaan. 

5. Bonus

tempatpinjamuang-Beberapa perusahaan menampilkan bonus atau komisi atas prestasi kerja karyawan. Umumnya elemen bonus ini timbul sekali atau dua kali dalam setahun. 

6. Lembur

tempatpinjamuang-Lembur artinya kerja melampaui delapan jam sehari atau 40 hari seminggu. Meski begitu, tidak semua perusahaan memiliki kebijakan yang sama. 

Contoh Slip Gaji Karyawan 

tempatpinjamuang-Untuk menampilkan citra lebih terang terkait jenis bukti pembayaran ini, berikut tempatpinjamuang sudah rangkum tentang rujukan slip honor karyawan yang sederhana. 

contoh slip honor karyawan sederhana
Sumber gambar: Artisanalbistro.com
sederhana rujukan slip honor karyawan
Sumber gambar: Haurgeulis.com
contoh slip honor karyawan excel
Sumber gambar: Gadjian.com

Jadi, sanggup ditarik kesimpulan bahwa slip gaji karyawan berkhasiat selaku bukti transparansi perusahaan terhadap karyawan. Tanpa bukti pencatatan ini, karyawan akan sukar mengenali asal-usul honor yang diterimanya setiap bulan.

Untuk penyusunannya tidak mesti senantiasa sama dengan rujukan slip karyawan di atas. Kunci khususnya merupakan mencantum komponen-komponen wajib yang sudah dibahas sebelumnya. Selain itu, kita juga sanggup mempergunakan sejumlah aplikasi pengerjaan slip upahi online seperti Gaji.id, Gadjian, dan Accurate Online. (Editor: Mahardian Prawira)

Tags : ,

News Feed