Menu
Info seputar keuangan peminjaman uang di seluruh Indonesia

Salip Jepang, China Bakal Jadi Top Importir LNG Dunia – TPMNews

  • Bagikan

Jakarta, tpmnews – China akan menjadi importir gas alam cair (liquefied natural gas/ LNG) terbesar di dunia tahun ini, mengalahkan Jepang. Hal tersebut disampaikan perusahaan tracking kargo dan penyedia data harga, ICIS LNG Edge, sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (11/06/2021).

Perkiraan ini didasarkan pada pemulihan ekonomi China yang cepat dan kuat. Selain itu, China juga tengah berupaya untuk mengurangi polusi dengan menggunakan energi yang lebih ramah lingkungan dan memasuki musim dingin.

Jepang telah menjadi negara pengimpor LNG terbesar dunia selama berpuluh tahun. Namun, pembelian LNG dari Tokyo yang biasanya digunakan untuk memproduksi listrik ini telah menurun sejak beberapa waktu lalu. Jepang dalam beberapa tahun belakangan ini mengurangi impor LNG seiring dengan rencana menekan emisi karbon hampir separuh pada 2030.

Pilihan Redaksi
  • 1 Dekade Lifting Migas RI Anjlok 26%
  • DPR-ESDM Sepakati Asumsi Awal ICP-Subsidi Listrik 2022

Sementara itu, China mulai mengejar Jepang sebagai negara importir LNG terbesar. Jepang mengimpor LNG sebesar 76,32 juta ton antara Juni 2020 hingga Mei 2021 ini. Sementara impor LNG China mencapai 76,27 juta ton selama periode yang sama.

Impor LNG China diperkirakan bakal mencapai 81,2 juta ton, mengalahkan Jepang sebesar 75,2 juta ton pada tahun ini. Permintaan LNG meningkat untuk menggantikan batu bara yang lebih berpolusi dalam menghasilkan listrik.

“China akan memimpin ekspansi kapasitas global dalam fasilitas regasifikasi. Ini dipasang di terminal impor untuk mengembalikan gas cair ke bentuk aslinya.”

Mengutip Oil Price, GlobalData menyebut China akan menyumbang 27% dari penambahan kapasitas regasifikasi baru secara global antara tahun ini dan 2025. Ini akan mencapai 4,191 triliun kaki kubik (TCF) dalam kapasitas regasifikasi baru. Menurut GlobalData, dan 1,308 triliun kaki kubik dalam proyek ekspansi.

Permintaan LNG yang tinggi oleh China membuat Qatar sebagai eksportir terbesar dunia menjadikan China negara nomor satu untuk produk LNG-nya.

Bahkan Reuters melaporkan bulan lalu bahwa Qatar sedang dalam pembicaraan dengan perusahaan-perusahaan China untuk menjadikan mereka sebagai mitra dalam proyek perluasan produksi LNG.

[Gambas:Video CNBC]

(wia)

Sumber tpmnews

  • Bagikan
id_IDIndonesian