Menu
Info seputar keuangan peminjaman uang di seluruh Indonesia

Ekonomi RI Masih Resesi, Sektor Ini Bangkit Berdiri! – TPMNews

  • Bagikan

Jakarta, tpmnews – Setahun setelah resesi, nyatanya ekonomi Indonesia belum bisa keluar dari zona kontraksi. Output perekonomian Indonesia masih tumbuh negatif pada kuartal satu 2021. 

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada Januari-Maret lalu menyusut 0,74% (year on year/yoy). Jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya kontraksi yang tercatat mencapai 0,96% (quarter on quarter/qoq). 


Dari 17 sektor atau lapangan usaha yang dipantau tercatat ada 6 sektor yang tumbuh positif. Keenam sektor tersebut antara lain informasi dan komunikasi (infokom), pengadaan air, jasa kesehatan, pertanian, pengadaan listrik dan gas hingga real estat. 

Namun di antara keenam sektor tersebut yang kontribusinya besar dalam menyumbang PDB adalah pertanian. Itu pun tak mampu mengerek output ke zona ekspansi. Sementara sektor industri pengolahan, perdagangan, konstruksi dan pertambangan masih terbenam di zona kontraksi. 

Sektor yang sangat terkait dengan mobilitas publik seperti akomodasi makan dan minum hingga transportasi dan pergudangan masih menjadi sektor yang paling terpuruk. 

Hampir semua sektor jasa juga mengalami penyusutan kecuali jasa kesehatan. Di saat pandemi Covid-19 merebak, sektor jasa kesehatan cenderung mendapatkan keuntungan yang besar.


Sumber tpmnews

  • Bagikan