Menu
Info seputar keuangan peminjaman uang di seluruh Indonesia

Daftar Mutasi Virus Corona yang Paling Menular Masuk RI – TPMNews

  • Bagikan

Jakarta, tpmnews – Virus corona yang menyebabkan COVID-19 kini telah bermutasi. Varian mutasi itu pun telah telah ditemukan di berbagai negara termasuk Indonesia.

Varian mutasi ini disebut-sebut oleh para ilmuwan menjadi varian mutasi virus Corona yang paling menular sampai 10 kali lipat, walaupun banyak pakar menegaskan bahwa hal itu baru sebatas hipotesis dan butuh penelitian lebih lanjut.

Berikut beberapa varian mutasi virus corona yang paling menular di Indonesia.

Mutasi virus corona D614G

Mutasi ini sudah ditemukan di Pulau Jawa sejak Maret 2020 lalu. Mutasi ini diklaim lebih menular 10 kali lipat.

Dikutip dari laman Times of India, D614G terletak di dalam protein yang menyusun spike virus yang digunakannya untuk masuk ke dalam sel manusia. Mutasi virus Corona ini mengubah asam amino pada posisi 614, dari D (asam aspartat) menjadi G (glisin), sehingga dinamakan D-614-G.

Mutasi ini diduga muncul beberapa saat setelah wabah awal Wuhan. Sesuai laporan BCC pada bulan Juli tahun 2020, strain ini terlihat pada sebanyak 97 persen sampel di seluruh dunia.

Mutasi virus corona B.1.1.7

Mutasi virus corona B.1.1.7 ditemukan di Indonesia pada Selasa (2/3/2021) oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

Pada Maret lalu, kasus temuan mutasi adalah sebanyak 6 kasus. Kasus tersebut yakni yang tersebar di lima provinsi yakni Jawa Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Kini, keseluruhan kasus tersebut telah sembuh.

Varian ini pertama kali ditemukan di Inggris. Disebutkan memiliki sifat penularan lebih cepat yakni 50-74 persen.

Halaman Selanjutnya >> Corona B 1.351 hingga N439K

Sumber tpmnews

  • Bagikan