Skip to main content

Syarat Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu dan Contoh Surat (SKTM)

No ratings yet.

Surat keterangan tidak mampu atau singkatnya SKTM ialah salah sebuah surat yang dibuat untuk menyatakan atau menerangkan kalau seseorang kurang mampu atau kurang memiliki kemampuan dalam kelebihan aspek materi dikehidupannya. Surat Keterangan Tidak Mampu ini pun umumnya banyak digunakan oleh siswa atau mahasiswa yang membutuhkan bantuan dana pendudukan dari pemerintah. Surat keterangan ini juga terkadang menjadi sebuah syarat tambahan yang harus disertkan seorang pelajar ketika ingin mengajukan beasiswa pada instansi pendidikannya. Dalam penggunaan SKTM ini pun maka pihak yang berwenang bahwa orang yang bersangkutan memang benar tengah mengalami suatu kondisi yang kurang mampu dan membutuhkan adanya bantuan dari pemerintah.

Surat Keterangan Tidak Mampu ini juga umumnya dikeluarkan oleh pihak kelurahan. Selain itu tidak setiap orang dapat menerima SKTM ini, orang yang bberhak untuk mendapat SKTM sendiri haruslah benar-benar orang yang pantas untuk mendapatkan bantuan. Karena surat ini merupakan salah satu jenis surat resmi, maka dalam pembuatan SKTM ini harus memperhatikan aturan-aturan atau sistematika penulisan surat resmi. Ada pun Syarat Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu dan Contoh Surat (SKTM) yang perlu Anda pahami sebagaimana pentingnya dari surat tersebut.

Beberapa Hal yang Wajib  di Perhatikan dan Wajib Dalam Penulisan SKTM

Ada pun beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam penulisan SKTM antara lain adalah:

  • Menggunakan bahasa yang baik dan benar (baku) dan sistematika penulisan surat resmi yang berlaku
  • Menyertakan KOP Sutrat resmi instansi yang menerbitkan surat SKTM
  • Mencantumkan dengan jelas identitas orang yang memiliki keterlibatan dalam pembuatan suratnya
  • Jika perlu terangkan juga maksud dan tujuan dari pada pembuatan surat tersebut contohnya untuk mengajukan beasiswa

Sebelum mengeluarkan Surat Keterangan Tidak Mampu ada baiknya jika kita mengingat kembali terhadap pentingnya beberap hal yang terkandung didalamnya agar nantinya SKTM ini bisa digunakan dengan biak dan bijak serta tidak salah sasaran. Berikut selengkapnya:

  • Dibuat berdasarkan adanya fakta yang sebenar-benarnya mengenak yang bersangkutan (orang yang diterangkan)
  • Orang yang berhak menerima SKTM ini merupakan orang yang benar-benar pantas menerimanya
  • Jadikan SKTM sebagai sarana guna membantu orang yang memang membutuhkan

Tidak butuh waktu yang lama dalam pembahasan diatas, berikut ini saya akan bagikan beberapa contoh surat SKTM yang sekiranya dapat membantu atau hanya sekedar menjadi refrensi untuk para pembaca dalam membuat SKTM.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG

KECAMATAN ENGGAL

KANTOR KELURAHAN DESA PAHOMAN

Jalan K. H. Ahmad Dahlan, Desa Pahoman, Kec. Enggal

Surat Keterangan Tidak Mampu

Nomor: …./…./…./….

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: …

Jabatan: Kepala Desa Pahoman, Kec. Enggal

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama: Aprilia Dwi Sri

Tempat tanggal lahir: Bandar Lampung, 10 september 1996

Jenis kelamin: Perempuan

Pekerjaan: Pelajar

Agama: Islam

Alamat: Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Rt 02, Rw 02, Kec. Enggal

Merupakan penduduk asli desa Pahoman, Kec. Enggal golongan keluarga kurang mampu. Sehubungan dengan semestinya. Atas perhatiaan dan kerjasamanya saya ucapkan terimakasih. Dijadikan sebagai maklum dan agar surat keterangan ini bisa dipergunakan sebagaimana semestinya.

Bandar Lampung, 10 september 2020

Kepala desa pahoman, ….

Demikian diatas merupakan contoh SKTM yang bisa saya cantumkan dalam pembahsan kali ini. Dari contoh surat diatas  memang tidak memiliki terlalu banyak perbedaan, hanya saja ada beberapa poin yang bisa menjadi bahan perbandingan dalam penyusunan suatu SKTM. Jika pun Anda membutuhkan untuk keperluan berobat, bidik misi dan lain sebaginya Anda bisa mengubah maksud dan tujuannya seperti apa yang ditujukan oleh maksud Anda dalam pembuatan surat tersebut.

Seperti halnya yang kita ketahui bahwa di era jaman berkembang saat ini, masih banyak masyarakat yang masih tergolong dalam kondisi tidak mampu. Sehingga tidak heran kalau pemerintah selalu meluncurkan hal baru yang dapat mempermudah setiap masyarakatnya baik dalam pengobatan, pendidikan, permohonan bantuan dan lain sebagainya. Dan salah satu diantaranaya adalah SKTM! Ya’ tidak asing rasanya jika kita mendengar kalimat ini karena Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) ini memang ditujukan untuk para msyarakat tidak mampu untuk pengajuan keringanan dalam berbagai hal diantaranya, biaya pengobatan, pengajuan beasiswa, permohonan bantuan dan lainnya.

Tapi bagaimana sih Syarat Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu dan Contoh Surat (SKTM) yuuk kita simak penjelasan syarat dan langkah dalam pembuatannya..

Syarat Pembuatan SKTM

Untuk Anda sebagai  golongan masyarakat yang kurang mampu dan hendak mengajukan SKTM, berikut dibawah ini beberapa berkas yang harus dipersiapkan bagi Anda, antara lain:

  • Surat pengantar dan keterangan dari RT atau kelurahan
  • Umumnya beberapa daerah akan diminta untuk membuat surat pernyataan tidak mampu yang diketahui RT dan dua orang saksi
  • Fotocopy KTP dan KK (Kartu Keluarga) pemohon
  • Fotocopy KTP dua orang saksi
  • Tanda lunas PBB
  • Foto rumah yang bersagkutan dengan sudut berbeda seperti samping dan depan rumah dengan masing-masing ukuran 5R

Cara Pemabuatan SKTM

System informasi pelayanan public kementerian pendayagunaan aparatur Negara secara resmi telah memberikan tahapan-tahapan untuk pengajuan pembuatan SKTM. Ada pun beberapa langkah untuk pendaftarannya antara lain, yaitu:

  • Pemohon disarankan untuk mengajukan rekomendasi surat keterangan tidak mampu dengan menyampaikan sebuah berkas persyaratan kepada penerima/ staff berkas kantor desa, kelurahan dan kecamatan
  • Staff kelurahan menerima dan melakukan verivikasi kelengkapan berkas dan membuat surat keterangan tidak mampu lalu menyampaikannya ke kasi sosial
  • Kasi sosial sendiri nantinya akan melakukan verifikasi
  • Lurah memberikan tanda tangan dan menurunkan ke staff kelurahan melalui kasi sosial/ sekretaris
  • Kemudian staf kelurahan yang akan melanjutkan untuk melakukan registrasi dan stempel pada surat keterangan tidak mampu
  • Selanjutnya pemohon diarahkan untuk mengambil surat keterangan tidak mampu

Waktu yang dibutuhkan dalam pembutan SKTM ini pun tidak memakan waktu yang lama, karena hanya memakan waktu paling lama 1 hari kerja. Pengurusan SKTM pun tidak di pungut biaya apapun. Apabila terjadi suatu kendala dalam pengurusan, Anda pun dapat mengajukannya ke beberapa alamat seperti nomor telepon, website mapun email.

Jadi, itulah sekiranya  Syarat Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu dan Conntoh Surat (SKTM) yang dapat saya jabarkan dalam kesempatan yang baik ini. Semoga pemaparan ulasan diatas dapat memberikan banyak informasi yang akurat untuk Anda dalam pengajuan SKTM.

Demikian saya akhiri penyampaian ulasan diatas, terimakasih sudah menyempatkan waktu kalian untuk menyimak ulasan informasi ini. Semoga ulasan informasi diatas mempermudah Anda dalam pengajuan SKTM untuk pengajuan maksud dan tujuan Anda dalam sebuah hal. Demikian ulasan diatas yang bisa saya sampaikan dan sampai jumpa kembali.

Please rate this