Skip to main content

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Samarinda

No ratings yet.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Samarinda Lengkap

 

” width=”437″ height=”238″/>

 

|

 

 

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan|Cek Iuran dan saldo BPJS Ketenagakerjaan |Cek Iuran dan saldo BPJS Kesehatan|Cek Iuran dan saldo BPJS Ketenagakerjaan| Cara buat Iuran BPJS Gratis dan Turun}
|

 

Tempat Pinjam Uang Bagi Mahasiswa

|Tempat Pinjam Uang Mudah dan Aman|Tempat Meminjam Uang Tanpa Jaminan Apapun| Tempat Pinjam Uang Selain Bank|Tempat Pinjam Uang Rentenir Tanpa Jaminan|Tempat Pinjam Uang Tanpa Jaminan Apapun|Tempat Pinjam Uang Untuk Mahasiswa}

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Samarinda 2020

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Samarinda – BPJS yakni kepanjangan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Yang mana BPJS ini memang amat diperlukan bagi beberapa masyarakat Indonesia. Contohnya kalau seseorang mempunyai kartu BPJS Kesehatan maka dapat berobat dengan tarif yang terjangkau di rumah sakit. Sebab memang pada lazimnya BPJS ini mempunyai iuran yang dibayar dalam hitungan per bulan. Tetapi malangnya tidak banyak warga Indonesia yang tahu bagaimana metode Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Samarinda gampang dan tak ribet. Dan pada kali ini akan ditunjukkan lebih lanjut mengenai Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Samarinda yang mudah dan kencang yang bisa anda jadikan solusi terbaik.

Selain BPJS Kesehatan, ada pula yang dinamakan BPJS Ketenagakerjaan. yang mana BPJS jenis ini yaitu diperuntukkan untuk para pekerja. Sebab BPJS tipe ini bertujuan untuk melindungi seluruh pekerja melalui program yang telah ada. Program yang dimaksud yakni jaminan hari tua dan jaminan pensiun. Ada juga tambahan program yakni untuk pekerja yang kecelakaan dalam pekerjaan dan pekerja yang meninggal.

Berapa Besar Iuran BPJS Tahun 2020?

Pembayaran iuran BPJS 2020 ini tergantung dari program yang telah diikuti oleh pekerja. Di mana ada empat program yang sudah disediakan seperti yang dibahas sebelumnya. Yang pertama, jaminan hari tua dengan jumlah iuran yang dibayar sebesar 2 persen dari upah yang telah diterima. Kedua, jaminan kecelakaan kerja dengan pembayaran iuran diperhatikan dari tingkat risiko kerja.

Seperti halnya dengan risiko kerja yang sangat tinggi karenanya iuran yang dibayar 1,74 persen dari bayaran yang dimiliki. Ketiga, jaminan kematian dengan pembayaran premi hanya 0,3 persen saja dari bayaran yang diterima atau seimbang dengan Rp 6.800. Keempat, jaminan pensiun ini diperuntukkan hanya untuk karyawan tetap saja. Pembayaran iuran yang dibayar hanya 1 persen dari semua gaji.

Selain itu, ada pula informasi yang beredar mengenai kenaikan iuran BPJS 2020, Namun ternyata tidak terjadi kenaikan harga BPJS. Karena mengamati dari tujuan adanya BPJS ini ialah untuk meningkatkan bermacam manfaat terhadap pesertanya. Di mana peningkatan yang dimaksud yaitu pada program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Cara Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Samarinda

Bukan hanya untuk pekerja yang ada di dalam negeri yang bisa mempunyai BPJS Ketenagakerjaan. Akan tetapi pekerja di luar negeri juga bisa mempunyainya dengan tujuan untuk melindungi pekerja tersebut. Selain itu, ada juga saldo yang dikasih kepada pekerja lewat BPJS yang dimiliki yang dapat di cek via online. Berikut ini adalah sebagian metode cek saldo ketenagakerjaan online.

1. Kunjungi Website Resmi dan Menyiapkan Nomor KPJ
Hal pertama yang dijalankan untuk cek saldo ketenagakerjaan secara online yaitu dengan mengunjungi laman resmi. Adapun web sah yang dimaksud yakni www.bpjsketenagakerjaan.go.id . Bukan hanya itu, pengguna juga dapat seketika mengunjungi halaman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id . Di samping hal itu, persiapkan juga nomor KPJ yang dimiliki.

2. Menu Layanan
Apabila web sah telah terbuka dan tampil, maka tahap selanjutnya yakni dengan klik menu Layanan Peserta. Di mana dalam menu tersebut peserta klik Pilih Antrian Kerja kemudian akan muncul tampilan untuk memilih antara BPJSTKU dan Antrian Online. Sesuai dengan tujuan pertama untuk mengerjakan cek saldo, maka peserta memilih BPJSTKU.

3. Login
Saat sudah klik seluruh perintah tersebut, Kemudian akan timbul tampilan untuk login. Di mana menu ini menyediakan juga menu daftar bagi pengguna baru yang belum mempunyai akun BPJSTK. Tetapi kalau sudah memiliki akun maka bisa segera memilih masuk memakai email dan PIN yang telah digunakan pada ketika mendaftar. Sehingga nantinya mudah terdeteksi oleh server.

4. Pilih Menu Lihat Saldo JHT
Sesudah memasukkan e-mail dan kata sandi yang sudah digunakan pada saat mendaftar. Maka akan muncul berbagai pilihan pada menu yang tersedia. Adapun menu yang dipilih untuk mengecek saldo ketenagakerjaan adalah Lihat Saldo JHT. Selanjutnya yakni dengan memilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan dan klik tombol Submit untuk mengecek saldo yang ada.

Persyaratan Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Yang Harus Dipenuhi

Persyaratan mencairkan BPJS Ketenagakerjaan ada 2 macam yaitu syarat untuk pencairan 10 ñ 30 persen dan pencairan 100 persen. Untuk pencairan 10 ñ 30 persen, syarat yang wajib dipenuhi yakni peserta masih aktif bekerja dan bergabung selama 10 tahun. Selain itu, fotokopi BPJS TK, KTP atau paspor peserta, serta Kartu Keluarga juga harus membawa aslinya. Buku rekening juga wajib dibawa.

Surat keterangan masih aktif bekerja yang diperoleh dari perusahaan juga dibutuhkan untuk persyaratan pencairan. Adapun untuk persyaratan pencairan 100 persen dibutuhkan pekerja telah berhenti bekerja. Selain itu membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan, surat paklaring, KTP, KK, dan buku tabungan juga dibutuhkan. kemudian mesti melampirkan pas foto 4 rangkap dengan ukuran 3◊4 dan 4◊6 begitulah Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Samarinda.

Yang Wajib Dipersiapkan Saat Claim BPJS Ketenagakerjaan

Cara claim bpjs cukup gampang, tapi sebelum melakukanya mesti menyiapkan berbagai jenis prasyarat. Berikut ini penjelasan mengenai syarat atau yang mesti dipersiapkan saat mau claim BPJS:

1. Kartu Peserta
Kartu peserta yang dimaksud yaitu kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki oleh pekerja. Di mana pekerja wajib membawa kartu itu dalam wujud asli atau dalam wujud cetakan komputerisasi. Dengan tujuan untuk menentukan bahwasanya kartu itu memang benar kepunyaan dari pengguna bersangkutan yang akan melakukan klaim.

2. KTP
Kartu Tanda Penduduk (KTP) juga diperlukan sebagai persyaratan untuk claim BPJS Ketenagakerjaan yang akan diajukan. Di mana kebutuhan kartu KTP ini untuk melihat identitas asli dari peserta. Mulai dari nama aslinya, tempat tanggal lahir, beserta domisili tempat daerah peserta itu tinggal. Selain itu, dilengkapi juga dengan foto dari peserta.

3. KK (Kartu Keluarga)
KK atau Kartu Keluarga yaitu kartu yang telah mencantumkan nama-nama dari satu keluarga. Di mana Kartu Keluarga ini sudah dilengkapi dengan nama ayah dan ibu kandung dari seseorang. Bukan hanya nama orang tua saja yang tercantum, namun semua anggota keluarga dari peserta yang bersangkutan.

4. Surat Keterangan Kerja
Selanjutnya ialah dengan menyertakan surat keterangan aktif bekerja. Di mana surat ini bertujuan untuk dijadikan sebagai bukti bahwa peserta masih memiliki status aktif dalam bekerja di suatu perusahaan. DaripadaSelain itu, surat keterangan kerja ini juga didapat lewat perusahaan tempat peserta itu bekerja. Karena memang disediakan untuk hal tersebut.

5. Buku Rekening
Syarat berikutnya adalah dengan melampirkan buku rekening. Di mana buku rekening ini memiliki tujuan yang hampir sama dengan tujuan pencairan. Dengan kata lain bahwasanya saldo yang dimiliki akan ditransfer ke rekening tersebut. Adapun rekening yang dimaksud ialah nomor rekening peserta yang masih aktif dan masih digunakan.

6. Foto Diri
Syarat dengan foto diri ini adalah foto peserta yang terbaru. Foto ini juga mempunyai syarat seperti wajah peserta harus terlihat dari depan. Dengan tujuan agar peserta bisa lebih gampang untuk dikenali. Adapun ukuran foto yang akan disertakan yakni 3◊4 dan juga 4◊6. Foto itu harus dibawa peserta sebanyak keperluan.

7. Formulir Pengajuan JHT
Formulir ini dapat diisi di halaman website yang resmi. Di mana formulir pengajuan ini berisi nama lengkap peserta yang pas dengan KTP. Selain itu, ada pula pengisian Nomor Induk Keluarga yang dapat dilihat dari Kartu Keluarga. Nomor KPJ, nomor handphone, alamat e-mail peserta juga diperlukan dalam pengisian formulir pengajuan JHT.

8. NPWP
Nomor Pokok Wajib Pajak biasa disingkat dengan NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak (WP) untuk sarana dalam administrasi perpajakan yang diperuntukkan untuk tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Semua Wajib Pajak yang telah memenuhi syarat subjektif serta objektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan harus mendaftarkan diri pada kantor Direktorat Jenderal Pajak yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan Wajib Pajak dan kepadanya diberikan Nomor Pokok Wajib Pajak.

Prosedur & Cara Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Samarinda
Setelah memenuhi bermacam prasyarat yang sudah ditentukan untuk mengajukan pencairan. Maka pencairan itu akan di proses. Tapi sebelumnya wajib mengikuti beragam sistem mencairkan BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga paparan berikut ini mengenai cara pencairan dari kartu BPJS Ketenagakerjaan yang perlu diketahui oleh pekerja.

1. Datang Ke Kantor Terdekat
Peserta datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan merupakan cara pertama yang dilakukan kalau mau mencairkan kartu BPJS tersebut. Di mana terlebih dahulu peserta harus mengisi absen yang telah disediakan terlebih dahulu. Dengan tujuan sebagai pencatatan dari kantor tersebut untuk mengenal siapa saja yang datang.

2. Membawa Seluruh Persyaratan
Yang sungguh-sungguh penting adalah dengan membawa seluruh syarat yang telah ditetapkan dan disiapkan sebelumnya. Sebab tanpa adanya persyaratan itu maka pengerjaan pencairan tidak bisa dikerjakan. Namun kalau persyaratan itu sudah dipenuhi maka pencairan dapat dengan mudah untuk dikerjakan oleh pihak kantor.

3. Mengisi Pengajuan Formulir Klaim JHT dan Mendapat Nomor Antrian
Berikutnya yakni dengan mengisi formulir yang sudah disediakan sesuai kebutuhan seperti untuk pencairan saldo. Di mana formulir ini berupa data diri atau identitas pekerja yang harus diisi menurut kolom yang tersedia. Sesudah pengisian formulir dijalankan maka pekerja akan dikasih nomor antrian dan menunggu.

4. Melakukan Penandatanganan
Penandatanganan yang dimaksud adalah menandatangani surat pernyataan yang disediakan. Di mana surat pernyataan ini berisi mengenai pernyataan pekerja hanya bekerja dalam satu perusahaan saja. Dalam artian pekerja ini tak bekerja dalam dua perusahaan sehingga pencairan dapat dengan mudah dikerjakan.

5. Cek Perlengkapan Berkas
Tahap selanjutnya ialah mengecek semua kelengkapan berkas yang dibawa yang digunakan sebagai syarat. Seperti halnya yang sudah dibahas sebelumnya bahwa tanpa berkas itu pencairan BPJS Ketenagakerjaan tidak dapat dilakukan. Karena tidak adanya bukti yang dimiliki oleh pekerja yang bersangkutan untuk mencairkan saldo tersebut.

6. Melakukan Wawancara
Sesudah seluruh berkas yang dimiliki sudah pas dengan persyaratan dan telah mengisi formulir pengajuan maka akan dilakukan wawancara. Di mana wawancara ini bisa berisi mengenai pertanyaan alasan akan mencairkan saldo itu atau pun hal lainnya. Di samping melaksanakan wawancara, ada pula foto yang wawancara yang harus dilampirkan sebagai bukti.

7. Proses Transfer Ke Rekening
Tahap yang terakhir yakni pihak kantor akan mengerjakan proses transfer ke rekening pekerja yang sudah dilampirkan sebagai prasyarat. Perlu diketahui bahwa prose pencairan ini juga membutuhkan waktu. Waktu yang dibutuhkan lazimnya selama 7-14 hari setelah wawancara yang dilaksanakan oleh pekerja tersebut saat ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Itulah paparan & info lengkap untuk BPJS Ketenagakerjaan yang perlu dikenal. Mulai dari cara cek saldo, persyaratan, pencairan, dan lain sebagainya. Sebab hal tersebut memang sangat diperlukan bagi pekerja pemula yang belum mengetahui banyak mengenai BPJS Ketenagakerjaan.

Kekurangan Mengajukan Pinjaman

Tentu saja dibalik kemudahan yang ada, Pinjam Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Samarinda konsisten terdapat resiko dan kekurangan yang harus dikenal bagi calon peminjam.

  • Bunga Kredit yang ditawarkan cukup besar, pun melebihi dari bunga Pinjam di bank. Setelah ini sebab ketetapan bunga Pinjam online tidak diatur oleh Bank Indonesia, melainkan diserahkan terhadap penyedia Pinjam online. melainkan besarnya bunga Kredit memang sebanding dengan resiko yang diperoleh oleh situs Kredit online. sehingga bagi anda yang mau mengajukan Pinjaman, lakukan perhitungan secara khusus dulu dengan detail sebelum mau mengajukan Kredit online
  • Nominal Kredit yang ditawarkan juga tidak begitu besar, rata-rata cuma sekitar Rp 500.000 sampai Rp 5.000.000. ada sebagian penyedia Pinjaman online yang menawarkan Pinjaman hingga maksimal Rp 10.000.000. Ini kurang pantas seandainya pembaca sedang memerlukan Pinjaman dengan nominal yang besar.
  • Mengajukan Pinjam online sangat rentan mengalami penipuan. Ini menonjol dari banyaknya kasus-kasus penipuan yang berkedok Kredit online. Sehingga banyak orang yang masih ragu dan khawatir untuk mengajukan Kredit secara online. untuk memecahkan hal ini, pembaca bisa mengajukan Pinjaman di web Kredit online yang telah terpercaya dan teregistrasi dalam OJk (Otoritas Jasa Keuangan). dan jika anda menemukan situs yang menawarkan Kredit dengan persyaratan yang tak masuk akal, maka hindari saja situs-web tersebut
  • Data pribadi nasabah rentan untuk disalahgunakan dan ini masih berkaitan dengan kasus-kasus pembohongan online. ada saja pihak-pihak yang tak bertanggung jawab menerapkan data milik nasabah yang tersimpan dalam aplikasi Pinjam online kemudian disalahgunakan. Ini jelas akan sungguh-sungguh merugikan pihak nasabah sebab pemalsuan dokumen dapat berdampak fatal dikemudian harinya. Observasi anda dapat menghindarinya dengan tidak memasukkan data-data diri yang berkaitan dengan pin atau kata kunci perbankan. penyedia Kredit online yang orisinil dan terpercaya lazimnya hanya meminta data seperti alamat, surel, dan nomor handphone
  • Sulitnya untuk dapat berkomunikasi secara segera menjadi resiko lainnya ketika mau mengajukan Pinjam online. padahal semua kabar sudah tertulis terperinci, tapi tetap saja akan lebih jelas dikala nasabah bisa mengerjakan komunikasi dengan bertatap muka. Nasabah biasanya hanya bisa berkomunikasi lewat telepon, sms, atau surat elektronik saja
  • Cakupan wilayah untuk layanan Pinjaman online masih sungguh-sungguh terbatas. Banyak perusahaan penyedia Kredit online yang cuma melayani Kredit di sebagian kota-kota besar saja. Sehingga masih ada batasan bagi siapa saja yang bisa mengajukan Pinjam online
  • Meski ada banyak opsi penyedia Kredit online yang ada di Indonesia dikala ini, tetapi tak semuanya terpercaya. Pun banyak pula yang adalah laman abal-abal. Untuk itu pastikan dengan benar ketika memilih website penyedia Kredit online. jangan sampai pembaca mengalami penipuan yang pun merugikan pembaca nantinya.

SYARAT PESERTA MISKIN YANG DAPAT MEMILIKI KARTU BPJS KESEHATAN GRATIS PIB

  1. rumah keluarga maksimal dari 8m2/orang.
  2. Lantai tempat tinggal hanya teridiri dari bambu/tanah/kayu murah.
  3. sekat tempat tinggal berupa tembok tanpa rumbia kualitas rendah.
  4. Tidak punya WC pribadi di wisma mestinya numpang dengan tetangga tangga lainya.
  5. Penerangan rumah tidak memakai listrik.
  6. minuman berawal sungai air yang tidak terlindung dari rumah .
  7. Menggunakan bahan bakar kayu untuk memasak sehari-hari.
  8. Makan daging/susu/ayam hanya seminggu sekali.
  9. Dalam setahun hanya membeli satu setel pakaian.
  10. Makan hanya bisa satu atau dua kali dalam sehari.
  11. Tidak mampu bayar biaya berobat ke klinik atau puskesmas.
  12. Pekerjaan kepala rumah tangga berpenghasilan dibawah Rp.600.000,-/bulan, nelayan, buruh perkebunan, buruh bangunan, petani luas lahan kurang dari 500m2, buruh tani.
  13. kepala rumah tangga tidak sekolah/tidak lulus SD/ hanya lulus SD.
  14. Tidak punya barang yang bisa mudah serta cepat terjual dengan nilai Rp.500.000,-

Nah itu tadi beberapa penjelasan mengenaiCara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Samarinda yang mudah dan jelas yang dapat anda gunakan. Pilih tempat dan macam Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Samarinda yang memang sesuai dengan kondisi finansial anda. jangan memaksakan diri mengambil diluar dari kemampuan anda. Sehingga resiko gagal dalam pembayaran dapat anda minimalisir. Semoga informasi tentang Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Samarinda bisa berkhasiat bagi anda.

Please rate this