oleh

Apa Sih Paklaring Yang Jadi Syarat Wajib Klaim Bpjs Ketenagakerjaan?

tempatpinjamuang-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Ketenagakerjaan ialah salah satu jadwal pemerintah untuk memamerkan jaminan hari renta buat masyarakat.

tempatpinjamuang-Untuk menikmati akomodasi yang dipersiapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan, kita perlu menjadi pesertanya apalagi dahulu. Baik selaku peserta upah dan bukan peserta upah.

tempatpinjamuang-Terlebih lagi sekarang dana JHT BPJS Ketenagakerjaan sudah sanggup dicairkan sampai 100 persen tanpa perlu menanti usia 10 tahun kepesertaan.

tempatpinjamuang-Hal itu menurut Peraturan Pemerintah No 60 tahun 2015 yang mulai berlaku sejak 1 September 2015.

tempatpinjamuang-Namun untuk sanggup mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan, kita mesti menyanggupi tolok ukur yang sudah ditetapkan oleh BPJS, seperti:

  • Harus berstatus tidak sedang bekerja.
  • Fotocopy dan Asli KTP atau SIM.
  • Fotocopy dan Asli kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  • Fotocopy dan Asli Kartu Keluarga (KK).
  • Fotocopy dan Asli Paklaring (surat keterangan berhenti bekerja).
  • Fotocopy dan Asli buku simpanan bank.
  • Pas foto 3×4 dan 4×6 masing-masing 4 rangkap.

tempatpinjamuang-Apabila dokumen-dokumen di atas sudah disiapkan,maka kita sudah sanggup tiba pribadi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat untuk melakukan pencairan.

tempatpinjamuang-Pengajuan klaim juga mesti dijalankan lewat situs resmi BPJS Ketenagakerjaan dan melakukan registrasi online e-klaim.

tempatpinjamuang-Beberapa dokumen di atas mesti dilengkapi agar pencairan dana sanggup berlangsung lancar, tergolong salah satunya surat paklaring yang memamerkan keterangan kalau kita memang sudah berhenti bekerja.

tempatpinjamuang-Sayangnya, gak sedikit orang yang surat paklaringnya salah atau tidak cocok dengan ketentuan dari pihak BPJS. Jadi, menghasilkan mereka mesti bolak-balik mengorganisir surat paklaring.

tempatpinjamuang-Ya, kalau kantor lamanya masih satu kota, lah kalau beda gimana? Terus kalau kantornya udah tutup gimana? Duh, bakalan ribet banget gak sih?

tempatpinjamuang-Tapi sebelum itu, ketahui dahulu yuk apa sih surat paklaring dan kenapa dibutuhkan untuk klaim dana JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Apa itu paklaring?

tempatpinjamuang-Paklaring yakni suatu surat keterangan yang menyatakan kalau seseorang pernah melakukan pekerjaan di suatu perusahaan atau forum dengan posisi dan jabatan, serta rentang waktu tertentu.

tempatpinjamuang-Di dalam surat itu lazimnya tertulis kapan kita mulai kerja sampai simpulan masa kerja. Nah, surat paklaring itu lazimnya dikeluarkan oleh perusahaan ketika masa kerja sudah berakhir.

tempatpinjamuang-Salah satu syarat seseorang sanggup menemukan paklaring yakni masa kerja minimal satu tahun. Jadi, kalau seseorang sudah melakukan pekerjaan lebih dari setahun, maka ia berhak menemukan paklaring ketika resign atau mengundurkan diri.

tempatpinjamuang-Meski cuma berisi keterangan, tetapi paklaring mempunyai kegunaan yang hebat lho, yakni untuk mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan.

Contoh paklaring

tempatpinjamuang-Saat menemukan surat paklaring, ada beberapa hal yang mesti kita amati dan dilarang salah. Contohnya, tanggal berhenti kerja dilarang berlainan dengan yang kantor laporkan ke BPJS.

tempatpinjamuang-Jadi, mesti sama persis. Kalau gak, mesti menghasilkan ulang menjadi tanggal yang sama. Selain itu, surat paklaring juga mesti ditandatangani dan dilegalisir oleh perusahaan.

tempatpinjamuang-Nah, itu beliau pola paklaring yang benar dan sesuai dengan ketentuan BPJS Ketenagakerjaan untuk klaim dana JHT-mu. Apabila kau ingin tahu lebih lengkap pola paklaring dan apa saja faedah lain paklaring secara umum, silakan baca di postingan contoh paklaring selaku Bukti Pengalaman Kerja.

Tags :

News Feed