oleh

Cara Menangani Penipuan Online, Yuk Cegah Dan Lapor!

tempatpinjamuang-Kini sudah banyak konten seputar cara menangani penipuan online di media sosial. Ini terjadi alasannya yakni maraknya problem penipuan online oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Uang sudah ditransfer, namun barang yang dibeli gak kunjung datang. 

tempatpinjamuang-Tak cuma penipuan dalam perdagangan barang, penipuan online untuk membobol rekening pun sudah banyak terjadi dengan banyak sekali modus.

tempatpinjamuang-Saat hal ini terjadi, banyak orang pribadi ketakutan dan gundah duluan di saat sadar terkena tipu. Bahkan, kadang kala gak sedikit orang kadung pasrah dan merelakan uangnya pergi . Padahal, ada banyak cara menangani penipuan online, salah satunya melapor ke polisi atau mengajukan pertanyaan dengan orang yang mempunyai pengalaman melaporkan penipuan online.

tempatpinjamuang-Sebagai orang yang hidup di dunia digital, kita pasti gak boleh ceroboh. Sebelum menjalankan transaksi, ada baiknya kita lebih waspada biar gak menjadi korban. Berikut ini beberapa cara menangani penipuan online yang bisa kau ketahui.

Cara menangani penipuan online

tempatpinjamuang-Ada banyak sekali cara untuk menangani penipuan berbasis online, di antaranya:

1. Cek kebenaran

Sebelum menjalankan transaksi online, entah itu berbelanja barang, atau menggunakan layanan m banking ada baiknya kau memeriksa kebenarannya apalagi dahulu. Cari tahu lebih rincian apakah akun instagram, atau web online shop ini terpercaya atau tidak. Misalnya memeriksa testimoni, followers, hingga komentar.

Namun, perlu waspada juga alasannya yakni jumlah followers yang banyak tidak menjamin akun tersebut trusted. Apabila kolom komentar kosong atau dimatikan, kau wajib waspada. Agar lebih yakin, kau dapat memeriksa profil instagram online shop, kemudian klik titik tiga di pojok kanan atas, dan pilih about this account. Nanti akan terlihat berapa kali akun online shop tersebut mengubah username. Apabila terlampau banyak mengganti username, kau layak curiga. 

2. Jangan membagikan warta penting

Ketika menggunakan media lazim atau internet, semestinya jaga warta penting soal diri kamu, menyerupai data KTP, buku rekening, foto SIM, hingga ATM. Sebab, data ini dapat saja dicuri oleh orang lain dan dapat digunakan untuk hal tidak bertanggung jawab. Parahnya, data ini dapat digunakan untuk membobol akun rekeningmu. 

3. Waspada dengan telepon tidak dikenal

Saat ada telepon masuk dari nomor tidak dipahami semestinya jangan pribadi diangkat atau lebih baik abaikan saja. Bisa saja nomor tersebut mengaku selaku customer service dari suatu bank atau perusahaan yang meminta beberapa data penting. Lebih baik abaikan dan blokir nomor tersebut.

4. Jangan asal memasang aplikasi

Saat ingin memasang aplikasi, semestinya pelajari apalagi dahulu. Sebab, beberapa aplikasi akan meminta jalan masuk pada data diri kamu. Lebih baik unduh aplikasi di situs resmi menyerupai Play Store atau App Store biar data aman. Memasang aplikasi dari situs tak percaya dapat berakibat dicurinya data kita. 

[Baca: Risiko Terkena Penyakit Bisa Terjadi Kapan Saja, Lindungi Diri Kamu dengan Asuransi Kesehatan Terbaik di Sini! Premi Mulai Rp100 Ribuan]

1. Cegah dan lapor lewat situs

tempatpinjamuang-Cara menangani penipuan online yang lain yakni dengan melapor situs khusus penipuan. Begitu sadar jadi korban penipuan di saat bertransaksi perdagangan online, kau dapat pribadi melapor kejahatan tersebut. 

tempatpinjamuang-Situs-situs di bawah ini akan menolong melacak nomor rekening pelaku. Kamu dapat lapor penipuan online untuk menangkal penipuan dijalankan kembali oleh si pelaku.

Kredibel.co.id

Kredibel.co.id ialah aplikasi berbasis web yang diklaim dapat mengidentifikasi sepak terjang suatu pedagang atau toko online mempunyai potensi mendustai atau gak. Situs tersebut akan melacak riwayat sang pedagang menurut ganjalan dan laporan user lain yang pernah bertransaksi dengan toko online tersebut.

tempatpinjamuang-Situs ini fungsinya lebih ke menangkal penipuan terjadi di masa depan oleh pedagang atau pelaku yang sudah dilaporkan oleh user lain.

tempatpinjamuang-Caranya, kau mesti mengisi semua form yang ditawarkan secara lengkap. Kalau pelapor mengisi laporan sesuai dengan kriteria, maka  nomor rekening maupun nomor telepon yang dimasukkan nantinya akan di-blacklist di metode Kredibel.co.id.

Lapor.go.id

tempatpinjamuang-Situs Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau LAPOR dikembangkan oleh Kantor Staf Presiden. Situs ini dibentuk selaku fasilitas aspirasi dan pengaduan berbasis media lazim yang mudah diakses dan terpadu dengan 81 kementerian/lembaga, 44 BUMN, dan lima Pemda.

tempatpinjamuang-Untuk problem penipuan, kau juga dapat lapor ke situs ini. Kamu dapat ceritakan kronologi insiden diikuti bukti-bukti lengkap. Nantinya, pihak direktur akan menindaklanjuti laporan dengan melaporkan ke pihak kepolisian. Untuk lapor penipuan online di situs ini, kau mesti daftar apalagi dahulu selaku user.

CekRekening.id

tempatpinjamuang-CekRekening.id ialah situs resmi yang dikembangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Situs ini difungsikan selaku portal pengumpulan database rekening bank yang disangka terindikasi tindak pidana.

tempatpinjamuang-Rekening yang dilaporkan ialah rekening yang terkait tindak kriminal menyerupai modus penipuan, investasi bodong, dan kejahatan lainnya. Adapun, pelaporan bersumber dari masyarakat, pegawanegeri penegak hukum, asosiasi, dan bank.

tempatpinjamuang-Kalau kau pernah jadi korban penipuan perdagangan online, kau dapat laporkan nomor rekening pelaku. Caranya, kau cukup memasukkan warta rekening pelaku, termasuk nomor rekening, nama pemilik, nama bank, modus kejahatan, dan kronologi kejadian.

tempatpinjamuang-Selain itu, kau juga mesti melampirkan bukti gambar pembayaran, transfer, dan bukti percakapan lainnya. Semua laporan akan diproses dengan tahapan verifikasi apalagi dahulu untuk diproses pada tahap berikutnya.

2. Lapor pribadi ke kantor polisi

tempatpinjamuang-Setelah melapor pada situs resmi khusus penipuan online, cara menangani penipuan online lain yang bisa kau laksanakan yakni dengan tiba dan melapor ke kantor polisi. 

tempatpinjamuang-Apapun langkah-langkah kejahatan yang menimpa, jangan takut untuk lapor polisi. Kamu dapat ceritakan peristiwa penipuan online yang terjadi. Nanti polisi akan mencatat warta dan data yang kau berikan.

tempatpinjamuang-Berikut beberapa langkah yang bisa kau ikuti di saat melapor ke kantor polisi:

1. Membawa bukti

tempatpinjamuang-Jangan lupa bawa semua bukti transaksi atau transfer kau ke pelaku selaku alat buat penyidikan. Nanti polisi akan menampilkan surat tanda penerimaan laporan selaku bukti jikalau kau sudah melapor. Kemudian, kau akan diarahkan menuju belahan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) untuk menerangkan lebih rincian problem penipuan online yang dialami.

tempatpinjamuang-Di sini, kau dapat menerangkan kronologis penipuan yang kau alami. Setelah laporan selesai dibuat, polisi akan menampilkan kau Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) selaku bukti kau sudah melapor tindak penipuan. Surat ini juga dapat kau pakai untuk melapor ke bank biar nomor rekening penipu dapat dibekukan.

2. Melapor lewat email resmi polisi

tempatpinjamuang-Saat kau sedang sibuk dengan pekerjaan, kau juga dapat melaporkan penipuan online lewat email resmi polisi. Caranya sama dengan cara yang di atas, kau mesti melampirkan bukti-bukti percakapan dan transaksi dengan detail.

tempatpinjamuang-Sertakan pula data-data penipu, menyerupai nomor rekening, nomor handphone, hingga akun jualan penipu. Jika sudah komplet kau dapat mengirim ke email resmi Kepolisian Indonesia [email protected]

3. Melapor melalu call center 110

tempatpinjamuang-Kamu juga dapat menelpon call center Polisi Republik Indonesia di nomor 110 yang nantinya akan pribadi terhubung ke distributor yang menampilkan layanan pelaporan dan pengaduan. Layanan ini dapat digunakan secara gratis oleh masyarakat. 

tempatpinjamuang-Setelah itu, kau tinggal menanti hasil pertumbuhan problem tersebut. Syukur-syukur pihak kepolisian dapat bertindak cepat buat mengungkap problem penipuan yang menimpa kamu. 

tempatpinjamuang-Jika ingin mengenali pertumbuhan kasusmu, kau dapat secara bersiklus me-folllow up pada pihak kepolisian, alasannya yakni belum tersedia layanan untuk menyaksikan problem secara online

3. Lapor ke bank

tempatpinjamuang-Cara jitu lain jikalau kena tipu belanja online yakni dengan pribadi mengontak bank terdekat. Tujuannya biar rekening si pelaku dapat diblokir secepatnya.

tempatpinjamuang-Pengaduan pribadi ke bank dapat memungkinkan duit yang kau kasih ke si penipu dapat kembali. Tentunya mesti menyaksikan dahulu bank apa yang digunakan pelaku di saat transaksi. Karena setiap bank punya mekanisme masing-masing dalam menangani pengaduan tipu belanja online.

tempatpinjamuang-Langkah paling memungkinkan yakni kau secepatnya mengontak call center bank yang digunakan pelaku. Setelah percaya tertipu, kau dapat ceritakan peristiwanya. Nanti customer service bank akan memberi syarat dan ketentuan untuk memblokir rekening si pelaku.

Cara menangani penipuan online

Setelah menjalankan laporan pada situs, polri, hingga bank, cara menangani penipuan berbasis online yang bisa kau coba yang lain yakni dengan menggunakan sosial mediamu. 

1. Melapor pada Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Ditjen PPI)

Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika, Kementerian Kominfo membuka jalan masuk untuk penduduk yang mengalami penipuan online. Kamu dapat mempergunakan media sosialmu untuk menjalankan pengaduan lewat Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) serta Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI (Bareskrim Polri). Kamu dapat men-tweet dan mention akun @aduanbrti dan menampilkan bukti lengkap penipuan yang kau alami. 

2. Membuat thread atau posting-an Instagram Stories

Kamu pun dapat meminta bantua sobat di dunia maya dengan menghasilkan thread atau dongeng di Instagram Story soal penipuan yang kau alami. Kamu dapat mengunggah gambar serta bukti-bukti pendukung. Mintalah pada followers-mu membuatkan posting-an tersebut. Dengan menjalankan hal ini pasti sungguh menolong biar pelaku cepat tertangkap.

Satu lagi kiat dari tempatpinjamuang. Agar keuanganmu dan keluarga tetap berkesinambungan, jangan lupa untuk mempergunakan asuransi jiwa.

Dengan asuransi jiwa, kau dapat mendapat faedah yang beragam, mulai dari sumbangan meninggal dunia hingga Rp2,5 miliar, faedah meninggal dunia alasannya yakni kecelakaan hingga Rp600 juta, hingga faedah pengembalian duit premi di simpulan masa asuransi.

tempatpinjamuang-Itulah bagaimana cara menangani penipuan online yang bisa kau praktikkan di saat jadi korban atau mengenali teman, saudara menjadi korban. Kamu dapat bantu melaporkannya.

Buat kau yang akan tahu lebih banyak tentang hukum? Lihat pertanyaan terkenal beserta jawabannya seputar aturan di Tanya tempatpinjamuang. (Editor: Chaerunnisa)

Tags : , , , ,

News Feed