oleh

Asuransi Motor Hilang: Kiat Dan Cara Menjumlah Klaimnya

tempatpinjamuang-Asuransi motor hilang sangatlah penting dimiliki semua pemilik kendaraan beroda dua. Sebab kasus kriminalitas yang kian marak di sekeliling kita, terutama pencurian sepeda motor, mewajibkan untuk lebih waspada dalam mempertahankan kendaraan. 

Dilansir oleh media Tirto.id, pada tahun 2018 sendiri terdapat total 3.138 kasus pencurian yang masuk dalam data kepolisian di Jakarta. tempatpinjamuang-Adapun jenis yang menanggung risiko tersebut merupakan asuransi kendaraan total loss only (TLO). Produk asuransi tersebut berbincang jaminan risiko kehilangan atau kerusakan dengan nilai minimal 75 persen ke atas. tempatpinjamuang berbincang belahan premi sampai 15%, lho!

tempatpinjamuang-Biar gak salah pilih, yuk lihat ulasan lengkap terkait asuransi kehilangan motor berikut ini! 

Bacaan

Jenis asuransi kehilangan motor

tempatpinjamuang-Terdapat dua jenis asuransi kehilangan motor yang memiliki fungsi dan keunggulannya masing-masing, yakni motor yang dibeli secara tunai dan kredit. 

1. Motor yang dibeli secara tunai (cash)

tempatpinjamuang-Untuk pembelian motor secara tunai, biasanya belum dibarengi dengan asuransi. Tapi, beberapa leasing motor biasanya akan menampilkan produk asuransi secara terpisah, kok. Kaprikornus jangan takut kalau ingin berbelanja motor secara cash karena tetap akan ada alternatif untuk melengkapi motor kita yang lunas dengan asuransi kehilangan motor.

2. Motor yang dibeli secara kredit

tempatpinjamuang-Jika berbelanja motor secara kredit, otomatis akan dibarengi dengan asuransi kehilangan motor. Biasanya premi asuransi sudah tergolong dengan ongkos pembelian secara keseluruhan dari leasing tempat kita berbelanja motor. Dengan demikian, kita akan merasa lebih kondusif sebab motor gres yang kita beli sudah terlindungi dengan asuransi kehilangan motor! 

tempatpinjamuang-Untuk perkiraan asuransi kredit motor hilang juga intinya gak jauh berlawanan dengan pembelian motor cash. 

Cara hitung pertanggungan asuransi kehilangan motor

tempatpinjamuang-Ada beberapa poin yang sanggup menerangkan pertanggungan yang lazimnya diberikan dari asuransi motor hilang. Adapun perkiraan asuransi kredit motor hilang dan beli tunai tidak jauh berbeda. Berikut ini aspek perhitungannya: 

1. Lihat rentang waktu pembelian motor dengan waktu kehilangan

tempatpinjamuang-Klaim asuransi kehilangan motor yang kita terima akan tergantung dengan waktu kehilangan motor. Jika motor hilang sebelum enam bulan waktu pembelian, asuransi kendaraan leasing atau akan mengubah dengan duit sebanyak harga motor tersebut di pasaran. 

2. Lihat harga On The Road (OTR) di saat terjadi kehilangan

tempatpinjamuang-Apabila nilai jual motor di saat waktu kehilangan dibawah 10 juta rupiah, maka tanggungan akan dikenakan belahan 1 juta rupiah. Namun, kalau nilai jual motor di saat waktu kehilangan masih diatas 10 juta rupiah, cuma akan dikenakan belahan 10 persen dari harga motor di di saat itu.

tempatpinjamuang-Tentu saja, harga OTR perlu kita cari tahu sendiri dari informasi resmi yang ditawarkan oleh tiap perusahaan motor.

3. Jika berstatus kredit, sisa kredit ditutup dari pertanggungan

tempatpinjamuang-Khusus untuk motor yang dibeli secara kredit, perkiraan asuransi kredit motor hilang berupa duit pertanggungan asuransi akan dibayarkan untuk menutup sisa kredit yang tengah berjalan. Oya, jangan lupa untuk tetap membayarkan kredit motor kita walaupun motor tersebut sudah hilang untuk memudahkan klaim asuransi yang mau dicairkan!

Langkah-langkah klaim asuransi motor hilang

tempatpinjamuang-Selain tiga aspek di atas, langkah atau cara klaim asuransi motor hilang juga akan menyeleksi apakah pengajuan klaim akan diterima atau tidak. 

Perhitungan asuransi motor hilang FIF PT Federal International Finance akan berlaku kalau pengajuan klaim sesuai metode dan menyanggupi syarat yang diusulkan oleh pihak leasing – Reza Fahlepi Corporate Communication FIF tempatpinjamuang-Berikut tindakan yang perlu dilaksanakan di saat mengajukan klaim asuransi atas kasus kehilangan motor.

1. Pelaporan terhadap pihak asuransi

tempatpinjamuang-Langkah pertama yang perlu dilaksanakan merupakan melaporkan kehilangan motor ke pihak perusahaan asuransi lewat suatu laporan verbal maupun goresan pena lewat telepon, surel, atau lewat biro resmi kalau ada. Laporkan secepatnya optimal tiga hari sejak kejadian, ya.

2. Persiapkan berkas yang diperlukan

tempatpinjamuang-Persiapkan beberapa berkas selaku kriteria klaim, antara lain surat informasi hilang, SIM, STNK, KTP, kunci motor yang hilang tergolong kunci cadangan kalau ada.

3. Buat isu program di Polsek terdekat di daerah motor hilang

tempatpinjamuang-Untuk dicatat, pengerjaan isu program kehilangan kendaraan bermotor untuk menebus asuransi kehilangan motor mesti dilaksanakan di Polsek peristiwa kehilangan, jadi bukan sesuai domisili pemilik motor. Pembuatan isu program pun optimal 24 jam setelah peristiwa terjadi. Sertakan juga saksi untuk memperkuat kesaksian bahwa motor tersebut betul-betul hilang.

4. Urus surat pemblokiran STNK di Polda

tempatpinjamuang-Setelah permasalahan di Polsek beres, berikutnya mengorganisir surat pemblokiran STNK di Polda. Surat ini sungguh dikehendaki untuk proses pengajuan klaim.

5. Urus surat informasi Direktorat Reserse di Polda

tempatpinjamuang-Masih di lingkungan Polda, kita perlu mengorganisir surat informasi Direktorat Reserse. Surat ini mesti dilengkapi dengan nomor polis asuransi kita. Di sini akan dimintai beberapa dokumen komplemen menyerupai fotokopi KTP, fotokopi BPKB, fotokopi faktur pembelian motor, fotokopi laporan kehilangan, fotokopi polis asuransi, BAP, dan surat orisinil Lapju.

6. Ajukan semua berkas yang sudah ditemukan ke pihak asuransi

tempatpinjamuang-Jika semua berkas sudah lengkap, secepatnya berikan terhadap pihak asuransi. Proses pencairan dana akan diberikan paling lambat satu bulan setelah semua berkas dikirim.

Contoh klaim lewat asuransi dan pihak leasing

tempatpinjamuang-Melaporkan motor hilang lewat asuransi dan pihak leasing memiliki perbedaan pada proses pengajuan klaimnya. Berikut ini beberapa umpamanya yang sanggup dijadikan referensi: 

Contoh klaim asuransi motor hilang Adira Finance

tempatpinjamuang-Asuransi Adira Finance berbincang perlindungan pada kendaraan motor lewat polis Motopro. Adapun cara klaimnya sanggup diajukan optimal 5 hari sejak terjadinya kerugian. Kemudian, nasabah sanggup mengikuti tindakan klaim: 

  • Laporkan klaim dengan telepon Adira Care 1500 456
  • Serahkan dokumen yang dibutuhkan 
  • Pihak asuransi akan melakukan evaluasi klaim 
  • Jika disetujui, ganti rugi akan secepatnya diberikan

Contoh klaim asuransi motor hilang OTO Finance

tempatpinjamuang-Klaim asuransi motor hilang OTO Finance sanggup menjadi citra pengajuan ganti rugi di perusahaan leasing. Adapun proses klaim yang perlu dilalui yakni melaporkan terjadinya kerugian sesegera mungkin. Kemudian ikuti tindakan klaim: 

  • Laporan klaim di jam kerja OTO Finance
  • Serahkan dokumen yang dibutuhkan 
  • Pihak leasing akan melakukan perhitungan
  • Jika disetujui, ganti rugi akan secepatnya diberikan

Contoh perkiraan asuransi motor hilang FIF

tempatpinjamuang-Federal International Finance (FIF) merupakan perusahaan leasing yang berbincang kredit untuk pembelian kendaraan. Adapun cara klaim motor hilang FIF mesti dilengkapi dengan surat kehilangan dari polis. Kemudian mengikuti tindakan berikut: 

  • Laporan klaim sesegera mungkin setelah terjadi kerugian 
  • Serahkan dokumen yang diperlukan tergolong laporan polisi
  • Pihak leasing akan melakukan perhitungan
  • Jika disetujui, ganti rugi akan secepatnya diberikan

Ternyata tidak terlampau susah cara mengajukan klaim asuransi motor hilang, bukan? Namun jangan melalaikan juga bahwa pengajuan klaim asuransi perlu dilaksanakan secepatnya, jadi jangan ditunda-tunda biar sanggup diproses dengan tanpa gangguan dan cepat.

Mau tahu berapa premi asuransi motormu?

Kalau kau berhasrat untuk melindungi motor kesayanganmu dengan asuransi, namun belum tahu berapa premi asuransi yang mesti dibayar tiap tahun? Cari tahu aja di kalkulator premi asuransi kendaraan dari tempatpinjamuang berikut.

tempatpinjamuang-Mau tahu produk-produk asuransi motor dan asuransi mobil yang cocok dengan keperluan dan budget kita? Maka jawabannya ada di tempatpinjamuang. Di sini, kita sanggup mengenali aneka macam produk asuransi kendaraan dari beberapa perusahaan asuransi secara sekaligus. Yuk, konsultasikan di Tanya tempatpinjamuang kapan saja.

Pertanyaan seputar asuransi motor hilang

“”

Content is here “}” data-sheets-userformat=”{“2″:4096,”15″:”Calibri”}”>

Berapa usang proses klaim asuransi motor hilang?

Waktu yang diperlukan untuk memproses pengajuan klaim asuransi motor hilang sanggup bervariasi tergantung terhadap asuransi atau leasing yang dipilih. Ada proses klaim motor hilang yang meraih satu sampai tiga bulan. “”

Content is here “}” data-sheets-userformat=”{“2″:4096,”15″:”Calibri”}”>

News Feed