oleh

Proses Klaim Asuransi Kendaraan Beroda Empat Yang Benar Tuh Menyerupai Ini

Proses klaim asuransi kendaraan beroda empat ternyata tidak serumit yang dibayangkan. Yang membuatnya sulit acap kali karena pemilik polis asuransi kendaraan beroda empat tidak mengerti aturan klaim dengan benar.

Jika sudah begitu, karenanya membuat halangan dikala mengajukan klaim asuransi. Alhasil, terjadi penolakan karena tidak cocok dengan ketentuan di dalam polis

Tidak heran bermunculan usulan yang menyatakan bahwa kendala asuransi kendaraan beroda empat itu ribet dan malah merugikan. Sudah bayar premi setiap bulan, namun giliran mau klaim ternyata dikatakan tidak cocok aturan main. 

Nah, biar hal ini tidak terjadi terhadap kamu, yuk ketahui proses klaim asuransi kendaraan beroda empat yang benar. 

Bacaan

Mengenal jenis asuransi mobil

Sebelum mengenali proses klaim asuransi mobil, kau mesti tahu dahulu jenis-jenis asuransi kendaraan beroda empat yang ada sebagaimana beda jenis pertanggungan maka beda pula proses pengajuan klaimnya. 

Ada dua jenis pertanggungan di dalam produk asuransi kendaraan beroda empat yang pemilik kendaraan sanggup pilih sesuai kebutuhan, yaitu:

  • All risk
  • TLO (Total Loss Only)

Asuransi kendaraan beroda empat all risk

Asuransi all risk atau comprehensive yakni produk asuransi yang menyodorkan ganti rugi jikalau kendaraan nasabah mengalami kerusakan, baik berukuran ringan maupun parah. Selain itu, produk ini juga menanggung risiko kehilangan kendaraan.

Produk sumbangan menyeluruh ini cocok untuk kandidat nasabah yang mempunyai kendaraan baru, harga kendaraan beroda empat yang lebih mahal, atau sering dikendarai di jalanan ramai.

Nah, perbedaan asuransi all risk dan TLO (Total Loss Only) yakni pada jenis pertanggungannya. Meski begitu, proses klaim asuransi untuk kedua produk asuransi kendaraan beroda empat ini tidak berbeda. 

Asuransi TLO

Terkait sumbangan asuransi TLO, nasabah cuma sanggup mengajukan klaim jikalau mobilnya mengalami kerusakan parah saja, jadi tidak meliputi kerusakan yang ringan. Tingkat minimal keparahan yang ditanggung asuransi TLO yakni 75 persen. Tidak heran, premi asuransi TLO relatif lebih hemat biaya dibandingkan TLO. 

Asuransi TLO sungguh sesuai bagi mereka pemilik kendaraan beroda empat gres maupun bekas. yang sering memarkir kendaraannya dalam waktu lama. Pasalnya, kendaraan tersebut rentan sasaran pelaku kriminal, apalagi jikalau lokasi nasabah berada di area riskan pencurian. 

Selain dua jenis itu, kau juga sanggup menjalankan ekspansi pertanggungan. Dengan penambahan premi tersebut kau akan mendapat ekspansi tanggungan yang mau melindungi kendaraan dari peristiwa peristiwa alam, sabotase, terorisme, dan kecelakaan diri penumpang yang umumnya tidak ditanggung oleh faedah dasar asuransi kendaraan.

Biaya kedua asuransi ini pun tidak terlampau tinggi. Sesuai peraturan OJK, kau cuma perlu mengeluarkan duit kisaran 0,05 persen untuk asuransi all risk atau 0,35 persen untuk asuransi TLO dari harga mobil. Tapi besaran tepatnya tergantung wilayah wilayah tinggal nasabah dan kebijakan perusahaan asuransi yang dipilih, ya!

4 tahapan yang dilalui dalam proses pengajuan klaim asuransi mobil

Ada beberapa tahapan yang mesti kau laksanakan dikala mengajukan klaim asuransi kendaraan beroda empat selaku berikut.

  • Melaporkan kejadian.
  • Menyiapkan dokumen.
  • Survei atau analisis klaim.
  • Penggantian klaim.

1. Melaporkan kejadian

Langkah pertama dikala kau mengalami kerugian dikala berkendara yang mewajibkan kau menjalankan klaim asuransi yakni melaporkan kejadian. Syarat pelaporan optimal 3×24 jam pasca kejadian. Makara kalau sanggup secepat mungkin melapor, biar tidak terlambat. 

Jelaskan terhadap pihak perusahaan asuransi kronologi peristiwa yang kau alami. Misalnya, dikala kendaraan beroda empat kau misalnya mengalami kecelakaan, secepatnya telepon pihak asuransi dan mengajukan klaim. Maka, dikala itu kau akan mendapat layanan kendaraan beroda empat derek, perbaikan di bengkel rekanan, atau lainnya.

Jangan lupa. dikala mengajukan klaim asuransi kendaraan beroda empat seharusnya dilengkapi dengan bukti-bukti yang terperinci menyerupai foto tubuh (body) kendaraan beroda empat yang penyok, bukti CCTV jikalau kendaraanmu hilang karena dicuri, maupun bukti lainnya. Selain itu, bukti bukti-bukti ini juga sanggup menjadi materi laporan ke pihak yang berwajib (polisi).

2. Menyiapkan dokumen

Selanjutnya kau mesti menegaskan dokumen dan standar klaim asuransi kendaraan beroda empat yang diperlukan. Adapun dokumen yang diperlukan dalam mengajukan klaim asuransi kendaraan beroda empat di antaranya fotokopi STNK, fotokopi SIM, Fotokopi polis asuransi, formulir klaim asuransi dan surat keterangan polisi apabila kendaraan beroda empat mengalami lecet karena kecelakaan.

Selain itu, perusahaan asuransi akan menyodorkan formulir klaim terhadap kamu. Isi dan lengkapi formulir ini, biar sanggup digunakan untuk memperbaiki kendaraan beroda empat tersebut di bengkel rekanan. Jangan lupa untuk menyodorkan bahwa dokumen pengajuan klaim sedang disiapkan. 

3. Survei atau analisis klaim

Untuk menegaskan kebenaran atas klaim yang diajukan, pihak asuransi akan secepatnya menjalankan survei. Ada dua cara yang umumnya dilakukan, yakni tim survei mengunjungi wilayah kita untuk menyaksikan keadaan kendaraan secara langsung, atau kitalah yang menenteng kendaraan ke bengkel rekanan asuransi untuk dicek lebih lanjut.

Sebisa mungkin, tunggulah survei selesai dilaksanakan sebelum kembali mengendarai kendaraan beroda empat yang diasuransikan. Jika klaim diajukan untuk kasus kehilangan, tim survei akan mempelajari berkas-berkas peristiwa yang diantarkan sebelum menyepakati klaim penggantian. 

Namun jikalau klaim akhir kecelakaan, kita akan mendapat surat pengirim berupa surat perintah kerja (SPK) untuk menjalankan perbaikan kendaraan beroda empat di bengkel rekanan atau bengkel yang ditunjuk oleh perusahaan asuransi. 

4. Penggantian klaim

Setelah semua proses selesai dilalui berikutnya penggantian klaim sesuai dengan peristiwa yang kau alami. Jika klaim karena kerusakan, kau cuma perlu memperbaikinya di bengkel rekanan asuransi. 

Perlu diingat, jaminan asuransi kendaraan beroda empat tidak senantiasa 100 persen dari peristiwa (kecelakaan, kerusakan atau kehilangan) yang menimpa kendaraan beroda empat tersebut, ya. Seperti kita ketahui, pada setiap tahunnya kendaraan beroda empat akan mengalami penyusutan nilai kendaraan beroda empat atau biasa dikenali selaku aktiva tetap.

Penyusutan nilai kendaraan beroda empat ini sanggup disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya aspek kerusakan alami, spare part yang aus, peristiwa alam, atau aspek irit menyerupai harga perolehan, nilai sisa, umur irit dan tata cara penyusutan nilai kendaraan beroda empat lainnya. 

Maka sesuai dengan keadaan penyusutan nilai kendaraan beroda empat tersebut, kerugian yang dijamin oleh pihak asuransi atas kendaraan beroda empat tidak akan 100 persen diganti.

Jadi perhitungkan hal ini dengan sempurna dan jangan segan untuk menanyakannya pada perusahaan asuransi opsi kamu, ya!

Syarat klaim asuransi mobil

Mengenai syarat untuk proses klaim asuransi kendaraan beroda empat umumnya berlawanan tergantung peristiwa atau kasus yang alami.  Adapun beberapa syarat yang dimaksud berikut.

Klaim asuransi kendaraan beroda empat karena kecelakaan

Berikut ini beberapa syarat dikala mengajukan klaim kecelakaan mobil:

  • Mengisi formulir pengajuan klaim.
  • Surat keterangan dari kepolisian.
  • Fotokopi polis asuransi mobil.
  • Fotokopi KTP dan SIM.
  • Bukti peristiwa (beberapa foto setelah kecelakaan terjadi).

Klaim asuransi kendaraan beroda empat karena kerusakan ringan

Mobil lecet atau penyok ialah kesalahan ringan yang cuma akan ditanggung jikalau kau mendaftarkan asuransi kendaraan beroda empat all risk atau komprehensif. Cara klaim asuransi kendaraan beroda empat lecet ini sama dengan asuransi all risk dan asuransi comprehensive, yaitu:

  • Fotokopi STNK, fotokopi SIM, Fotokopi polis asuransi.
  • Formulir klaim asuransi dan surat keterangan polisi apabila kendaraan beroda empat mengalami lecet karena kecelakaan.
  • Siapkan foto dokumentasi keadaan kendaraan beroda empat yang mengalami lecet, untuk sanggup mendapat klaim asuransi. Kirimkan foto tersebut lewat surel terhadap pihak asuransi mobil. 

Klaim asuransi kendaraan beroda empat karena pencurian

Untuk klaim kehilangan akhir pencurian, syaratnya yaitu:

  • Formulir pengajuan klaim.
  • Fotokopi KTP, SIM, STNK.
  • Surat keterangan dari kepolisian terkait peristiwa pencurian mobil.
  • Surat bukti pemblokiran STNK kendaraan.

Keterlibatan pihak ketiga (TPL)

Jika peristiwa melibatkan pihak ketiga atau disebut dengan perumpamaan Third Party Liability (TPL), maka diperlukan aksesori dokumen seperti:  

  • Fotokopi KTP, SIM, STNK dari pihak ketiga.
  • Surat keterangan dari kepolisian.
  • Surat pernyataan atas permintaan ganti rugi dari pihak ketiga yang dibubuhkan meterai.
  • Surat pernyataan dari pihak ketiga, di mana tertulis bahwa yang bersangkutan tidak mempunyai layanan asuransi.

Apa itu ongkos own risk dikala proses klaim asuransi mobil?

Perlu diketahui, dikala proses klaim asuransi mobil, umumnya kau akan diminta sejumlah duit yang disebut ongkos risiko sendiri atau disebut deductible. 

Deductible yakni sejumlah ongkos yang mesti dibayar pemilik polis asuransi jikalau beliau mengajukan klaim. Ini yakni ongkos yang mesti dibayarkan oleh pemilik polis asuransi tiap satu kali mengajukan klaim asuransi

Jenis klaim yang mau dikenakan ongkos deductible tersebut cuma klaim asuransi yang terjadi akhir kerusakan fisik dan tidak berlaku untuk kerugian nonfisik, misalnya akhir dari permintaan hukum.

Besarannya bervariasi, tergantung terhadap premi yang dibayarkan. Semakin besar ongkos premi yang dibayarkan, maka ongkos deductible menjadi makin rendah dan berlaku sebaliknya. 

Umumnya, ongkos ini berada di kisaran Rp300 ribu per kejadian. Untuk kasus klaim akhir huru-hara yakni 10 persen dari nilai klaim, minimal Rp500 ribu.

Untuk lebih jelasnya, berikut simulasi ongkos deductible dikala proses klaim asuransi mobil.

  • Kamu mengajukan klaim asuransi kendaraan beroda empat akhir menabrak kendaraan beroda empat lain.
  • Perkiraan perbaikan kendaraan beroda empat setelah dipertimbangkan oleh perusahaan asuransi sekitar Rp3 juta.
  • Polis asuransi kendaraan beroda empat yang kau miliki, mempunyai jaminan asuransi comprehensive dan tanggung jawab pihak ketiga.
  • Deductible yang tertera dalam polis sebesar Rp300 ribu per kejadian.
  • Pada dikala kendaraan beroda empat selesai diperbaiki oleh pihak bengkel, ongkos sebesar Rp300.000 akan ditagihkan selaku ongkos deductible.

Bagaimana jikalau klaim asuransi ditolak?

Meskipun sudah menjalankan proses klaim asuransi kendaraan beroda empat dengan benar, sanggup saja perusahaan asuransi menolak pengajuan klaimmu. Penolakan klaim sanggup terjadi apabila ada langkah-langkah yang disengaja maupun tidak disengaja sanggup menggugurkan pertanggungan menyerupai pembayaran premi yang tidak berkala maupun ada upaya penipuan.

Namun, apabila penolakan tersebut karena ada dokumen ataupun standar yang kurang, maka kau sanggup apalagi dahulu melengkapi standar dokumen yang diminta untuk melanjutkan proses pengajuan klaim.

Apabila klaim asuransi ditolak meskipun semua standar dipenuhi dan tidak ada pelanggaran pada ketetapan ataupun standar yang tercantum di dalam polis, kau sanggup mengadukan dilema ini kepada Badan Mediasi dan Arbitrase Asuransi Indonesia (BMAI) untuk menindaklanjuti sengketa yang terjadi.

Badan yang diresmikan oleh agen perasuransian, Otoritas Jasa Keuangan (OJK). dan juga Kementerian Keuangan ini akan menolong nasabah dan perusahaan asuransi dalam menanggulangi dan menyelesaikan sengketa klaim asuransi yang terjadi.

Laporan sengketa tersebut sanggup dijalankan dengan menambahkan bukti-bukti penolakan klaim dijalankan karena adanya kelalaian dari pihak asuransi. 

Adapun untuk menjalankan pengaduan, kau sanggup mengontak BMAI melalui:

  • Kantor BMAI: Gedung Menara Duta LT.7, JL.Rasuna Said Kav.B-9, Jakarta
  • Email [email protected]
  • Telepon 021-5274145.

Jangan ragu untuk melindungi kendaraan kesayanganmu dengan asuransi

Setelah mengenali ternyata proses klaim asuransi kendaraan beroda empat tidaklah serumit yang dibayangkan, pasti kau makin ingin mempunyai asuransi mobil, bukan?

Asuransi kendaraan beroda empat dikala ini menjadi keperluan penting bagi pemilik kendaraan. Kendaraan akan terlindungi dari banyak sekali risiko yang mengintai dengan produk asuransi yang tepat.

Untuk mendapat asuransi kendaraan beroda empat terbaik, kau perlu menegaskan perusahaan asuransi yang menyodorkan layanan komplit. Premi pun mesti kompetitif, tidak murah, namun tidak juga kemahalan.

Selain itu, kau juga mesti mengerti syarat dan ketentuan polis yang kau pilih.  Memahami aturan main yang dipraktekkan perusahaan asuransi biar sanggup menggunakan layanan secara maksimal. Pasalnya banyak dari nasabah tidak membaca dengan cermat dan mempelajari polis asuransi sebelum meneken perjanjian.

Sebelum berbelanja produk asuransi, yang paling penting yakni mempelajari polis yang diterbitkan sehingga tidak salah mengartikan. Sebab polis ialah dokumen yang berisi keterangan kendaraan, nilai kendaraan yang diasuransikan dan klausul.

Kalau kau ingin mengenali lebih dalam soal asuransi kendaraan, yuk cari tahu di tempatpinjamuang. Karena tempatpinjamuang menawarkan layanan konsultasi gratis bagi kau yang ingin mendapat sumbangan asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan!

FAQ seputar proses klaim asuransi mobil

Apa saja yang ditanggung asuransi kendaraan beroda empat all risk?Asuransi all risk menanggung ganti rugi atas risiko kerusakan kendaraan beroda empat akhir kecelakaan kemudian lintas, kerusakan kendaraan beroda empat pada semua tingkatan, kehilangan kendaraan, banjir, bencana dan Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga.Apa saja yang ditanggung asuransi kendaraan beroda empat TLO?Asuransi kendaraan beroda empat TLO menjamin ganti rugi atas kerusakan kendaraan beroda empat pada tingkatan meraih 75 persen atau jikalau dianggap sudah sepenuhnya tidak sanggup beroperasi secara wajar. Asuransi TLO juga menanggung kehilangan kendaraan beroda empat akhir pencurian.Apa hukuman jikalau menghasilkan klaim asuransi kendaraan beroda empat palsu?Ada hukuman bagi pembuat klaim kehilangan artifisial dan tergolong pihak perusahaan asuransi yang menyingkir dari dari keharusan pembayaran ganti rugi terhadap nasabah.

Seluruh ketentuan ini sudah dikontrol di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 73 tahun 1992 Pasal 23 dan dalam keputusan Menteri Keuangan Nomor 225 Tahun 1993.

Kamu juga sanggup dijerat Pasal 266 ayat (1) subs Pasal 242 ayat (1) KUHPidana ihwal menyodorkan keterangan artifisial dengan bahaya eksekusi tujuh tahun penjara.

Bagaimana cara mengajukan klaim asuransi kendaraan beroda empat biar tidak ditolak?Berikut ini kiat yang sanggup menolong kau dalam menjalankan klaim asuransi kendaraan beroda empat tanpa penolakan:

  • Hubungi pihak asuransi sesegera mungkin.
  • Siapkan bukti dan tunjukkan.
  • Jelaskan kronologis peristiwa secara terperinci dan rinci.
  • Lengkapi standar dan serahkan.

Bagaimana jikalau semua standar lengkap namun klaim masih ditolak?Apabila klaim asuransi ditolak meskipun semua standar dipenuhi dan tidak ada pelanggaran pada ketetapan ataupun standar yang tercantum di dalam polis, kau sanggup mengadukan dilema ini terhadap Badan Mediasi dan Arbitrase Asuransi Indonesia (BMAI) untuk menindaklanjuti sengketa yang terjadi. 

Laporan sengketa tersebut sanggup dijalankan dengan menambahkan bukti-bukti penolakan klaim dijalankan karena adanya kelalaian dari pihak asuransi. 

Adapun untuk menjalankan pengaduan, kau sanggup mengontak BMAI melalui:

  • Kantor BMAI: Gedung Menara Duta LT.7, JL.Rasuna Said Kav.B-9, Jakarta
  • Email [email protected]
  • Telepon 021-5274145.

Tags : ,

News Feed