oleh

Apa Itu Asuransi Tlo? Ini Faedah Dan Perkiraan Preminya

tempatpinjamuang-Bagi kau yang pernah berbelanja kendaraan beroda empat baru, niscaya ditawari jenis asuransi kendaraan beroda empat terbaik TLO atau asuransi all risk (comprehensive). Penting lho bagi kandidat penerima asuransi mengenali apa itu asuransi TLO dan all risk, biar tidak salah pengertian. 

tempatpinjamuang-Kadang-kadang masih ada yang belum bisa membedakan antara asuransi TLO dan asuransi all risk. Padahal, keduanya tidak sama.

Bacaan

Pengertian dan faedah asuransi TLO

tempatpinjamuang-Memang ada sedikit perbedaan antara asuransi TLO dan all risk. Pengertian asuransi TLO atau Total Loss Only yakni proteksi penggantian ongkos jikalau kendaraan mengalami kerusakan total di atas 75 persen.

tempatpinjamuang-Lain halnya dengan asuransi all risk yang memamerkan jaminan sumbangan menyeluruh baik kerusakan kecil maupun kerusakan besar.

tempatpinjamuang-Artinya, cakupan proteksi yang diberikan asuransi all risk yang dipahami dengan perumpamaan comprehensive memang lebih besar dibandingkan dengan asuransi TLO.

tempatpinjamuang-Pendek kata, asuransi ini memamerkan jaminan penggantian ongkos jikalau kendaraan kau hilang atau rusak dengan keadaan kerusakan di atas 75 persen.

tempatpinjamuang-Sebagai contoh, jikalau kendaraan kau menabrak trotoar dan membuat kerusakan pada bemper mobil, kau tidak dapat mengklaim dengan menggunakan asuransi TLO.

tempatpinjamuang-Karena kerusakan yang terjadi cuma kerusakan sebagian kecil saja. Untuk kerusakan menyerupai itu gres bisa diklaim jikalau kendaraan kau diasuransikan menggunakan asuransi all risk atau comprehensive.

tempatpinjamuang-Contoh lain, jikalau kendaraan beroda empat kau sedang diparkirkan di saat kau sedang jalan-jalan di mal, kemudian kendaraan beroda empat kau hilang, barulah kau bisa mengajukan klaim dengan menggunakan asuransi TLO.       

Mengapa asuransi TLO lebih disarankan dibandingkan dengan asuransi all risk?

tempatpinjamuang-Salah satu argumentasi mengapa asuransi ini lebih diusulkan dibandingkan dengan asuransi all risk lantaran premi yang dibayarkan jauh lebih murah. Artinya, jikalau kau ingin meminimalkan pengeluaran, asuransi TLO lebih disarankan dibandingkan dengan asuransi all risk.

tempatpinjamuang-Asuransi TLO lebih disarankan untuk kendaraan bekas dengan usia di bawah 10 tahun. Misalnya kau berbelanja kendaraan beroda empat bekas tahun buatan 2015 di tahun 2019. Artinya, kendaraan beroda empat bekas tersebut masih pantas untuk diasuransikan dengan menggunakan asuransi kendaraan TLO.

tempatpinjamuang-Sedangkan asuransi all risk atau comprehensive memang lebih disarankan untuk kendaraan gres, gres keluar dari pabrik. Tentu saja hal tersebut ditangani selaku jerih payah untuk memamerkan rasa kondusif dan tenteram di saat berkendara.

tempatpinjamuang-Tidak ada yang pernah tahu apabila kendaraan kau mengalami kecelakaan, pencurian atau kebakaran di jalan raya di saat digunakan. Beberapa tragedi alam tersebut memang bisa saja bukan lantaran kesalahan kamu, namun lantaran kesalahan orang lain.

tempatpinjamuang-Oleh lantaran itu, untuk menyingkir dari kerugian finansial yang lebih banyak, asuransi ini yakni penyelesaian yang tepat. Khususnya untuk kau yang sering berkendara ke kota-kota besar menyerupai Jakarta.

Perlindungan yang berbeda

tempatpinjamuang-Asuransi TLO dan asuransi comprehensive memang berbeda. Seperti halnya sumbangan yang diberikan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

tempatpinjamuang-Itulah kenapa kadang-kadang penerima asuransi atau terusik bisa memiliki dua produk asuransi yang berbeda. Misalnya satu asuransi jiwa dan satu lagi asuransi kesehatan. Hal tersebut masing-masing untuk menutupi kelemahan satu sama lain.

tempatpinjamuang-Begitu juga dengan objek kendaraan. Mengingat kian bertambah usia kendaraan harganya akan kian berkurang kau juga bisa menggunakan dua produk asuransi yang yang berlainan dengan rentang waktu yang dapat disesuaikan.

tempatpinjamuang-Misalnya kau berbelanja suatu kendaraan MPV. Untuk lima tahun pertama kau masih menggunakan asuransi all risk. Nah, setelah memasuki tahun ke-6 dan seterusnya, kau bisa beralih ke asuransi TLO sehingga preminya lebih rendah tanpa mesti menetralisir faedah perlindungannya.

Contoh perkiraan premi asuransi TLO

tempatpinjamuang-Kita bisa menjumlah tarif preminya menurut surat edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 6/SEOJK.05/2017.

1. Jenis kendaraan nonbus dan nontruk (mobil)

KategoriUang PertanggunganWilayah 1Wilayah 2Wilayah 3
Kategori 10 s.d.Rp125.000.0000,47%-0,56%0,65%-0,78%0,51%-0,56%
Kategori 2>Rp125.000.000 –Rp200.000.0000,63%-0,69%0,44%-0,53%0,44%-0,48%
Kategori 3>Rp200.000.000 –Rp400.000.0000,41%-0,46%0,38%-0,42%0,29%-0,35%
Kategori 4>Rp400.000.000– Rp800.000.0000,25%-0,30%0,25%-0,30%0,23%-0,27%
Kategori 5> Rp800.000.0000,20%-0,24%0,20%-0,24%0,20%-0,24%

Tarif premi dan kontribusi asuransi kendaraan ini juga diadaptasi dengan lokasi kendaraan bermotor menyerupai di bawah ini.

  • Wilayah 1: Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya
  • Wilayah 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.
  • Wilayah 3: Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2.

Sebagai pola kita ambil klasifikasi 2 dengan jenis kendaraan nonbus dan nontruk dengan duit pertanggungan di atas Rp125 juta hingga Rp200 juta untuk daerah 2 dengan batas bawah 0,44% dan batas atas 0,53%.

Harga Mobil Rp200.000.000
Premi TLORp200.000.000 x 0,53%Rp1.060.000
Premi yang dibayarkan per tahunRp1.060.000

2. Jenis kendaraan roda dua (motor)

KategoriUang PertanggunganWilayah 1Wilayah 2Wilayah 3
Kategori 8Semua duit pertanggungan3,18%-3,50%3,18%-3,50%3,18%-3,50%

Sebagai pola harga motor di DKI Jakarta Rp20.000.000. Begini perkiraan asuransi kendaraan roda dua untuk asuransi TLO.

Harga Motor Rp20.000.000
Premi TLORp20.000.000 x 3,50%Rp700.000
Premi yang dibayarkan per tahunRp700.000

Perhitungan premi asuransi TLO

tempatpinjamuang-Ketika akan menegaskan asuransi mobil, kau akan dihadapkan dengan banyak sekali kebijakan yang beragam. Namun, lazimnya perkiraan premi asuransi kendaraan beroda empat TLO dan all risk didasarkan pada rate asuransi dikalikan harga mobil. 

tempatpinjamuang-Nah, soal besaran rate-nya, tiap asuransi juga memiliki perbedaan masing-masing. Mulai dari jenis, tahun, dan pelat punya imbas yang signifikan terhadap besarnya premi yang mesti dibayarkan.

tempatpinjamuang-Selain itu, tiap asuransi juga menimbang-nimbang faktor lokasi, usia pengemudi, jenis jaminan, rekam jejak kredit, hingga usia pengemudi.

tempatpinjamuang-Khusus untuk premi asuransi TLO, rate asuransi kendaraan beroda empat rata-rata 0,8%-1%. Misalnya, bila kau memiliki kendaraan beroda empat Toyota Avanza G/T Luxury seharga Rp193 juta dengan rate asuransi 0,8%, ongkos yang mesti dibayarkan; 0,8% x Rp193.000.000 = Rp1.544.000

tempatpinjamuang-Sementara itu, rate asuransi kendaraan beroda empat all risk rata-rata 2,5-3,5%. Asuransi tertentu bahkan menawarkan rate asuransi 1,5% untuk kendaraan beroda empat bermanfaat di atas Rp500 juta.

tempatpinjamuang-Untuk penghitungan premi asuransi yang mesti dibayarkan, kau misalnya lebih menegaskan asuransi all risk dibandingkan dengan TLO dengan harga kendaraan beroda empat Rp193 juta. Kita ambil salah satu denah rate suatu asuransi, yakni 2,5% untuk kendaraan beroda empat seharga Rp150-300 juta. Jumlah yang mesti dibayarkan: 2,5% x Rp193.000.000 = Rp4.825.000

tempatpinjamuang-Besaran ongkos premi TLO maupun all risk di atas nantinya masih ditambah dengan ongkos administrasi. Biasanya ongkos tata kelola kurang dari Rp50.000.

tempatpinjamuang-Berdasarkan perkiraan di atas, premi asuransi all risk 312% lebih banyak dibandingkan dengan TLO. Jadi, kau mesti menghabiskan dana 3 kali lipat dari premi asuransi TLO bila ingin menemukan polis asuransi kendaraan beroda empat all risk.

tempatpinjamuang-Ada beberapa hal yang kau mesti ingat di saat sedang meneliti pertanggungan di dalam polis asuransi, salah satunya soal proteksi asuransi. Premi asuransi memang cuma dibayarkan sekali saja, namun ketentuan proteksi asuransi akan berlaku selama satu tahun. 

tempatpinjamuang-Selain itu, kemungkinan risiko kerusakan yang tinggi juga mesti diperhitungkan secara matang. Semakin tinggi risiko rusak parah, semestinya TLO lah yang dipilih. Sementara bila harga kendaraan beroda empat terbilang tinggi dan memerlukan ongkos yang tak sedikit sekalipun rusak ringan, semestinya pilih denah asuransi all risk.

Perbedaan asuransi TLO dengan all risk

tempatpinjamuang-Ada banyak perbedaan yang dipersiapkan asuransi TLO dan all risk terhadap para penggunanya. Salah satu yang paling menguntungkan yakni jaminan penggantian apabila kendaraan kau mengalami kerusakan yang nilainya meraih ≥75% dari nilai kendaraan dan kerugian jawaban kehilangan atau kerusakan kendaraan. 

tempatpinjamuang-Sementara buat asuransi kendaraan beroda empat all risk, asuransi akan mengeluarkan duit klaim untuk segala macam kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan. 

tempatpinjamuang-Bagaimana soal premi? Asuransi kendaraan beroda empat TLO relatif lebih rendah dibandingkan asuransi kendaraan beroda empat all risk. Namun, kalau kau menegaskan all risk, perlindungannya jauh lebih maksimal.

tempatpinjamuang-Karena sumbangan yang dipersiapkan all risk lebih prospektif di mana sang perusahaan asuransi akan mengubah ongkos kerusakan, baik sebagian mau keseluruhan. Ini berbanding terbalik dengan TLO yang cuma mengubah 75 persen kerusakan meskipun ongkos premi lebih rendah.

tempatpinjamuang-Selain itu, Asuransi TLO cuma meliputi kehilangan dan kerusakan yang lebih besar dari 75% nilai mobil. Pada umumnya, usia kendaraan beroda empat yang ditanggung optimal 15 tahun, tergolong jikalau ada layanan derek dari bengkel rekanan.

tempatpinjamuang-Sementara untuk asuransi kendaraan beroda empat all risk, meliputi semua layanan, mulai dari jenis kerusakan, tergolong kompensasi terjamin untuk kehilangan kendaraan beroda empat lantaran pencurian hingga layanan pembaruan STNK. 

Adakah asuransi TLO untuk kendaraan beroda empat bekas?

tempatpinjamuang-Jawabannya ada. Namun, tentunya asuransi TLO memiliki batas usia yang mesti diperhatikan. Asuransi TLO cuma menemukan kendaraan beroda empat bekas yang berusia optimal 15 tahun, sementara asuransi all risk optimal 10 tahun. 

Kamu bisa konsultasikan lebih lanjut tentang adanya sumbangan asuransi untuk kendaraan beroda empat bekas terhadap perusahaan asuransi pilihanmu atau agen asuransi demi menyingkir dari salah paham tentang manfaat asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Cara klaim asuransi TLO

tempatpinjamuang-Untuk mengajukan klaim asuransi TLO, kau mesti menempuh beberapa tahap menyerupai di bawah ini.

  • Lapor klaim
  • Siapkan dokumen
  • Cek bengkel rekanan
  • Melengkapi formulir klaim
  • Menunggu konfirmasi

1. Lapor klaim

tempatpinjamuang-Laporkanlah kerugian yang dialami dalam waktu 5 hari kerja sejak terjadinya kerugian. Pelaporan klaim sanggup ditangani melalui:

  • Telepon ke call center perusahaan asuransi kendaraan beroda empat pilihanmu.
  • Laporkan via aplikasi online yang disediakan.

2. Siapkan Dokumen

  • Siapkan dokumen asuransi sesuai produk.
  • Sertakan form klaim sesuai produk yang sudah diisi.
  • Serahkan secepatnya dokumen asuransi dan form klaim ke perusahaan asuransi via surel atau faksimile.
  • Foto-foto yang diambil sesaat setelah insiden yang memamerkan kerugian yang dialami.

3. Cek bengkel rekanan

tempatpinjamuang-Datangi bengkel yang terdaftar selaku rekanan asuransi terdekat. Kamu bisa cari tahu di aplikasi online asuransi pilihanmu atau mengontak call center.

4. Melengkapi formulir klaim

tempatpinjamuang-Isi formulir klaim yang tersedia di bengkel. Setelah ditandatangani dan materai, lampirkan tolok ukur lain.

5. Menunggu Konfirmasi

tempatpinjamuang-Bengkel akan melakukan konfirmasi ke perusahaan asuransi. Jika pengajuan klaim disetujui, kendaraan beroda empat kau akan pribadi diperbaiki.

tempatpinjamuang-Khusus untuk penanganan klaim atas permasalahan kendaraan beroda empat yang hilang atau dicuri, berikut tahapannya.

  • Setelah terjadi kehilangan, secepatnya laporkan permasalahan tersebut ke kepolisian.
  • Buat kronologi tertulis tentang permasalahan kehilangan kendaraan.
  • Bawa seluruh syarat menyerupai KTP, SIM, STNK, BPKB (jika ada), polis asuransi dan surat laporan kehilangan ke kantor asuransi.
  • Ajukan klaim.

Tips biar asuransi TLO tidak ditolak

tempatpinjamuang-Sering kali klaim yang kau ejekan terhadap sang perusahaan asuransi menemukan penolakan. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yang gak kau penuhi sebelumnya. Jadi, tetapkan kau melakukan hal-hal di bawah ini biar klaim kau gak ditolak.

  • Klaim asuransi kendaraan beroda empat mesti secepatnya diurus lantaran batas waktunya pendek cuma 3 x 24 jam.
  • Lengkapi dokumen sang pengemudi mulai dari fotokopi polis asuransi, surat pemberitahuan polisi, fotokopi SIM dan STNK, foto bukti insiden dan tentunya formulir pengajuan klaim. 
  • Pastikan gak melakukan pelanggaran aturan menyerupai seolah-olah melanggar kemudian lintas, tidak punya SIM dan lain-lain.
  • Perhatikan daerah insiden kecelakaan yang mesti sesuai dengan klausul daerah dalam kesepakatan.
  • Jika modifikasi mobil, harap lapor terhadap pihak asuransi melampirkan nilai pertanggungan suplemen tersebut.
  • Hindari hal-hal menyerupai menghancurkan kendaraan yang disengaja menyerupai menabrakkan mobilnya ke kendaraan beroda empat lain atau ia menghantam kendaraannya biar penyok hingga menerjang banjir yang sanggup menghasilkan mobilnya mogok jawaban mesin mengalami kemasukan air (water hammer).
  • Pastikan polis asuransi masih aktif.

Pertimbangkan harga beli kendaraan dengan kesanggupan bayar premi

tempatpinjamuang-Semakin tinggi uang pertanggungan, maka kian tinggi juga persentase premi yang mesti dibayarkan. Contoh yang sudah disimulasikan untuk kendaraan roda empat menyerupai kendaraan beroda empat ialah pola perkiraan premi asuransi TLO untuk kendaraan dengan duit pertanggungan Rp200 juta di daerah 2.

tempatpinjamuang-Sebagai perbandingan dengan keadaan serupa, penyajian asuransi comprehensive daerah 2 dengan duit pertanggungan kendaraan senilai Rp200 juta yakni 2,75%.

tempatpinjamuang-Jika dijumlah menurut nilai tersebut maka premi asuransi comprehensive yang mesti kau bayarkan per tahun sekitar Rp5,5 juta. Cukup jauh sekali bukan perbedaannya?

tempatpinjamuang-Dengan pertimbangan dan perkiraan tersebut, kau bisa mengkalkulasikan asuransi terbaik untuk kendaraan kamu. Pastikan sesuai dengan kesanggupan finansial kau sehingga keuntungannya sungguh-sungguh bisa kau rasakan.’

Untuk memudahkan perkiraan premi, silakan gunakan Kalkulator Premi Mobil berikut ini:

Punya pertanyaan lain seputar asuransi? Silakan tanyakan pribadi ke ahlinya lewat Tanya tempatpinjamuang!

FAQ seputar asuransi TLO

Apa itu asuransi TLO?Asuransi TLO atau Total Loss Only yakni sumbangan finansial untuk mobilmu atas risiko terjadinya tragedi alam penyebab kerusakan fisik kendaraan beroda empat atau motor pada skala minimal 75% atau lazimnya dianggap sudah tidak dapat beroperasi secara normal.

Selain risiko kerusakan parah, asuransi TLO menanggung kerugian nasabah yang tertimpa risiko kehilangan kendaraan juga.

News Feed