oleh

Cara Mudah Menjumlah Zakat Emas Serta Persyaratannya!

tempatpinjamuang-Apakah kau sudah merencanakan dana untuk zakat di bulan bulan berkat ini? Zakat memang menjadi keharusan untuk umat Muslim di setiap bulan dan jelang Idul Fitri. Pada dasarnya, zakat terbagi menjadi dua jenis, yakni zakat fitrah dan zakat mal. 

tempatpinjamuang-Nah, salah satu yang tergolong dalam klasifikasi zakat mal yakni zakat emas. Artinya, setiap umat Muslim yang memiliki emas dan perak serta sudah meraih nisab dan haul (ketentuan sesuai syariat Islam) maka wajib memamerkan zakat emas. 

tempatpinjamuang-Lalu, menyerupai apa perkiraan serta nisab dan haul yang dimaksud? Yuk, simak klarifikasi berikut! 

Cara mengkalkulasikan zakat emas yang mudah

tempatpinjamuang-Cara mengkalkulasikan zakat emas bekerjsama sederhana, yang menjadi acuannya adalah nisab emas yang dimiliki. 

tempatpinjamuang-Perlu diingat, bahwa 1 dinar = 4,25 gram emas. Jika emas yang kau miliki meraih nisab, yakni 20 dinar atau 85 gram emas murni, maka kau perlu menjalankan zakat dengan rumus: 

2,5% x Jumlah emas/perak yang tersimpan selama 1 tahun

tempatpinjamuang-Contoh: Rini memiliki emas 90 gram yang disimpan, maka zakat yang wajib dikeluarkan yakni 25% x 90 gram = 2,25 gram atau dalam bentuk duit yang setara dengan harga emas tersebut. 

tempatpinjamuang-Jika dijumlah dalam bentuk uang, harga emas ketika ini (berdasarkan data April 2021) 1 gram emas dibanderol seharga Rp993 ribu. Maka, Rini mesti mengeluarkan zakat emas sebesar 2,25 gram x Rp993 ribu = Rp2.234.250.

Nisab dan haul atau ketentuan zakat emas

investasi untuk pemula

tempatpinjamuang-Gak semua umat Muslim yang memiliki emas atau perak mesti menjalankan zakat. Melainkan cuma mereka yang sudah meraih nisab, dan haul dari zakat emas. Berikut ini ketentuannya: 

  • Nisab emas min sebesar 20 dinar emas (setara 85 gram)
  • Nisab perak yakni 595 gram
  • Haul 1 tahun. Artinya, emas atau perak sudah dimiliki selama 1 tahun tanpa pernah dijual atau digadaikan. 

tempatpinjamuang-Apabila sudah menyanggupi nisab dan haul di atas, maka wajib menjalankan ibadah zakat emas, ya! Lantas, apakah suplemen perempuan juga wajib dikeluarkan zakatnya? 

tempatpinjamuang-Mengacu pada Imam Nawawi dalam al-Majmu: 6 / 36 yang menyebutkan, kalau mereka memiliki suplemen dalam bentuk emas dan perak dan maksudnya tidak untuk dipakai, baik itu haram, makrum maupun mubah, maka wajib dikeluarkan zakatnya

tempatpinjamuang-Mengacu pada Ibnu Quadaman di dalam al-Mughni: 2 / 608, kalau perempuan memakai suplemen lalu bertujuan untuk diperjualbelikan, maka tetap akan terhitung wajib zakat. 

tempatpinjamuang-Terkahir, kalau suplemen emas dan perak dipakai sehari-hari, misalnya cincin, kalung, dan gelang, maka secara lazim dikuasai ulama beropini tidak dikenakan wajib zakat.

tempatpinjamuang-Sementara orang yang berhak menemukan zakat, adalah:

  • Fakir (orang yang tak punya harta)
  • Miskin (orang yang penghasilannya tidak mencukupi)
  • Riqab (hamba sahaya atau budak)
  • Gharim (orang yang memiliki banyak hutang)
  • Mualaf (orang yang gres masuk Islam)
  • Fisabilillah (pejuang di jalan Allah)
  • Ibnu Sabil (musyafir dan para pelajar perantauan)
  • Amil zakat (panitia peserta dan pengurus dana zakat)

Bisakah bayar zakat emas online? 

Bayar zakat, tergolong zakat emas sanggup melalui Baznas

tempatpinjamuang-Saat ini sudah ada terlalu banyak platform yang menawarkan layanan bayar zakat secara online. Pembayaran zakat secara online ini sungguh sesuai terutama di masa pandemi di mana acara sosial sungguh dibatasi. 

tempatpinjamuang-Beberapa pilihan zakat online di antaranya adalah, Kitabisa, DANA, Tokopedia Zakat, Zakat Mobile by Rumah Zakat, dan masih banyak lagi. Pastikan kau menegaskan platform zakat online yang sudah terdaftar resmi oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ) 

tempatpinjamuang-LAZ yakni lembaga yang berfungsi untuk menghimpun data zakat online yang resmi dari tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten atau kota. 

tempatpinjamuang-LAZ bareng dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) akan memastikan, mengumpulkan, menyalurkan, dan melaporkan penggunaan zakat dari penduduk sungguh-sungguh diberikan terhadap penduduk yang berhak menerimanya. 

Apakah sah bayar zakat emas secara online? 

tempatpinjamuang-Perlu dipahami, ibadah zakat intinya berkonsentrasi pada tiga poin yakni dukungan zakat, harga zakat, dan peserta zakat. 

tempatpinjamuang-Artinya, tetapkan dukungan zakat dilaksanakan oleh mereka yang meraih nisab, harta zakat sesuai dengan nisab dan haul baik itu haram, makrum maupun mubah, serta peserta zakat sempurna saasaran atau yang sungguh-sungguh berhak menemukan zakat. 

tempatpinjamuang-Selama poin tersebut sudah sesuai, maka bayar zakat emas baik offline maupun zakat online akan sah-sah saja. 

tempatpinjamuang-Jadi, apakah kau sudah siap untuk memajukan zakat emas di bulan bulan berkat ini? Semoga momen memajukan zakat ini sanggup menolong banyak orang yang memerlukan ya. Selamat beribadah membersihkan harta! (Editor: Chaerunnisa)

Tags : , ,

News Feed